Bikin SKCK di Polres Banjar Tahun Ini


Sekarang mimin mau share dikit pengalaman mimin waktu bikin SKCK alian Surat Keterangan Catatan Kepolisian (kalau dulu disebutnya Surat Keterangan Berkelakuan Baik alias SKKB). Kalian pasti akan memerlukan surat ini kok, baik saat mau melengkapi persyaratan masuk kuliah ataupun pas kalian mau melamar kerja.

Min, bikin SKCK itu ribet gak sih?

Enggak kok, yang penting kamu menyiapkan segala persyaratannya serta mengikuti prosedurnya. Serta siapkan uang 30 ribu rupiah,  karena itu sudah termasuk peraturan pemerintah pama PP No 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Gak papa lah yaa toh suratnya berlaku selama 6 bulan koq, kalau habis tinggal perpanjang sajaaa.
Jadi, kalau kalian baru mau bikin SKCK, yang perlu kalian siapkan yaitu:

1. Fotocopy KTP 2 lembar
2. Fotocopy KK 1 lembar
3. Pas foto ukuran 4x6 dengan latar belakang merah sebanyak 6 lembar
Sedangkan kalau kalian mau memperpanjang SKCK, yang perlu kalian siapkan yaitu:
1. SKCK yang lama (yang habis masa berlakunya)
2. Fotocopy KTP 2 lembar
3. Pas foto ukuran 4x6 dengan latar belakang merah sebanyak 6 lembar

Nah semua berkas tersebut kalian masukkan dalam map berwarna merah untuk pria dan map berwarna kuning untuk wanita.
(Sekarang mimin akan jelasin step by step membuat SKCK untuk lingkup POLRES BANJAR ya. Mimin ga tau deh di daerah lain akan sama atau sedikit beda).
Setelah itu, kalian serahkan berkas tersebut ke loket 3 pelayanan SKCK. Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas kalian. Kalau lengkap, kamu akan diberikan formulir yang harus kamu isi data-datanya.

Nah isi dengan lengkap yaa.. Isi formulir nya mencakup data kalian, data orangtua kalian, data saudara kalian, dan data pasangan sah kalian (yang belum nikah ga usah baper juga kali wkwk), dll. Isi aja termasuk kartu Tik nya juga di isi. Ya mesti jujur ngisinya hehe.
Kalau sudah, kalian serahkan ke loket 2 yaa. Petugas akan mencek data yang kalian isi di formulir tadi. Nanti petugasnya akan mengarahkan kalian ke ruang identifikasi untuk tahu nomer sidik jari kalian. Ini penting lho untuk melacak rekam jejak apakah kalian benar-benar tidak pernah tersangkut kasus kriminal. Namanya juga mau bikin SKCK kaann.
Okee kalian datangi aja tuh ruang identifikasi. Kemudian kalian serahkan berkasnya dan antri dlu. Gantian gitu. Nantinya sidin jari kalian akan di scan dengan alat khusus. Prosesnya cepat kok, tergantung antrian tapi mimin kemaren ga lama kok.

Kalau sudah kalian kembali ke loket pembuatan SKCK tadi. Kemudian kalian serahkan berkas kalian ke loket 1. Dan tunggu deh sampai nama kalian di panggil. Prosesnya cepat kok, tergantung antrian aja. Dan jadi deh. Simpan baik-baik dan jangan lupa copy perbanyak dan langsung kalian legalisir ke loket 3 ya.

Sekian info dari mimin. semoga urusan kalian selalu lancar ya. .









3 Responses to "Bikin SKCK di Polres Banjar Tahun Ini"

  1. Punten, naros, ieu teh Polres Kota Banjar, Jawa Barat sanes?

    Sareng ieu tiasa dipertanggung jawabkeun? Soalna abi bade ngadamel SKCK, teu terang nanaon, jadi sieun aya nu kirang. Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abdi teda hapunten, ini teh maksudna polres banjar kalimantan selatan hehe. Tapi kurang lebih prosedurnya dengan yg di jawa barat. Mugi mugi bisa membantu. Hatur nuhun

      Delete
  2. Abdi teda hapunten, ini teh maksudna polres banjar kalimantan selatan hehe. Tapi kurang lebih prosedurnya dengan yg di jawa barat. Mugi mugi bisa membantu. Hatur nuhun

    ReplyDelete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel