Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Menjadi Generasi Cakap Digital

Konten [Tampil]

                  


Kalau diberikan tantangan sehari saja lepas dari sesuatu yang berhubungan digital, rasanya seperti kehilangan barang.  Karena di zaman sekarang, tentu apa-apa serba digital. Dari sekedar berkomunikasi dengan orang terdekat, mencari informasi dengan menggunakan wifi rumah, memesan jasa transportasi, sampai juga hal-hal sederhana seperti memesan makanan juga sekarang bisa dilakukan secara online.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kita (mau tak mau) musti cakap digital. Berbicara tentang cakap menggunakan teknologi digital nih, terdapat beberapa skill yang harus dimiliki seseorang agar aman menggunakan teknologi  yang ada. Terdapat beberapa skill yang harus dimiliki seseorang agar aman menggunakan teknologi yang ada..

Menurut I Wayan Adi Karnawa, S.Kom dari Pandu Digital Badge Merah, Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu  mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi aplikasi  percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital.

Sudah tidak asing lagi bahwa dunia digital memiliki ancaman maupun bahaya tersendiri yang berujung penggunaan data pribadi untuk kepentingan pihak lain yang merugikan pemilik data tersebut.

Nah, untuk meminimalisir dampak negatif dari digitalisasi ini, kita sebagai generasi yang cakap digital harus SMART,  yaitu Safe, Materials, Accept, Reliable, dan Tell.

1. Safe

Sering sekali kita menemukan chat maupun email dari penipu, yang memberikan iming-iming hadiah yang menggiurkan dengan syarat kalian memberikan identitas pribadi kalian seperti nama lengkap, alamat rumah dan lain sebagainya.

Kalian harus cek terlebih dahulu kebenaran nya. Sekarang ada fitur yang bisa mengecek nomor telepon seseorang seperti GetContact untuk memastikan apakah yang bersangkutan penipu atau bukan. Generasi Cakap Digital jangan asal share identitas pribadi. Karena rawan sekali untuk disalahgunakan

2. Materials

Sebagai generasi cakap digital, kalian harus bisa memfilter apa-apa saja konten, materi maupun situs mana yang pantas untuk kalian baca dan fahami, dan mana saja yang tidak pantas untuk kalian akses.

Apalagi kalau kalian menggunakan wifi rumah, kalian lebih gampang mengakses dengan cepat. Maka dari itu, sebagai pengguna kita harus bijak menggunakannya.

Selain karena konten yang tidak pantas untuk kalian akses itu jelas merugikan, biasanya juga ada pop up yang diselipkan virus yang tentu juga membahayakan perangkat digital kalian.

3. Accept

Kalian pernah tidak menerima email dari orang yang tidak kalian kenal? Baik yang berupa iming-iming dapat hadiah, maupun  yang ceritanya orang luar negeri yang ingin menitipkan dana ke kalian dengan iming-iming dapat beberapa persen dari dana yang dititipkan? 

Kalau tidak percaya, coba deh kalian buka spam di email kalian, sebagian besar pasti ada dapat email seperti itu

Belakangan marak sekali email maupun chat dari aplikasi media sosial yang dampaknya merugikan banyak orang. Jadi jangan sekali-sekali kalian memberikan informasi pribadi kalian ke orang yang tidak kalian kenal, seperti nama lengkap, alamat rumah, dan apapun yang menyangkut identitas diri kalian.

4. Reliable

Kalian pasti pernah menemui artikel yang terlihat sangat meyakinkan dari judulnya, namun setelah isi artikelnya ditelusuri lebih lanjut, ternyata informasi yang ada di artikel tersebut informasinya tidak benar.

Perlu kalian ingat, kalian harus memeriksa suatu informasi yang kalian temukan dan kalian baca di media sosial maupun di pencarian internet, karena semua yang beredar tidak selalu benar. Apalagi sampai termakan informasi hoaks.

5. Tell

Pernah tidak, saat kalian memposting sesuatu, eh ada orang yang berkomentar negatif, bahkan cenderung membully kalian?

Nah, jika kalian merasa tidak nyaman ataupun khawatir dengan hal tersebut, kalian bisa memberi tahu orang terdekat kalian seperti orang tua, teman maupun pasangan, supaya kalian bisa menemukan solusi ataupun supaya perasaan kalian juga lebih lega.

Kalian sudah siap menjadi bagian dari Generasi Cakap Digital? IndiHome bisa menjadi sahabat kalian untuk mencari informasi, melakukan transaksi digital, dan menambah penghasilan di dunia online menggunakan wifi rumah. 

Ditambah, IndiHome adalah bagian dari Telkom Group yang jangkauannya sudah luas sekali. Kerennya, mereka ada fitur Internet Positif yang membantu kalian mengakses internet dengan aman dan nyaman.

Penting nih bagi kalian untuk berlaku bijak dalam menggunakan layanan internet dari IndiHome, yaitu menjaga kerahasiaan data pribadi kalian, berhati-hati dalam membagikan link, serta memfilter apa-apa yang selayaknya diposting di media sosial. 

Sekian dulu tips dari aku. Semoga tips ini akan membantu kalian untuk aman dan nyaman berselancar di internet ya. 


Post a Comment for "Tips dan Trik Menjadi Generasi Cakap Digital"