Mengurus Ijazah Sekolah yang Hilang (pengalaman pribadi)

Hasil gambar untuk surat pengganti ijazah yang hilang



Apa sih sesuatu hal yang jikalau kehilangan rasanya kaya masa depan hancur aja gitu?

Kalau w sih ya, kehilangan ijazah sekolah :’)

Rasanya? Kek mau mati dan pengen bunuh diri.

Dan gak semangat buat menjalani hidup lagi :’(

Ada yang ngalamin kaya w ngga? Kalau bisa jangan sampai sih. Tapi kalau terjadi juga dan kalian bingung harus bagaimana, mungkin tips dari w bisa sedikit membantu kalian. Tips ini bisa kalian pakai untuk mengurus ijazah sekolah formal dan non formal ya, dengan catatan, ada sedikit perbedaan dalam pengurusan pastinya.

PERTAMA

Tenangkan fikiran sih terlebih dahulu. Karena kehilangan ijazah adalah kehilangan masa depan. Mari bongkar lemari atau apapun itu, siapa tau punya fotokopian ijazahnya. Jangan lupa cek file di leptop atau fd siapa tau kalian sempat men scan file nya. Kalau tetap tidak ada nanti dibicarakan baik-baik di sekolah kalian itu. Siapa tau mereka masih punya arsip bukti bahwa kalian memang lulus dari sekolah itu.

KEDUA

Kalau dulu, kita mesti datang ke kantor polisi dulu untuk membuat surat keterangan hilang untuk diserahkan ke sekolah yang bersangkutan. Kalau sekarang, kalian mesti datang ke sekolah yang bersangkutan dulu, minta dibuatkan surat pengantar bahwa kalian kehilangan ijazah terbitan sekolah tersebut dan kalian memang benar pernah lulus disitu. Tidak perlu gugup, anggap saja kalian sedang berkunjung menikmati masa lalu yang kelam di sekolah tersebut sambil silaturahmi dngan guru-guru kalian yang mungkin masih ngajar disana.


KETIGA

Surat pengantar dari sekolah kan sudah di tangan kalian kan sudah ditangan. Waktunya pergi ke kantor polisi. Kalian tinggal tanyakan aja dimana tempat mengurus surat kehilangan gitu. Nah tinggal tunggu antrian (kalau lagi ada atrian) dan pak pol akan menginterogasi menanyakan ke kalian ijazahnya hilang kenapa? Hilang dimana? Kapan hilangnya? Gitu gitu aja kok, santai aja jawabnya jangan gugup karena biasanya yang bertugas dibidang surat keterangan hilang itu ganteng-ganteng yang ada kita malah dicurigain gitu. Eh enggak deng. Pokoknya santai aja.

KEEMPAT

Nah kalau surat keterangan kehilangan dari kepolisian udah jadi, sekarang kalian perlu menyiapkan beberapa berkas pendukung dibawah ini:
  1. Fotocopi Ijazah yang hilang (kalau ada, kalau gak ada ya kalian konsultasikan ke pihak sekolah gimana baiknya).
  2. Fotokopi KTP dan KTP aslinya.
  3. Surat Keterangan Hilang dari kepolisian.
  4. Buku Raportnya (jika ada).
  5. Pasfoto 3x4 2-3 lembar
  6. Materai 6000 sebanyak 3 lembar.
  7. Surat Pertanggung Jawaban Mutlak.
(kadang ada juga yang minta surat keterangan dari teman seangkatan yang menyatakan bahwa kamu memang benar pernah mengikuti ujian dan lulus dai sekolah tersebut, tapi w lupa meyimpan formatnya.

Mengurus Ijazah Sekolah yang Hilang (pengalaman pribadi)
nah itu format surat pernyataan mutlaknya. kurang lebih kayak gitu. w juga lupa nyimpen formatnya waktu ngurus kemaren jadi nyomot di google dah (source: https://www.slideshare.net/wincibal1/permen-tahun2014-nomor029-pengeysahan-sttb )



KELIMA

Kalau kalian sudah menyiapkan berkasnya dengan seksama, nah saatnya kalian bawa ke sekolah yang bersangkutan (untuk sekolah formal) atau ke Dinas Pendidikan/Kementrian Agama (kalau sekolah kalian kejar paket/non formal). biasanya urusannya akan gampang kok asal berkasnya lengkap aja gitu. beberapa hari juga kelar surat pengganti ijazahnya.


TIPS 

w ngerti sih dengan keaadaan yang kehilangan ijazah tuh beneran kayak kehilangan masa depan. tapi tetaplah mencoba untuk berurusan dengan elegan. kalau makin runyam ya gitu makin kacau urusan :D

nih hasil dari mencoba mengurus ijazah yang hilang ini, tapi maaf w sensor ya ntar ketahuan identitas w kan bahaya yak wkwkwk

cantik kan yahh? cantik lagi kalau ijazahnya ga ilang :(

demikian ya pengalaman w ngurus ijazah yang hilang ini. semoga bermanfaat hoho







5 Responses to "Mengurus Ijazah Sekolah yang Hilang (pengalaman pribadi)"

  1. maaf kak, apakah mengurus surat kehilangan ijazah harus di tempat hilangnya ijazah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf di mana dapat surat keterangan mutlak?

      Delete
    2. Kak listi , kamu bisa bilang ke petugas yg urus surat kehilangan ijazah kalau ijazah kamu tercecer dari mana ke mana, misalkan dari sekolah di daerah bla bla bla sampe rumah kamu di daerah bla bla bla.

      Delete
  2. Dan gimana cara konsultasikan ke pihak sekolah kalau saya gak punya foto copy ijazah saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibaca artikel nya ya, aku ada kasih link contoh format surat kterangan format nya. Untuk masalah kamu yg ga punya fotokopi ijazah kamu bisa konsuk ke pihak Tata usaha sekolah, siapa tau mereka mempunyai arsip copy ijazah nya

      Delete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel