Macam- Macam energi

macam-macam energi
Manyasah ilmu - Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Dalam setiap kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan memerlukan energi. Benda dapat bergerak karena energi. Pakaian basah menjadi kering juga kerena energi. Energi akan bermanfaat pada saat terjadinya perubahan bentuk. Sebagai contoh energi kimia dalam batere kering bermanfaat untuk menyala-kan senter ketika terjadi perubahan enegi kimia dalam baterai menjadi energi listrik. Energi kimia dalam bahan bakar bermanfaat untuk menggerakkan mobil ketika terjadi pembakaran yang segera mengubah energi kimia menjadi energi mekanik. Hukum kekekalan energi: Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain. Berbagai bentuk energi di sekitar kita adalah: energi mekanik, energi panas, energi listrik, energi cahaya, dan energi bunyi.

A. Energi mekanik
Energi mekanik terdiri dari energi potensial dan energi Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda pada saat benda tersebut diam atau tidak bergerak. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya. Jadi setiap benda yang bergerak me miliki energi kinetik. Peristiwa ini dapat kita lihat pada saat jatuhnya buah durian dari pohonnya. Saat buah durian bergerak jatuh ke
tanah maka benda tersebut memiliki energi kinetik. Tetapi saat buah durian itu masih diam pada pohonnya maka durian tersebut memiliki energi potensial. Energi potensial ditentukan oleh massa dan ke- tinggian benda terhadap tanah. Jadi semakin besar massa dan tinggi benda maka energi potensialnya juga semakin besar.

B. Energi Panas
Panas dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Energi panas matahari dapat digunakan untuk mengeringkan baju yang basah, maupun menguapkan air laut dalam proses pembuatan garam. Minyak tanah dan kayu bakar merupakan sumber energi panas. Api yang dihasilkan kompor minyak
tanah maupun kayu bakar menghasilkan energi panas yang dapat dimanfaatkan untuk memasak.

C.Energi Listrik
Energi listrik berasal dari arus listrik. Arus listrik diperoleh dari berbagai sumber energi yang menghasilkan listrik. Energi listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk seterika listrik, kompor listrik, kipas angin, lampu, ac, televisi dan sebagainya.

0 Response to "Macam- Macam energi"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel