Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Radio HT Agar Tetap Awet an Bikin Komunikasi Nyambung Terus

Konten [Tampil]

Radio HT PNG

Pada saat ada acara besar seperti pertandingan sepak bola, konser musik, agenda hajatan besar, atau ada acara keagamaan yang sifatnya mengundang dan menghadirkan orang banyak biasanya penjaganya bakal dibekali dengan sebuah alat komunikasi seperti handphone.

Tetapi Alat komunikasi yang satu ini tidak menggunakan pulsa seperti layaknya telepon genggam, sehingga dapat menghemat biaya operasional suatu acara, Alat komunikasi ini dikenal dengan nama radio Talky. atau radio HT. Ada juga yang menyebut alat ini dengan sebutan walky talky.

Alat ini sangat bermanfaat untuk melakukan komunikasi dalam jarak tertentu , karena tidak menggunakan pulsa dan hanya menggunakan gelombang sinyal yang dipantulkan dari pemancar ( antena ) Ht itu sendiri.

HT Memiliki tugas dan fungsi utama yang tak bisa tergantikan dengan alat komunikasi lain, karena sistem Komunikasi pada radio HT menggunakan One - To - Many yang memungkinkan bisa berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.

Informasi yang masuk ke HT dapat didengar oleh seluruh pihak yang memantaunya, sehingga gampang saja melakukan koordinasi mobile tema dengan cara serentak, momen organizer, field officer, security, tim sar atau bisa juga digunakan para pengguna Konvoi kenderaan, Seluruhnya memanfaatkan segi yang praktis.

Perbedaan antara Radio HT dan Walky Talky

Radio HT dan walky Talky merupakan sama- sama alat komunikasi yang menggunakan Frekuensi radio sebagai medium nya untuk melakukan komunikasi, Radio HT dan walky Talky memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antaranya sebagai berikut :

1. Untuk menggunakan Ht anda perlu meminta izin terlebih dahulu, sementara itu alat komunikasi walky talky tidak perlu meminta izin, jadi anda bisa langsung menggunakannya saja.

2. Jangkauan Frekuensi Radio HT lebih bebas dan jauh lebih besar daripada jangkauan radio walky talky.

3. HT dapat menempuh jarak 2 mil hingga 12 Mil. sedangkan frekuensi dapat menempuh jarak 0,5 kilometer hingga 2, 5 Kilometer jaraknya sedikit lebih pendek dari HT.

Frekuensi Radio HT

Ada dua jenis Frekuensi yang dapat kita gunakan pada saat mengoperasikan Radio HT yaitu Frekuensi VHF ( Very High Frequency ) dan UHF ( Ultra High Frequency ) yang mungkin bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dan menyambungkan jaringan radio HT.

VHF ( Very High Frequency ) adalah salah satu frekuensi radio HT yang memiliki jangkauan pancar yang jauh lebih luas, lebih jauh dan lebih luas daripada pancar UHF dengan tingkat frekuensi antara 136MHz Hingga 174MHz.

Meskipun demikian, frekuensi radio HT ini tidak dapat berfungsi dengan baik jika anda menggunakannya di tempat yang banyak sekali penghalangnya, seperti gedung bertingkat, dinding dan pepohonan. karena sinyal dan frekuensinya bakal terganggu.

UHF (Ultra High Frequency)

UHF (Ultra High Frequency) adalah Frekuensi radio HT yang dapat berfungsi dengan baik dan dapat menembus berbagai macam penghalang, frekuensi ini bisa menembus gedung bertingkat, dinding, tebing atau pepohonan dengan tingkat frekuensi antara 330MHz hingga 400 MHz, ada juga UHF dengan tingkat Frekuensi antara 400 MHz hingga 500 MHz, bahkan lebih, biasanya alat komunikasi ini digunakan oleh orang-orang pemerintahan karena alat ini membutuhkan perizinan khusus terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Radio HT

Radio HT pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, sebagaimana alat komunikasi lain, Lantas apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari Radio HT itu sendiri.

Kelebihan Radio HT

Pada acara-acara tertentu seperti even besar, setiap panitia acara bakal lebih memilih untuk menggunakan radio HT. Semua itu karena alat komunikasi ini memiliki kelebihan yang bisa mereka manfaatkan untuk membantu menyelesaikan acara kegiatan berjalan dengan lancar.

1. Dapat terhubung dan berkomunikasi dengan banyak orang dalam jumlah banyak.

2. Minim gangguan

3. Mudah dibawa kemana saja, karena ukurannya yang cukup kecil.

4. Tersedia dalam berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti radio Ht untuk jarak dekat dan bisa digunakan dengan jarak jauh.

5.   Frekuensi yang sering digunakan akan tersimpan dalam sebuah memori

6. Orang yang menggunakan radio HT dapat memilih frekuensi radio yang di inginkan dan dapat disamakan dengan radio HT Lainnya.

7. Radio Ht dapat melacak frekuensi Radio

8. Untuk mengoperasikannya kia tak butuh nomor telepon yang dapat dihubungi.

9. Praktis, hemat karena tidak memerlukan pulsa untuk mengoperasikannya.

10.Memudahkan untuk bekerja dan berkomunikasi, terutama oleh orang - orang yang menjadi panitia dalam sebuah acara, tim SAR, Polisi dan Security.

11. Jangkauan radio HT sangat luas, sehingga dapat digunakan hingga jarak kurang lebih 2 Kilometer.

12. Radio HT dilengkapi dengan baterai yang dapat bertahan lama sekali.

13. Untuk memiliki Radio HT, Kita tidak perlu membayar  karena harganya relatif murah.

14. Dapat digunakan untuk memantau keadaan darurat, menginformasikan keadaan darurat secepat kilat, seperti kebakaran, bencana alam, cuaca ekstrim dan lain sebagainya.

Kekurangan Penggunaan Radio HT

Adapun kekurangan dari penggunaan radio HT ini sendiri pun juga ada, karena setiap penggunaan elektronik pasti memiliki kekurangan sebagai berikut :

1. Radio HT tidak bisa berkomunikasi hanya dengan 1 orang saja

2. Hanya memiliki fitur radio dan fitur untuk berkomunikasi

3. Saat berbicara harus bersikap pelan dan jelas

4.Lebih berat dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan smartphone.

5. Terkadang, ada beberapa suara yang dihasilkan tidak jelas. Hal ini bergantung pada lokasi radio HT dan sinyal radio.

6. Ada beberapa keterbatasan saat penerimaan gelombang pada radio HT jenis tertentu. Speaker radio HT tidak sebaik speaker smartphone.

Cara Menggunakan HT dengan Baik

Cara menggunakan HT dengan baik dan benar, agar hal - hal yang disampaikan jelas dan dapat diterima orang yang tepat sesuai dengan tujuan maka anda harus memperhatikan beberapa aturan penggunaan HT sebagai berikut:

1. Atur jarak Radio HT dan Mulut anda kurang lebih 2,5 Centimeter pada saat melakukan Komunikasi dengan kelompok pengguna HT.

2. Ingat radio HT dalam Posisi tegak

3. Tekan saja tombol PTT Selama kurang lebih 2 detik, kemudian anda bisa berbicara, gunakan bahasa yang sopan, karena anda berbicara bisa didengar pengguna HT yang lain.

4. Setelah selesai berbicara kemudian anda melepas tombol PTT Tersebut untuk menghentikan pembicaraan.

5. Berkomunikasilah secara bergantian dan harus tertib agar tidak terjadi tabrakan komunikasi, dahulukan hal-hal yang dianggap begitu penting.

6. Hindari penyebutan nama, senioritas, atau jabatan penting pada saat berkomunikasi

7. Gunakan Callsign, atau kode panggilan tertentu yang sudah disepakati, untuk menjaga rahasia identitas.

8. Berbicaralah dengan jelas dan padat, singkat, hindari bicara panjang apalagi sampai curhat pada saat menggunakan HT.

9. Berbicaralah dengan irama  yang baik dan dalam keadaan yang sedang.

10. Ulangi atau eja kata-kata yang dianggap meragukan agar tidak terjadinya miskomunikasi.

11. Biasakan untuk menggunakan callsign, atau kode rahasia panggilan dalam pengoperasian radio HT ini.

12. Melakukan panggilan ini maksimal 3 kali saja.

Cara Memanggil Menggunakan Radio HT

Tunggulah kurang lebih selama 5 detik, jika panggilan pertama tidak ada yang menjawab, setelah itu  lakukan lah panggilan kembali.

Jika pada saat anda menunggu jawaban dilarang melakukan panggilan dari stasiun lain.

Hentikanlah jika sudah melakukan panggilan selama 4 sampai 5 kali panggilan sehingga anda masih tidak mendapat jawaban, beri kesempatan pada stasiun lain untuk berkomunikasi.

Cari tahu keberadaan atau informasi dari stasiun yang dipanggil, tetapi tidak memberikan jawaban tadi dengan menggunakan alat komunikasi yang lain.

Ulangi pemanggilan anda jika tidak ada lagi alat komunikasi lain, Ulangi beberapa kali saja jangan keseringan.

Siapa tahu signal nya tidak sampai karena terhalang bangunan sehingga panggilan anda tidak terjawab.

Cara menjawab Panggilan HT

Radio HT menjadi salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan oleh para panitia acara yang terlibat dalam suatu acara, sehingga alat komunikasi ini sangat penting sekali.

Untuk menjawab beberapa panggilan HT maka anda harus memperhatikan tips berikut :

Segera berikan jawaban anda pada saat mendengar ada panggilan di radio HT yang digunakan.

Berikan jawaban secara sopan dan singkat.

Cara merawat Radio HT

Untuk memberikan perawatan pada radio HT maka perlu diperhatikan kebersihannya, maupun peralatannya harus benar - benar dengan sepenuh hati lantas anda harus melakukan seperti tips di bawah ini :

Hindari Terkena air 

Air memang menjadi penghantar listrik yang sangat baik , Jika ingin radio Ht anda awet dan bertahan lama, maka hindari radio HT dari air, bahkan dari cipratan air sekalipun harus dihindari juga.

Tempat yang lembab pun Harus diHindari

Untuk menghindari kelembaban, simpanlah radio HT di tempat yang teduh dan kering, Dapat juga anda menyimpannya dalam sebuah kotak khusus dengan memasukkan gel silika yang dapat menyerap kelembaban. Sehingga Radio HT menjadi awet dan bertahan lama.

Rawat radio HT secara Berkala

Merawat radio HT secara berkala, dapat anda lakukan dengan melepaskan aksesoris dan menyimpannya dalam wadah atau tempat masing-masing, jika sudah lama tidak digunakan. Aktifkan selalu alat komunikasi ini setiap 2 minggu sekali, cocokkan kondisi baterai, uni radio HT dan antena.

Post a Comment for "Cara Merawat Radio HT Agar Tetap Awet an Bikin Komunikasi Nyambung Terus"