Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat gim edukasi menggunakan aplikasi Lumi

Konten [Tampil]

aplikasi lumi windows buat desain media pembelajaran

Pernahkah anda membuat sebuah game untuk disuguhkan ke siswa agar pembelajaran menjadi menarik, atau anda hanya menggunakan media yang ada sederhana saja untuk membuat sebuah game, kebanyakan siswa akan lebih tertarik apabila ia belajar sambil memainkan sebuah game.

Jika pembelajarannya menarik maka secara otomatis akan membangkitkan semangat siswa untuk mempelajari dan memahami materi tersebut menjadi lebih mudah, bagi siswa karena ketertarikan mereka pada sebuah game edukatif.

Untuk membuat sebuah game edukatif, sebagai pendidik anda harus bereksperimen, dan berkreasi agar gim tersebut menjadi menarik, salah satu aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Lumia, dimana aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa membuat game edukatif dengan baik

Fitur Aplikasi Lumi Untuk Membuat Game Edukatif

Untuk membuat sebuah game atau media pembelajaran interaktif dan edukatif serta menarik minat anak, maka anda bisa mendownload aplikasi yang bernama lumi, ada dua versi sih bisa menggunakan web langsung atau mengunduh aplikasi windows nya yang tergolong sangat ringan.

Jika anda pengen mendesain di web langsung bisa saja sih, cuma rada berat karena menggunakan website yang mungkin tidak semua laptop atau jaringan internet bisa compatible dengan keadaan web tersebut.

Aplikasi lumi bisa memberikan berbagai macam fitur yang dapat anda gunakan untuk membuat berbagai macam desain media pembelajaran. Jika di instal menggunakan windows maka aplikasi lumi ini mampu mendesain dengan sistem yang lumayan ringan.

Adapun mengenai fitur yang terdapat dalam aplikasi lumi di antaranya adalah :

Lumi memiliki beberapa fitur andalan yang bisa anda manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis web, merupakan sebuah aplikasi yang memiliki basis H5P yang mana aplikasi ini sudah sangat lengkap dengan berbagai macam fitur di dalamnya

Ketika awal menu tampilan anda sudah disuguhkan dengan tampilan seperti sebuah program yang sangat dinamis dan memiliki struktur sederhana ini membuat anda penasaran untuk mengedit dan menggunakanya.

Jika penasaran langsung saja klik menu create new H5P

fitur apliaksi lumi membuat game edukasi

Kemudian anda akan disuguhkan dengan beberapa content type yang bisa anda desain atau buat dalam bentuk game atau lain sebagainya, tergantung kreasi dan kreatifitas si pengembang. misalkan anda ingin membuat tampilan book maka anda bisa memilih konten interactive book.

Menu Title merupakan sebuah menu yang mengharuskan anda untuk membuat sebuah judul konten, misal buku gim perkembangan hewan atau menu-menu book yang lain sebagainya.

Ada menu untitled column adalah salah satu menu yang diperuntukkan agar ada beberapa sub menu dalam sebuah kolom buku, disini anda perlu menuliskan lagi judul atau sub-sub judul yang pengen anda buat.

Posting hasil desain ke web lumi

tampilan web lumi terbaru

Untuk melakukan postingan ke aplikasi web lumi maka anda perlu melakukan publikasi media, atau mempublish media ke web lumi.com, disana anda harus menjadi member area dulu, melakukan login dan registrasi, sehingga anda bisa mempublish karya anda dengan mudah.

Tampilan aplikasi lumi memanglah sederhana saja, namun kesan dari tampilan web aplikasi ini sangatlah menarik, terlebih lagi banyak sekali fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mempublikasikannya ke orang banyak.

Bahkan anda bisa melakukan editing game edukasi, quiz dan lain sebagainya menggunakan webnya, jadi tak susah - susah instal aplikasinya, tinggal edit di web nya saja sebentar saja pun jadi.

Kelebihan aplikasi atau situs lumi, anda bisa mendesain apapun di sana, anda bisa membuat quiz interaktif, game buat anak-anak yang mungkin bisa menjadi salah satu media agar siswa paham atau siswa mengerti.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini buat mendesain berbagai macam karakter dan pelajaran didalamnya yang mungkin bisa di kembangkan lebih lanjut bakal berguna untuk orang banyak.

Pembuatan media pembelajaran interaktif ini bisa anda gunakan untuk menambah hasil karya dari aksi-aksi nyata kalian di pmm, disana anda bisa mengupload hasil karya yang dihasilkan dari pembuatan berbagai macam aplikasi menggunakan web lumi / aplikasi lumi.

Lantas jika kalian ingin belajar lebih jauh mengenai apa itu aplikasi lumi, dan bagaimana cara pengoperasiannya, bisa anda mengunjungi langsung situs web nya sendiri, di sini : https://app.lumi.education/ 

Akhir kata 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan dapat memberikan anda sedikit pencerahan, karena bagaimanapun juga, kita sama-sama belajar. Apalagi di era sekarang ini dunia pendidikan sudah sangat maju, alangkah baiknya guru dan tenaga pendidik lain juga semakin mengasah skill untuk membuat dan mengolah media  pembelajaran yang menarik.

Salah satu yang bisa di lakukan mungkin dengan mempelajari berbagai macam aplikasi yang sudah ada, seperti canva, lumi dan lain sebagainya, mari kita majukan dunia pendidikan dengan memberikan performa terbaik buat anak - anak didik kita di masa mendatang, salam para guru hebat.

Post a Comment for "Cara membuat gim edukasi menggunakan aplikasi Lumi"