Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indahnya menghitung operasi hitung Campuran Bilangan Bulat

Konten [Tampil]
Manyasah Ilmu - Kalian tahu apa yang di maksud dengan operasi hitung bilangan bulat , pasti dunk pada tau kan sudah belajar di sekolah dasar dulu dan pastinya sudah mahir dalam menghitungnya dunk. Kegunaan operasi hitung dalam kehidupan sehari- hari adalah untuk menghitung operasi pasar atau penjualan, transaksi yang berbeda - beda operasinya dalam satu kesatuan yang utuh, kalian kan tahu dari segi banyak tentang kehidupan di dunia matematika pasti ada yang namanya itu penjumlahan yang di sertai perkalian atau perkalian yang di sertai dengan pembagian maka itulah yang di namakan dengan operasi hitung bilangan bulat.
Indahnya menghitung operasi hitung Bilangan Bulat
Lalu bagaimana cara menyelesaikannya , Penyelesaian masalah operasi hitung bilangan bulat adalah dengan menemukan rumus terlebih dahulu hal ini akan menunjang pemahaman kelian dalam pengerjaan operasi hitung bilangan bulat, penambahan rumus di maksudkan untuk memudahkan penulisan dan pengerjaan tugas harian yang memuat operasi hitung bilangan bulatnya.

EXAMPLE : ( Contoh )

a. 500 x (-18) - 8000 : 16 + 700 = ,,,,?

Dalam pengerjaan operasi hitung campuran bilangan bulat tersebut yang harus kita ketahui dahulu adalah kekuatan tanda baca operasi hitung tersebut atau tanda operasi hitung yang memiliki kekuatan palih tinggi rumusnya ( (x) - (;) - (-) - (+) ) dapat di terjemahkan dengan 

1.Kerjakan operasi hitung  perkalian dahulu
2.Kerjakan Operasi hitung Pembaguan
3.Kemudian kerjakan operasi hitung Kurangan
4.Terakhir Kerjakan operasi hitung Penjumlahan

Untuk menyelesaikan seperti contoh di atas adalah sebagai berikut penyeleasiannya :

1.Kita kerjakan (perkalian )  500 x (-18) = - 9000
2.Kita kerjakan (pembagian ) - 8000 : 16 = -500
3.Kita kerjakan  ( pengurangan) -9000-500 = -9500
4.Kita kerjakan ( Penjumlahan ) -9500 + 700 = -8800

dari contoh tersebut dapat kita simpulkan , opesari hitung perkalian lebih kuat tiangkatannya daripada operasi hitung pembagian, pengurangan dan penjumlahan.

Sampai disini dahulu penjelasan mengenai penyelesaian operasi hitung campuran  bilangan bulat apabila ada tambahan nanti blog manyasah ilmu akan m update artikel ini .


Post a Comment for "Indahnya menghitung operasi hitung Campuran Bilangan Bulat"