Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

Konten [Tampil]

kekurangan dan kelebihan whatsapp

Aplikasi chatting adalah salah satu kebutuhan penting bagi pengguna hp Android maupun iOS. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan koneksi internet. Dengan aplikasi chatting, kita tidak perlu khawatir pulsa akan habis karena berkirim pesan melalui SMS yang mahal. Aplikasi chatting juga menawarkan berbagai fitur menarik yang memperkaya pengalaman kita dalam berbagi pesan.

Salah satu aplikasi chatting yang populer adalah Whatsapp. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2009 dan sudah diunduh oleh jutaan orang. Whatsapp memberikan kita kemudahan dalam berkirim pesan teks, foto, dokumen, video, lokasi, stiker, serta melakukan panggilan suara maupun video. Jika kita menggunakan Whatsapp Plus, kita bisa mendapatkan fitur-fitur tambahan yang lebih banyak lagi.

Meskipun memberi berbagai kemudahan dalam berkomunikasi, ternyata Whatsapp juga memiliki kekurangan. Aplikasi pesaing Whatsapp lainnya seperti Line yang termasuk ke dalam aplikasi chat gratis dengan orang Korea pun juga memiliki beberapa kekurangan misalnya Line sering keluar sendiri di iPhone.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunduh dan menjadikannya sebagai aplikasi utama untuk berbagi pesan di hp android Anda, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan Whatsapp yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Whatsapp sebagai salah satu aplikasi chatting yang paling diminati.

Kelebihan aplikasi whatsapp

Mudah digunakan 

Untuk melakukan aktivasi akun Whatsapp, anda tak perlu repot-repot melakukan pendaftaran yang biasanya harus dilakukan jika ingin menggunakan aplikasi berbagi pesan. Untuk mengaktifkan Whatsapp, yang anda butuhkan hanya lah nomor telepon aktif yang ada di hp android anda. Hp android yang bisa anda gunakan pun tidak terbatas pada satu merek saja, misalnya Samsung.

Mudah melakukan penyesuaian

Sifat Whatsapp yang cenderung open-source memudahkan anda untuk melakukan berbagai penyesuaian terhadap segala isi dari Whatsapp. Fitur penyesuaian ini memungkinkan anda untuk melakukan perubahan profil, mengubah latar belakang chat, hingga melakukan blokir nomor telepon. Hampir semua hal bisa disesuaikan oleh salah satu aplikasi chat terbaik ini.

Kontak di hp android tersinkronisasi secara otomatis 

Whatsapp bisa menyambungkan daftar nomor telepon yang tersimpan di kontak hp android anda. Sehingga anda tidak perlu kerepotan menambahkan teman lagi jika ingin berbagi pesan dengan teman anda. Cukup buka aplikasi Whatsapp anda, lalu buka chat baru, kemudian anda bisa memilih nomor mana kah yang ingin anda hubungi. Aktivitas berbagi pesan pun menjadi sangat efisien berkat sinkronisasi otomatis ini.

Penyimpanan percakapan 

Jika anda tidak ingin kehilangan jejak chat anda dengan seseorang, Whatsapp menawarkan salah satu fitur yang sangat berguna yaitu fitur dimana anda bisa melakukan backup data alias bac-kup. Fitur ini pun bisa anda sesuaikan sesuai selera dari bac-kup mingguan hingga bac-kup tahunan. Biasanya, aplikasi Whatsapp akan memberikan notifikasi apakah anda menginginkan bac-kup atau tidak.

Adanya fitur Stories 

Yang unik dari Whatsapp adalah keberadaan fitur Stories yang dimilikinya. Fitur ini memungkinkan anda untuk membagikan berbagai aktivitas anda yang kemudian dapat dilihat oleh orang-orang di dalam kontak Whatsapp anda.

Kekurangan whatsapp yang sering terjadi

Emoticon kurang menarik 

Meskipun Whatsapp menyediakan berbagai macam emoticon untuk mengekspresikan perasaan dan suasana hati Anda, namun emoticon tersebut mungkin terasa kurang memuaskan jika dibandingkan dengan Line yang memiliki banyak pilihan sticker-sticker lucu dan unik. Jika Anda adalah orang yang suka berkomunikasi dengan menggunakan emoticon, Anda mungkin merasa kurang nyaman dengan Whatsapp yang memiliki emoticon yang lebih sederhana dan standar.

Harus sering update berkala 

Whatsapp selalu berusaha meningkatkan kualitas dan fitur-fiturnya dengan melakukan update secara berkala. Namun, hal ini juga bisa menjadi kendala bagi Anda jika Anda tidak segera mengikuti update tersebut. Pasalnya, jika Anda mengabaikan notifikasi untuk update aplikasi Whatsapp, biasanya Anda tidak akan bisa membuka atau menggunakan aplikasinya sampai Anda melakukan update. Hal ini tentu saja bisa merepotkan jika Anda sedang membutuhkan Whatsapp untuk berkomunikasi atau mengirim file penting.

Volume data cukup besar 

Whatsapp memanjakan penggunanya dengan menyajikan berbagai fitur menarik seperti voice call, video call, stories, status, dan lainnya. Namun, fitur-fitur tersebut juga membutuhkan volume data yang cukup besar untuk bisa digunakan secara optimal. Jika Anda adalah orang yang hobi chatting atau menggunakan fitur-fitur Whatsapp lainnya, kuota internet Anda mungkin akan cepat habis jika terlalu sering menggunakan Whatsapp.

Kurang Private 

Whatsapp memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengaktifkan aplikasi ini hanya dengan menggunakan nomor telepon yang dimiliki. Namun, hal ini juga bisa menjadi tantangan bagi Anda jika Anda menginginkan privasi yang lebih tinggi dalam berkomunikasi. Pasalnya, Whatsapp tidak memiliki fitur penambahan teman melalui username yang bisa Anda atur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Orang asing mungkin bisa mengirim pesan kepada Anda tanpa izin karena fitur keamanan Whatsapp yang belum sempurna.

Adanya bug 

Whatsapp selalu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kinerja aplikasinya dengan melakukan update secara berkala. Namun, hal ini tidak menjamin bahwa Whatsapp bebas dari bug atau kesalahan teknis yang bisa mengganggu pengalaman chatting Anda. Salah satu bug yang sering dialami oleh para pengguna Whatsapp adalah nada pesan Whatsapp tidak bunyi. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda jika Anda sedang menanti pesan penting namun pesan tersebut menjadi terlambat atau terlewat karena bug yang ada di Whatsapp. Oleh karena itu, melakukan update aplikasi Whatsapp adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Itulah beberapa paparan tentang kelebihan dan kekurangan Whatsapp yang telah kami sajikan untuk Anda. Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting terfavorit yang bisa Anda andalkan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Jika Anda merasa kurang cocok menggunakan Whatsapp, Anda bisa mencoba aplikasi berbagi pesan lainnya seperti Line ataupun Telegram.

Post a Comment for "Inilah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp"