Penyebab Lumpuhnya Tidur di Malam Hari (Sleep Paralysis)

Tidur di Malam Hari (Sleep Paralysis)
Ketika kamu bangun pagi apa yang akan kamu lakukan, mencari minum atau merasakan hal yang aneh dan otot-otot kamu tidak bisa digerakkan, atau adanya berat yang menekan dada kamu  sehingga membuat kamu susah untuk melakukan pernapasan, pengen berteriak namun tak mampu apa-apa kamu tak berdaya dalam kesendirian.

Lalu kamu akan berpikir mengapa demikian terjadi kepada saya..? mengapa saya tidak bisa bergerak...? apa yang terjadi pada saya, apakah saya baik - baik saja..?apakah saya akan mati tanpa ada yang mengetahui karena saya tak berdaya sama sekali..?semua nya pasti menghantui pikiranmu, karena kejadian ini terjadi sangat spontan.

Sesaat kamu mengatakan hal yang demikian tiba - tiba seiring berjalannya waktu maka keadaan kamu akan kembali pulih dan normal lagi, kamu dapat bergerak dan bernapas dengan lega, terus kamu pasti akan  menanyakan di dalam diri kamu apa yang terjadi pada diri saya..?.

Yang terjadi pada kamu seperti gejala dan kejadian di atas adalah Kelumpuhan saat tidur atau bisa di namakan dengan sleep paralysis. sleep paralysis adalah sebuah kejadian yang sering dialami oleh manusia pada saat tidur di malam hari, Gejalanya kamu tidak akan bisa menggerakkan tubuh kamu , seluruh tubuh kamu akan terasa berat dan sulitnya untuk bernafas ketika terserang sleep paralysis ini, Bahkan bisa jadi kamu juga akan mengalami Halusinasi dan beranggapan ada suara aneh berada pada satu ruangan atau melihat sesuatu yang aneh di dalam ruangan.

Perasaan takut Ketika Mengalami sleep paralysis


Jangan takut, karena kelumpuhan tidur biasanya tak perlu ditakuti dan dikhawatirkan karena jarang terjadi, hampir 8 persen orang yang pernah mengalaminya terjadinya sleep paralysis ini cuma 1 kali dalam kehidupan mereka.

Ketika masuk ke dalam ranah kebudayaan sleep paralysis dianggap sebagai tindihan yang disebabkan oleh makhluk halus, atau makhluk lain selain manusia yang kerjaannya Menindihi manusia di kala sedang tidur pulas atau ketika mau beranjak bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Padahal sleep paralysis ini ada penjelasan Medisnya Lho


Untuk memahami kenapa kelumpuhan tidur terjadi, kamu harus mengetahui keadaan utama ketika kamu tidur, : Bangun, Tidur REM dan Tidur Non-Rem ( NREM).

Ketahuilah tidur NREM (non- REM) merupakan tidur yang berada dalam keadaan Rileks , pernapasan yang stabil, detak jantung yang stabil dan menurun, dan dirangsang oleh hormon, mampu memperbaiki otot dan jaringan lainnya.Tidur ini adalah tidur yang baik dan tidak akan menyebabkan Sleep Paralysis.

Kebanyakan dari kita pada saat tidur masuk pada kategori tidur REM, dimana kita akan tidur dengan sangat cepat sekali dan tidak tenang, badan capek dan susah bernafas,pada gaya tidur seperti ini sering terjadi sleep paralysis karena pelemahan otot-otot yang menegang pada saat tidur REM.

Terjadinya Kelumpuhan Tidur


Kelumpuhan tidur biasanya terjadi ketika kamu bangun dari tidur, pada saat ini keadaan mungkin akan sedikit kacau, kamu merasakan hal yang berbeda dengan tubuhmu seperti kamu merasakan perpindahan tubuh kamu dari negara satu ke negara lain, hehe.

Parasomnia, atau Perilaku tidur yang tidak baik merupakan percampuran antara kondisi tidur kamu dan keadaan ketika kamu bangun, Dalam kasus Kelumpuhan tidur atau Sleep Paralysis sebagian besar orang yang mengalaminya pada saat tidur REM  ( gelisah ) dan sebagian besar dalam keadaan terjaga.

pada dasarnya Tubuh kamu akan menanggapi hal ini dalam Mode REM namun tubuh kamu tetap tidak dapat bergerak, akan tetapi pikiran kamu tetap terjaga bahkan bisa jadi kamu akan mengalami kepanikan. kamu tidak bisa melakukan apa-apa sebelum Sleep Paralysis ini terjadi.Peristiwa ini terjadi selama beberapa detik bahkan bisa jadi menjadi menit, namun perlu kamu ingat bahwa sleep-paralysis tidak berbahaya meskipun ketika di serang sleep-paralysis maka kamu akan mengalami kepanikan luar biasa.

Penyebab terjadinya sleep paralysis


Meskipun kelumpuhan tidur atau sleep paralysis tidak menyebabkan bahaya,namun bukan sesuatu yang kita harapkan terjadi secara teratur kepada kita bisa brabe kalau terjadi tiap hari ia kan.Berikut penyebab dan pencegahannya sleep paralysis buat kamu siapa tahu sudah ada yang  melakukannya.

Sebagai permulaan coba kamu lakukan tidur lebih banyak daripada biasanya dan tidurlah dalam keadaan yang baik. Rata-rata orang tidur 7 - 9 jam per harinya dengan kualitas tidur yang baik dan sangat dianjurkan dari kalangan pakar kesehatan. Ketika tidur kamu tidak mencukupi kemungkinan besar terjadinya sleep paralysis benar adanya dan kamu harus hati-hati dengan semua ini.

Jangan Terlalu banyak minum Kafein ( Kopi ) terutama ketika menjelang waktu pengen tidur, hal ini tidak baik dilakukan  dan akan menyebabkan terjadinya kelelahan otot yang berkepanjangan sehingga sleep paralysis mudah menyerang tubuh kamu.

"Jika kelumpuhan tidur sering terjadi, maka langkah pertama yang kamu lakukan adalah fokus untuk memperbaiki kualitas tidur yang baik ,Kedua, jika sleep Paralystis masih berlanjut , cari perawatan yang tepat untuk  mengatasi masalah itu."

0 Response to "Penyebab Lumpuhnya Tidur di Malam Hari (Sleep Paralysis)"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel