Kehilangan Akta Kelahiran dan Cara Mengurusnya (Martapura, Kab Banjar)

Kak, kalau akta kelahiran kita hilang, kita nya mesti lahir lagi ya kak??

WOY KAGAK WOY :D

Kali ini, w mau sharing sedikit tentang pengalaman w kehilangan akta kelahiran beserta ijazah zaman sekolah (yang ijazah di post terpisah) karena sebuah ketidaksengajaan L sumpah ya rasanya w pengen nangis sih, bukan nangis karena hilang dan takut disuruh dilahirkan lagi, bukan. Tapi w nangis takut ketemu pak pol beserta urusan yang maha ribet itu. Lebay emang ya, tapi mau dikatakan apalagi kalau sudah hilang ya mesti diurus lah, ntar ribet pas mau daftar nikah eh malah ga bisa nikah karena ga ada akta kelahiran.

Baiklah jangan panik, karena ternyata ngurusnya gampang kok. Nih w jelasin satu-satu ya prosedurnya gimana.

PERTAMA

Datanglah ke kantor polisi terdekat. Nah kalau di daerah w ya mesti ke POLRES Banjar (Martapura). Kalian tinggal tanya aja dimana tempat buat bikin surat keterangan hilang. Jangan lupa siapkan fotokopi akta kelahiran kalian (kalau kalian ga punya copiannya w juga bingung mesti gimana). Biasanya pak pol akan nanyain, hilangnya kenapa? Tercecer dimana? Waktu dan tanggal kehilangannya kapan? Pokoknya rileks aja jangan keliatan gugup, kalau perlu pasang muka tidak berdosa saja :p

Prosesnya cepat kok tergantung antrian. Nanti fotocopian akta kelahiran kalian akan disimpan disana (makanya di copy banyak-banyak soalnya bakal kepake juga di kantor capil yes). Terus kalian diminta buat tanda tangan. Nanti kalian akan menerima surat kehilangannya dan biasanya pasti kita disuruh buat ke kevalidan datanya. Sudah jadi deh. Tenang, tidak dipungut biaya kok.

KEDUA

Sebelum ke kantor catatan sipil (Panggil saja kantor capil), kalian mesti siapkan map, fotokopi KTP, fokotopi Kartu Keluarga, dan jangan lupa fotokopi akta kelahiran kalian, sama surat keterangan kehilangan dari kantor polisi tadi.

KETIGA


Kalau berkasnya sudah siap, masuk aja ke kantor capil. Nah w ngurusnya di kantor capil kabupaten banjar nih. Nah kalian cari aja yag tulisannya “AKTE KELAHIRAN DAN AKTA KEMATIAN”. Tinggal bilang sama petugasnya kalau kalian pengen mengurus akta yang hilang. Lalu serahkan berkasnya ke petugasnya. Nanti dia cek kelengkapan berkas kita. Nah habis itu tungguin deh sampai nama kita dipanggil. Habis itu kita akan dikasih tanda pengambilan akta kelahiran kita yang baru. Sekitar 15 harian selesai kok.

nah begini hasil nya kalau sudah jadi. dan selamat disuruh lahir lagi akta kelahiran yang baru sudah jadi :D



Nah begitulah guys cara mengurus akta kelahiran yang hilang. gampang kok ya asal kita nya niat dan meluangkan waktu untuk mengurusnya dan jangan mentang-mentang gampang jadi seenaknya menghilangkan akta nya lagi.

Semoga artikel ini berguna buat kalian ya. dadah dadah :D

0 Response to "Kehilangan Akta Kelahiran dan Cara Mengurusnya (Martapura, Kab Banjar)"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel