7 hewan yang Terancam Punah di Wilayah Indonesia dan daerah asalnya

Indonesia Memiliki kekayaan alam yang luar biasa, mempunyai habitat hutan yang luar biasa serta sumber daya alam yang banyak dan luar biasa luasnya, termasuk jenis flora dan faunanya, bahkan beberapa jenis hewan langka yang hampir punah pun banyak terdapat di indonesia, lebih tepatnya terdapat di dalam hutan -  hutan lebat diindonesia.Sampai-sampai, World Wildlife Fund (WWF) juga ikut andil dalam melindungi habitat yang ada di dalam hutan indonesia.

Penyebab Punahnya Hewan Di indonesia
Hewan di indonesia Banyak sudah yang mengalami kepunahan salah satunya adalah di pulau Jawa, penyebab kepunahan hewan ini beragam, dan rata - rata olah manusia itu sendiri yang membuat hewan itu hampir punah di negara ini.Perburuan liar merupakan salah satu penyebab punahnya Habitat hewan langka di Indonesia, Karena keserakahan mengalahkan segalanya dan memenangkan Nafsu, sehingga melihat hewan langka sedikit saja langsung di cari dan diambil untuk di jual di pasaran secara illegal.

Pembakaran hutan salah satu penyebab punahnya habitat hewan langka yang ada di indonesia, mengapa kebakaran hutan itu menyebabkan punahnya hewan langka, hal ini berkaitan dengan rusaknya rumah-rumah mereka di dalam hutan akibat kebakaran hutan, serta makanan - makanan mereka terlanjur habis terbakar, sehingga mereka akan perlahan mati kelaparan atau terpanggang api kebakaran hutan, makanya jangan suka membakar lahan.

Meskipun di terpaan badai dan kebakaran hutan serta bencana di mana-mana di Indonesia dan daerah lain masih banyak yang menyimpan hewan langka, namun  memang habitatnya sekarang terancam punah dan harus mendapatkan perhatian dan perlindungan dari kita dan pemerintah agar hewan langka berikut dapat terlindungi dengan baik.

Jenis hewan yang hampir punah Di daerah Pulau Jawa

1. Badak bercula satu Populasinya semakin Menurun

Badak bercula satu merupakan satu dari lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Di pulau Jawa, hewan ini hanya dapat ditemui di Taman Nasional Badak daerah Ujung Kulon, lebih tepatnya di daerah banten.Spesies badak ini berkurang akibat perburuan dan dimanfaatkan culanya  untuk di jual di pasaran kini badak ini hanya mempunyai 50-60 Spesies saja di pulau jawa, sungguh sedikit bukan makanya selamatkan dan lindungi Hewan langka ini yah sobat.

2.Burung Merak Yang penuh warna (Colorfull) ada di pulau Jawa
Burung merak banyak di temukan di dunia seperti malaysia, singapura dan belahan dunia lainnya. Namun merak yang mempunyai Bulu yang Colerfull hanya dimiliki oleh indonesi, lebih tepatnya di pulau jawa dan sumatra. Mereka memiliki bulu yang lebih berwarna dan sedap dipandang,Di negara lain, merak hanya memiliki satu corak saja itupun lumayan , seperti biru atau hijau. Sedangkan di Indonesia, coraknya lebih banyak  beragam, salah satunya merak putih.

Jenis hewan yang hampir punah Di daerah Pulau Kalimantan

3.Kalimantan Mempunyai Orang Utan yang Terncam Punah Habitatnya
Orangutan merupakan salah satu bangsa kera yang sangat mirip dengan manusia.Orang utan yang ada di kalimantan merupakan hewan yang memiliki Habitat langka dan terancam punah di daerah tersebut.Di seluruh dunia, jumlah orangutan Terus mengalami penurunan Populasi. Hingga saat ini, hanya tersisa sekitar 55 ribu individu saja yang masih hidup di dunia.Banyak di antaranya yang hidup di pulau Kalimantan dan spesies lainnya hidup di pulau sumatra. Perburuan dan habitat hutan yang rusak merupakan salah satu hewan ini semakin berkurang.

4.Burung enggang burung nan Elok yang Hampir Punah
Burung enggang adalah burung yang sangat ikonik, dan merupakan salah satu burung yang di lindungi di kalimantan, kerena keberadaan spesiesnya sangat sedikit sehingga memungkinkan burung ini hampir punah di kalimantan, padahal burung ini memiliki nilai keindahan yang luar biasa dan menjadi Ikon di salah satu Universitas di Kalimantan Lebih Tepatnya Ikon lambang Universitas Lambung Mangkurat di kalimantan selatan.

Jenis hewan yang hampir punah Di daerah  Pulau Sulawesi

5. Tarsius tarsier Hewan langka yang Hidup di daerah sulawesi
Hewan ini memiliki ciri bertubuh kecil berwarna cokelat dengan mata besar, ia  senang bergelantungan di ranting pohon mirip banget seperti koala. makanya hewan ini sering di buru dan habitatnya terancam punah.Tarsius tidak bisa menjejakkan kakinya di tanah, karena dia terus melompat dari satu pohon ke pohon yang lain. uniknya hewan ini bertubuh mungil dan lucu, sehingga banyak orang yang memburu dan habitatnya di sulawesi semakin terganggu.

6.Anoa hewan yang ada di sulawesi yang terancam punah
Anoa memiliki nama yang unik dan di juluki sebagai sapiutan, memang hidupnya di hutan dan masyarakat sulawesi menjulukinya dengan julukan tersebut, anoa masih sebangsa dengan banteng dan tahukah kamu jika anoa berlarinya lebih cepat dan mencapai 10Km/Jam. Anoa memiliki sepasang tanduk dan ukuran anoa itu kecil daripada banteng pada umumnya hidupnya di hutan. Anoa terancam punah habitatnya karena di buru oleh manusia untuk di makan dagingnya. sekarang pololasi anoa semakin berkurang di pulau sulawesi.

7.Burung maleo yang terancam punah di pulau sulawesi.
Maleo senkawor masih sering dijumpai di daerah Gorontalo, namun jumlahnya sekarang tidaklah banyak, jumlah burung ini sekarang hanya berkisar 10.000 ekor saja. Menurunnya populasi maleo dikarenakan perburuan telur maleo oleh manusia, telurnya yang lebih besar daripada telur ayam, membuat para pemburu untuk mengambil telur burung ini secara paksa, untungnya setelah di nobatkan sebagai satwa langka yang dilindungi kini populasi burung maleo mulai meningkat di pulau sumatera.

Meski kita bukanlah pejabat dan merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di indonesi paling tidak kita harus berepan aktif dalam melindungi hewan lanka tersebut, kerena hewan - hewan langka tersebut merupakan salah satu ikon dan kekayaan Negeri ini yang membuat orang lain, negara asing terkagum dengan negara Indonesia.


0 Response to "7 hewan yang Terancam Punah di Wilayah Indonesia dan daerah asalnya"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel