Mandi bisa jadi obat depresi? Lebih ampuh dibandingkan olahraga?? kok bisa???




Segala sesuatu yang berhubungan air itu hampir selalu bisa bikin kita bahagia. siapa sih yang tidak senang main-main dibawah guyuran air hujan? walaupun terkadang kalo habis mandi hujan kepala sering pusing tapi hati plong banget. Selain itu, hampir semua orang pasti suka mandi, apalagi mandi di air hangat berlama-lama, sambil bernyanyi-nyanyi pula, iya gak sih?

Terkadang, hal sepele yang sudah menjadi kebiasaan kita setiap hari (baca: MANDI) itu adalah hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup kita  yang berusaha  membawa kita melewati masa-masa tersulit serta penderitaan hati yang tidak ada habisnya *eyaaaa. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, mandi air hangat setiap hari bisa membantu mengobati depresi, lebih baik daripada olahraga. Jangan salah paham, depresi adalah kondisi yang beraneka ragam, dan waktu yang dihabiskan saat mandi pun juga beragam, mau mandinya pake kran air, mau pake shower, pake gayung, pake bathtub, atau bahkan mandi di sungai tampaknya tidak akan sepenuhnya hilang, tetapi bisa mengurangi beberapa gejala defresi.

untuk membuktikan hal itu, para peneliti di Universitas Freiburg di Jerman melakukan penelitian kecil dengan objek  45 orang, semua mengalami  depresi. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama diberitahu untuk merendam dalam air dengan suhu  104 derajat setiap hari selama 30 menit  Sekali, sedangkan kelompok kedua diinstruksikan melakukan 40 hingga 45 menit latihan aerobik dua kali seminggu.

Hasilnya, setelah delapan minggu, para peneliti menguji suasana hati peserta pada skala depresi yang umum digunakan. Mereka yang telah mandi secara teratur mendapat nilai rata-rata enam poin lebih rendah dari yang mereka lakukan sebelum percobaan dimulai, dan kelompok yang telah melakukan latihan rata-rata hanya tiga poin lebih rendah. Kesimpulannya: mandi adalah penguat suasana hati yang lebih efektif.

Jadi mengapa waktu mandi lebih baik dalam mengobati depresi daripada waktu olahraga? Para peneliti percaya itu ada hubungannya dengan ritme sirkadian, alias jam internal tubuh, yang mempengaruhi fungsi organ-organ kita melalui pengaturan suhu.

Pic by mamiverse.com

Mereka yang berjuang depresi sering memiliki ritme sirkadian terganggu atau tertunda (yang mengapa insomnia adalah gejala umum dari kondisi). Dengan meningkatkan suhu tubuh partisipan secara teratur, para peneliti percaya bahwa mereka dapat meningkatkan ritme sirkadian mereka dan pada gilirannya mengurangi beberapa gejala depresi mereka.

Perlu diingat, ini adalah penelitian kecil, dan itu akan membutuhkan lebih banyak penelitian sebelum mandi air hangat bisa menjadi pengobatan yang diresepkan secara teratur untuk depresi. Tapi, hei, menjadi hangat dan nyaman di dalam bak air, apalagi kalo ditambah dengan busa sabun yang banyak tidak akan bikin cedera kok, jadi tidak ada salahnya mencobanya. Badan wangi, hati pun tenang

0 Response to "Mandi bisa jadi obat depresi? Lebih ampuh dibandingkan olahraga?? kok bisa???"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel