Tutorial Biar Gampang Memahami Pembelajaran

Hallo buat kalian semua yg sudah ke blog ini.. Standing applouse untuk kalian πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘


"Jadi gini, bentar lagi ujian nasional kan?? Habis itu ujian lagi untuk masuk dalam jenjang pendidikan berikutnya, terutama kalau masuk tes nya itu . . . . Sakit kepala banget meliat soalnya. Iya kan guys?? Iakan saja dehπŸ˜‚πŸ˜‚"

Oke, ini adalah masalah sebagian orang, masalah yang biasa tapi malah jadi luar biasa kalo udah dekat masa masa ujian akhir ini. Yup. . Otak mendadak jadi susah mengingat pelajaran. . Duileh otak udah kaya beku gitu ya disuruh mengingat rumus dan lain-lain sebagainya, seperti hati yang beku karena keseringan di PHPin dia. -Oke skip-.

Jadi aku akan memberikan sedikit tips yg berguna atau tidak berguna itu trgantung dari niat dan kesungguhan hati untuk membahagiakan orang tua dengan kata dan pembuktian: BU, PAK, ANAKMU INI LULUS UJIAN LOH . Ia kan??

Baiklah, cukup sudah ber-intro dgn basa basi, ini beberapa tips yg kata nya sih ampuh biar kamu mengingat pelajaran dengan MUDAH. Yap, MUDAH . Hehe

1. Membaca.
Point awalnya seperti itu, rajin membaca pangkal pandai seperti kata pepatah. Ya paling nggak sih, coba deh kamu membaca materi baru 2x sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi tersebut diajarkan. 
Loh kok seperti itu? Boleh lebih gak? Waw rajin banget kamu kalo gitu. Boleh sih lebih dari 2x eh 3x deng, kan pertama, sebelum, kedua, saat materi diterangkan, dan terakhir sesudah materi diterangkan. Tapi kalau kamu membaca lebih dari yang disarankan, kapan kamu punya waktu untuk hal yang lain?.
Belajar itu bukan hanya membaca saja. Ada hal lain yang bisa lakukan agar pelajaran lebih membekas di otak. Ibaratnya, membaca itu kaya kunci sebuah ruangan. nah kamu juga harus membenahi ruangan tersebut agar memori nya lebih nyaman tersimpan dalam otak. Jangan cuma kenangan yang tersimpan. ups.

2. Memahaminya
Image result for paham HD
Oke, kamu sudah membuka kunci ruangan dengan membaca. Sekarang, kamu harus memahami ruangan tersebut. 
Stt ruangan itu apa sih?? Ruangan itu adalah kiasan dari materi pelajaran yang ingin kamu ingat. Aku pakai istilah ruangan biar lebih enak jelasin nya. Ya ya ya .
Tadi kamu kan sudah membaca materi sesuai dengan dosis yang berlaku. Sekarang coba kamu memahami materi yang kamu baca tersebut. Karenaa. . . Memahami materi lbh baik dari menghafal materi loh. . . 
Jadi gimana nich? Hehe. . 
Kamu fahami aja garis besar materi pelajaran tersebut, baru kamu hafalin. Itu akan lebih efektif kok. Percayalah. . . 


3. Mencatat hal-hal penting dan mengulang kembali
Image result for materi HD
Membaca materi, udah. . . .
Memahami materi, udah. . . 
Selesai donk?
Belum. . . 

Kamu juga perlu membuat kesimpulan dari setiap pelajaran yang kamu baca. Paling enak sih kita sebut dengan membuat kata kunci. Jadi, kamu catat kata kunci yang kamu dapatkan tersebut. Jangan lupa untuk mengulangi materi yang kamu terima tadi. Dan taraa!! Otak kamu akan terlatih untuk mengembangkan materi tersebut.

4. Menghafalkan kata-kata kunci
Nah ini yang bikin pusing. Ngapalin materi yang begitu banyak. Nah itu fungsinya membuat kata kunci pada setiap hafalan. Jadi kalo kamu nanti dapat soal materi yg udah kamu buat kata kuncinya, kamu bisa menyelesaikan soal degan lebih mudah loh. 

5. Pilih waktu belajar yang tepat
Nah ini nih kebiasan yang sangat berbeda pada setiap orang. Ada orang yg merasa nyaman belajar pas habis sholat shubuh, pas tengah malam, bahkan pas lagi ribut ributnya suasana eh malah fokus belajar. Aneh sih. Cuma ya saran sih lbh enak kalo belajar tuh pas pagi, terutama jam jam shubuh itu . Tapi kembali lagi ke masing masing individu ya enjoy belajar itu pas waktu apa saja. . 

6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Ini juga masing masing individu ya nyaman nya kaya gimana. Dari yang belajar di tempat sunyi dengan alasan biar bisa berkonsentrasi, sambil dengerin musik, bahkan sambil main game juga ada. Ia ada, beneran deh, tapi langka. 
Intinya senyaman kamu aja, asalkan kamu bisa konsen dalam belajar ya.

7. Membentuk kelompok belajar
Ini sering jadi pilihan koq, baik belajar bareng teman, ataupun belajar di tempat bimbingan belajar. Ini bisa menjadi alternatif pilihan yang bagus. 
Cuma, kalau belajar bareng temen th susah sih karena kebanyakan ngegosipnya, atau malah salfok sma hal lain seperti nonton drakor, nonton bola, atau mabar game kekinian. Hayo ngaku. Wkwk.

8. Melatih kemampuan
Gini deh, tanpa harus merasa kudu pintar atau disuruh guru dulu baru menjawab soal akhir bab materi, mending kamu jawab duluan deh biar kekinian. Itung itung kamu bisa meliat sejauh mana kemampuan kamu memahami materi tersebut. Kalau kamu merasa pertanyaan tersebut belum jelas, kamu tinggal tanyain ke guru kamu. Percayalah, alih alih beliau menghakimi kamu karena mengerjakan soal duluan, beliau justru bangga sama kamu loh.

9. Memberikan otak nutrisi yang cukup
Image result for otak meme
sumber : Icak.com

Please ini bukan endorse yak hehe. Tapi memang bener sh otak juga kudu diberi nutrisi agar otak bisa bekerja dengan lebih baik lagi. kalian bisa mengkonsumsi buah dan sayuran apa apa suplemen nutrisi otak yang dijual di pasaran nggak ada salahnya kita juga memanjakan otak dengan nutrisi yang cukup.




Udah sekian dulu pembahasan dari bang manyasah ilmu yaw nanti kita bahas hal yang menarik lainnnya



0 Response to "Tutorial Biar Gampang Memahami Pembelajaran"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel