Jalan-Jalan ke Kalimantan Selatan Bikin Betemu di Jamin Ngilang

Manyasah Ilmu - Kalimantan Selatan hem pasti kalian pada tahu semua tentang daerah kalimantan selatan kan pasti pada tau kan , kalimantan selatan adalah sebuah Provinsi kecil di tanah borneo, Letaknya hampir di tengah tengah peta Indonesia hehehe, Namun kata orang kecil-kecil Cabe rawet seperti itu juga Kalimantan Selatan, walaupun Provinsinya Kecil namun keindahan dan ke unikannya Tak kalah dengan Daerah Lain yuk kita simak apa saja yang ada di kalimantan selatan jika kalian jalan jalan ke kalimantan selatan.

1.Pantai yang indah di Kalimantan selatan
Berbicara mengenai Pantai yang ada di kalimantan selatan, banyak sekali yang menyajikan ke indahan di dalamnnya Lho baik hutannya ataupun sebagian tempat yang bikin kalian itu betah banget jalan - Jalan kesini. Pantai yang ada di kalimantan selatan buanyak sekali dan Dominasi letaknya di daerah kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu, pantai nya pun beragam namanya banyak pemandangan alam yang di suguhkan jika kalian mau berkunjung ke kalimantan selatan.


pantai tangkisung
Pantai Tangkisung, Pantai indah nan rupawan, Pantai ini merupakan pantai yang usianya makin tua dan memang sudah tua letaknya di kabupaten tanah laut, kalimantan selatan. Letak Pantai Takisung di Desa Takisung, Kecamatan Takisung atau sekitar 13 kilometer dari terminal Tanah Habang Pelaihari dan sekitar 70 KM dari pusat Kota banjarmasin Lho, pantai Tangkisung menyajikan ke indahan pantai yang mempunyai ciri Khas banyak sekali pohon Kelapa di sana, ketika kalian berkunjung kesana jangan lupa oleh-oleh ikan dan cendera mata khas anak pesisir


pantai gedambaan
Selain Pantai Tangkisung ada Juga Pantai nan indah Di Kotabaru, Pantai nan indah di kota Baru buanyak sekali Lho Contohnya aja seperti pantai Gedambaan Sarang Di kotabaru, menyajikan suasana pantai yang Exsotis dan berpasir putih, balinya kalimantan Selatan dech kotabaru itu Indah banget jarak tempuhnya Pun di bilang sangat - sangat panjang mulai pusat kota ke Kotabaru memakan perjalanan Sekitar 5-6 Jam an Lho menggunakan Jalur darat, Kalian yang berkunjung ke kalimantan Selatan Jangan Lupa Mencoba ini Lho


samber gelap kotabaru
Ada Juga Samber Gelapnya Kotabaru, duh indah sekali, Samber gelap adalah sebuah pulau di kotabau yang menyajikan suasana alam yang penuh ke indahan, Samber gelap kotabaru berada di sebuah pulau, dengan segenap penginapan yang menyajikan suasana alam nan indah, cocok banget bagi yang berbulan madu di sana pasti asik dan yang pastinya bersahabat dengan alam dunk indah banget dech pokoknya, Kalo ke Kalimantan selatan Jangan Lupa mengunjungi Samber Gelap Yaw.

Suasana alam kalimantan selatan yang begitu asri mempesona bikin pengunjungnya betah berlama-lama di sana, terlebih ketika kalian berada pada salah satu pantai di kalimantan selatan duh ga kalah indah dari kota - kota lainnya kok pasti di jamin asik dech.

2.Pasar Terapung yang mengapung apung di atas Sungai Martapura
pasar terapung lok baintan
Siapa Yang tak kenal dengan pasar terapungya punya kalimantan selatan, Pasar terapung yang ada di kalimantan selatan merupakan warisan Budaya Orang tua Zaman dahulu hingga sekarang budaya ini masih di pertahankan. 

Wisata pasar terapung yang terletak di Lok baintan merupakan destinitasi wisata yang sering di kunjungi orang ketika pergi ke Kalimantan Selatan. Beroperasi pada Jam 5 Pagi waktu setempat membuat orang yang ingin menikmatinya harus berangkat Pagi-pagi Buta mulai Pelabuhan di Banjarmasin, Biasanya di Banjarmasin ada orang yang menyewakan Kapalnya (Kelotok) nya bagi siapa saja yang mau menyusur sungai martapura hingga sampai ke pasar terapung di Lok baintan.

Suasana pasar yang unik dan banyak pedagang yang mem Barter barang dagangannya membuat suasana pasar sederhana ini semakin unik saja, Belum lagi berjualan menggunakan Perahu Jukung" Merupakan perahu kecil yang di kayuh menggunakan kayu papan yang di pahat sebagai mesin manualnnya". Masih saja di pertahankan oleh Masyarakat Banjar di lok Baintan.

Suasana pagi yang masih dingin terdapat pasar kecil di sungai martapura, Pasar terapung namanya, berbagai macam barang dagangan di jual di sana, Mulai dari sayur sayuran yang masih segar, hingga barang-barang rempah dapur, sampai makanan Khas kalimantan selatan banyak di temukan di pasar ini,


3.Kota Martapura Kotanya Para Santri
mesjid martapura
Berkunjug ke kalimantan selatan hmmm. Belum lenngkap rasanya jika belum berkunjung Ke Kota Martapura  Kabupaten Banjar  Kalimantan Selatan.Kota dengan julukan serambi mekah ini.

Kota Martapura memiliki banyak ke unikan tersendiri, diantaranya Kota martapura merupakan kotanya para santri-santri pemuda - pemudi untuk menuntut ilmu agama di Kalimantan selatan, banyaknya Pondok pesantren yang ada di kota martapura merupakan cerminan betapa Agamisnya pendidikan di sana.

Pondok pesantren Darussalam Misalnya, Sebuah pondok pesantren yang memiliki bangunan yang sangat luas berdiri kokoh di pinggiran sungai martapura, Pondok pesantren ini sudah sangat banyak mencetak kader-kader Ulama di kalimantan selatan,

Selain usianya yang tua, Pondok Pesantren Darusaalam merupakan sebuah Sekolah yang di wariskan oleh Masyhur terdahulu, di bangun atas dasar ke Ikhlasan dan dengan tujuan mempelajari ilmu agama dan menjadikan santri Berakhlaq Mulia dalam hidup di dunia,

Pondok Pesantren Darussalam terletak di Kota Martapura, memberikan pendidikan terbaik dan pembelajaran yang terbaik di dalamnya, dengan mananamkan nilai-nilai keberadaban dan membentuk Akhlaq yang baik menjadi andalan Ponpes yang satu ini, Ketika lulus di sana banyak yang menjadi ulama, yang ga menjadi ulama anaknya juga makin bagus Akhlaqnya.

4.Makanan Soto banjarnya Yang selalu di rindukan
Ketika kalian berkunjung ke Kalimantan selatan jangan lupa mampir ke salah satu warung makan yang menyediakan masakan soto banjar, Masakan soto banjar memang menjadi Ciri khas Kalimantan selatan selain rasanya yang Gurih serta mempunyai bumbu yang spesial, sehingga menjadikan cita rasanya beda dengan soto di daerah lain.
Soto Banjar orang Banjar menyebutnya, banyak warung yang menyediakan soto banjar di kalimantan selatan, seperti di daerah Kuin dan juga daerah siring banjarmasin, atau di tempat lain seperti Soto Bang Amat Bawah Jembatan.

Berbicara soto banjar, banyak orang yang di luar kalimantan selatan, ketika pergi berkunjung ke kalimantan selatan mereka mencari yang namanya soto banjar, salah satunya adalah dengan menuju ke salah sau warung makan yang ada di banjarmasin. Biasanya orang luar daerah itu ketika berkunjung ke  Kalimantan selatan Akan pergi ke Soto Banjar bang Amat di Bawah Jembantan.

Soto bang Amat di Bawah Jembatan di bangun sudah mulai jaman dahulu, dan warung makan ini sudah banyak di kelan masyarakan Banjar, Menjadi salah satu destinitasi Wisata Kuliner yang ada di kalimantan selatan, Soto bang amat di bawah jembatan pun menjadi terkenal di kalangan masyarakat kalimantan selatan.

So kalian harus wajib berkunjung ke Sini ketika kalian berada di kalimantan selatan sobat.

5.Behadrah, Kesenian yang tak lapuk di Makan jaman


kesenian Behadrah
Ke Kalimantan selatan, rasanya belum lengkap ketika kalian belum melihat budaya dan kesenian khas Kalimantan selatan, Behadrah Misalnya merupakan Kesenian khas kalimantan selatan yang di gambarkan dengan tarian yang di iringi dengan lagu Syair-syair Maulid Nabi Muhammad S.A.W ( Sholawatan kalo orang indonesia bilang).

Kesenian Bahadrah di tampilkan ketika ada Festival kebudayaan Kalimantan selatan, atau ketika adanya perkawinan, Behadrah ketika perkawinan gunanya untuk menyambut mempelai pria yang datang dengan pakaian adat banjar datang ke mempelai Perempuan yang juga memakai pakaian adat banjar,

Tarian hadrah, berbagai macam variasi tarianya namun tetap indah di pandang oleh mata dan di nikmati para pengunjungya, Kesenian hadrah memang sudah lama memasuki daerah Kalimantan selatan kesenian ini masih bertahan hingga sekarang, selain menggambarkan tarian Behadrah juga merupakan kesenian yang di dalam musik dan lagunya terbilang sangat Relegius dan islami.

Behadrah kata orang banjar menyebutnya, merupakan kesenian  yang musik dan lagunya di iringi Syair-syair maulid dan musiknya yang berasal dari terbang (Red :Rebbana). Membuat kesenian ini menjadikan dakwah islam sekaligus agar kehidupan menjadi berkah.

Behadrah banyak sekali varian tariannya, tergantung si pemimpin pelatihnya sehingga sangat banyak tarian yang ada di dalamnya, kerena tarian hadrah bebas dan orang yang membawakannya pun berkelompok dengan memakai pakaian khas Banjar, menjadikan kesenian ini hidup di mata masyarakat kalimantan selatan.

6.Wisata waduk Riam Kanan yang Menenangkan
Pesona waduk Riam kanan nan indah
Waduk Riam kanan, siapa sih yang tak kenal dengan salah satu waduk ini, waduk yang di bangun sejak jaman dahulu menyimpan segenap keindahan alam di dalamnya, selain waduk ini menenangkan dan memberikan pesona ke Indahan alam yang masih asri, di dalamnya airnya tersimpan perkampungan yang dulunya di tenggelamkan.

Tenggelamnya perkampungan yang ada di dalam waduk riam kanan merupakan langkah pemerintahan kala itu, untum membangun bendungan dan harus menenggelamkan beberapa kampung di dalam waduk riam kanan.

Berkunjung ke daerah ini jangan heran kalian melihat banyaknya pohon pohon mati yang menjulang tinggi keluar dari permukaan air, itu sebenarknya perkebunan warga yang tenggelam berapa tahun silam, menjadi bukti bahwa dahulu ada kehidupan di dalam bawah waduk riam kanan.

Berkunjung ke waduk riam kanan memang sangat mengasikkan, dengan ciri khas Pulau pinus yang menenangkan, dan memberikan suasana berbeda daripada kalian berada di perkotaan, sejenak melepaskan lelah di waduk riam kanan.

Sekian ulasan mengenai berkunjung ke Kalimantan selatan, yaw, masih banyak daerah, dan macam-macam aneka makanan dan wisata di kalimantan selatan sebenarnya, namun penjelasan kali ini cukup sampai di sini saja sekedar coretan semoga bermanfaat Buat kalian hehehe.

0 Response to "Jalan-Jalan ke Kalimantan Selatan Bikin Betemu di Jamin Ngilang"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel