Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam
Pengertian sumber daya alam dan penggolongannya

"Sumber daya merupakan berbagai faktor produksi yang dikerjakan dalam proses produksi atau aktivitas ekonomi seperti modal, energi,  air dan manusia. Sumber daya alam dapat digolongkan ke dalam 2 golongan sebagai berikut :

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau sumber daya alam biotik, yang meliputi semua makhluk hidup hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau sumber daya alam abiotik,Yang meliputi bahan bahan galian mineral dan barang barang tambang lainnya.
Setiap pemanfaatan sumber daya alam perlu diperhatikan pedoman-pedoman sebagai berikut :


  1. Memberikan kemungkinan mengadakan pilihan penggunaan dalam pembangunan di masa depan.
  2. Tidak mempersempit sumber daya alam agar sumber daya alam terpulihkan secara berlanjut.
  3. Tidak mengolah sumber daya alam yang melampaui Tingkat regenerasinya atau yang dapat mengurangi kemampuan dan kelestarian sumber daya alam yang berkaitan dengan suatu ekosistem.
  4. Air sebagai kebutuhan hidup sehari-hari untuk pengairan dan sumber daya listrik yang harus dijaga supaya tetap volumenya dan jangan sampai kota karena polusi atau pencemaran.
  5. Pengusaha bahan tambang untuk kehidupan harus diusahakan secara bijaksana dan perusahaannya harus memperhatikan akibat-akibat sampingannya.
  6. Pengembangan teknologi yang bersahabat dengan lingkungan.
  7. Penggunaan tanah untuk pertanian dan pemukiman harus diperhatikan kelestariannya supaya tidak merugikan kehidupan manusia di sekitarnya.
  8. Memelihara kelangsungan dan fungsi hutan.

Sebagai manusia yang mencintai alam alangkah baiknya kita selalu melestarikan alam ini dengan baik , menjaganya jangan merusaknya memanfaatkan sumber daya yang ada namun jangan berlebihan, memberikan yang terbaik lebih baik menjaga daripada merusak dan memberikan dampak buruk bagi kita dan alam sekitar.

Sumbet : IPSGeografikelas2sltp



0 Response to "Pengertian Sumber Daya Alam"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel