Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beginilah Contoh Bisnis Model Canvas dan Cara Pembuatannya

Konten [Tampil]

Template BMC Canvas terbaru

Bisnis Model canvas adalah sebuah alat representasi visual yang dapat menjelaskan secara komprehensif bagaimana sebuah proses bisnis itu terjadi. Dengan Sistem Model Canvas ini, anda bisa memahami sebuah bisnis secara garis besarnya dulu tanpa harus membuat dokumen bisnis dengan catatan yang panjang Lebar.

Dengan Bisnis Model Canvas inilah ide - ide awal bisa dituangkan, melakukan beberapa riset dan perencanaan agar, bisnis jalan kedepannya.

Mengenal Bisnis Model Canvas Seperti Apa.

Business Model Canvas ini terdiri dari 9 Pilar utama yang merangkum proses Bisnis, mulai dari Value perusahaan, Segmen pelanggan hingga Struktur finansial. Dengan sistem susunan yang rapi dan bagus.

Kesembilan Blok ini, sebenarnya sudah di lakukan validasi apakah dalam satu ide bisnis itu sudah potensial atau tidak. Jika Kerangka awal bisnis menunjukkan kedepannya belum dirasa potensial maka anda bisa melakukan tindakan perbaikan bagaimana agar bisnis nya berjalan dengan lancar.

Dikarenakan membuat bisnis Model Canvas, merupakan proses yang paling awal dan biasanya diperlukan seorang pengusaha pemula, maka anda harus memperhatikan bagaimana caranya untuk membuat bisnis model canvas yang baik.

Jawaban sederhananya tentu saja dengan cara banyak berlatih membuat model bisnis canvas, cara lain yang lebih efektif adalah dengan memahami secara mendalam setiap Elemen dari BMC Tersebut. Lantas anda sebenarnya harus mengetahui langkah untuk menyusun Bisnis Model Canvas tersebut.

Berikut ini beberapa elemen yang disusun untuk membuat BMC :

1. Customer Segments

Bagian ini akan menjelaskan kepada anda siapa pelanggan yang berpotensial dari produk anda, Bisa juga berisikan profil orang yang memiliki masalah dan harus segera diselesaikan dengan bisnis yang anda Bangun. 

Contohnya seperti ini, jika suatu daerah mengalami masalah sinyal internet lemah, maka sebagai pebisnis anda harus membaca peluang jika solusi utama yang mereka perlukan adalah sinyal Internet. Solusinya anda bisa bekerja sama dengan pihak penyedia layanan signal untuk memasang tower jaringan internet yang mana benefit nya nanti mereka bayar beli Kuota dengan sebuah layanan anda dan anda pun dapat untung dari pembelian kuota dari penduduk tadi.

Untuk model bisnis e commerce yang berkembang sekarang, Customer segment mencakup si penjual barang dan pembeli, Untuk lebih jelas mengenali si pelanggan, ada baiknya anda perlu belajar apa itu Buyer Personal.

2. Value Propositions

Blok ini berisikan tentang nilai tambah yang akan membuat bisnis anda terlihat sangat menarik dan berbeda dengan bisnis lainnya.  Biasanya berupa solusi atau Inovasi yang anda tawarkan dan menjadi keunggulan utama sebuah perusahaan.

3. Channel 

Channel adalah sebuah media bisnis yang bisa anda Gunakan untuk men deliver solusi yang anda tawarkan hingga sampai kepada Konsumen. Channel ini bisa berupa website, Online Advertisement, berupa sebuah aplikasi bahkan seorang sales person pun bisa.

Misalnya untuk menyampaikan pesan yang lebih mendalam anda bisa menggunakan platform Youtube buat mendukung Pesan dan kesan mengenai bisnis anda, Strategi marketing anda harus diuji skillnya dengan mengikuti trend dan perkembangan zaman.

4.Customer Relationships

Jika channel lebih banyak menjangkau orang yang belum banyak tahu tentang produk perusahaan anda, Maka Customer Relationships itu kebalikannya, anda harus tahu bagaimana cara bisnis dan agar bisa terus berhubungan dengan pelanggan. Bentuknya bisa sangat beragam, bisa dengan cara newsletter, kirim layanan after sales, Pesan berlangganan, dan Sejenisnya.

5.Revenue Streams

Pada kedua Blok bagian bawah  ( Cost and Revenue ) anda perlu menjabarkan struktur finansial dari sebuah perusahaan, dibagian Revenue, Tentu anda perlu menuliskan produk / Jasa apa saja yang dapat memberikan pemasukan. dan kembalinya pelanggan nanti bakal kena dampak baiknya.

6. Key activities

Blok yang menjelaskan bagian bagaimana anda bisa menciptakan Value Proposition perusahaan, Jika bisnis anda Adalah product Based, maka inovasi Teknologi dalam proses pembuatan produk bisa menjadi salah satu key activities.

7. Key Resources

Merupakan sumber daya utama, Kolom yang menjelaskan aset strategis perusahaan, Aset ini berupa bahan baku produk, Infrastruktur yang diperlukan atau semacamnya, banyak faktor kebutuhan sih sebenarnya dalam kolom key Resources ini.

8. Key Partnerships

Tidak ada bisnis besar yang berjalan sendiri, dalam menjalankan sebuah aktivitas bisnis, tentu saja kita bakal membutuhkan mitra, nah disinilah merupakan tempat kita memasukkan mitra strategis yang kita miliki, dalam Konteks bisnis mitra bisa berupa supplier, Vendor, agensi dan sejenisnya.

9. Cost Structure

Pada bagian terakhir ini, kita yang harus menentukan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan keseluruhan aktivitas bisnis, Untuk mempermudah Struktur biaya dapat diisi berdasarkan isian pada Kolom Key activities, key resources dan channel.

Contoh Bisnis Model Canvas Bisnis Makanan Lengkap 

Jika anda ingin melihat bagaimana contoh Kanvas Bisnis Makanan secara lengkap, Coba perhatikan BMC di bawah ini :

Canvas BMC Makanan Terbaru

Jika anda kesulitan dalam membuat BMC maka ada beberapa metode lain yang bisa anda gunakan untuk membuat daftar pertanyaan, Jawaban dari setiap pertanyaan itulah harus diisi dari setiap elemen Business Model Canvas, Lantas Beberapa pertanyaan itu bisa mengisi masing - masing kolom.

1. Customer Segment : Isiannya menanyakan siapa yang akan membeli produk anda, siapa yang mau membayar anda, Jika pakai metode ini maka menyusun BMC bakal lebih mudah.

2. Value Proposition : Berisi mengenai mengapa orang memilih menggunakan produk / jasa kita, jadi anda sebisa mungkin menarik minat pelanggan dengan menuliskan dan mengulas produk atau jasa anda. Apa keunggulan bisnis anda dibandingkan kompetitor yang lain dan apa yang paling menarik dari model bisnis anda tersebut.

3. Channels : Berisi bagaimana cara pelanggan dapat mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan, bagaimana produk atau jasa bisa sampai ke tangan pelanggan apakah ada cara yang lebih efektif?

4. Customer Relationship : Bagaimana cara anda untuk selalu connect dengan pelanggan, Bagaimana anda memastikan pelanggan puas setelah menggunakan produk atau jasa anda.

5. Revenue Streams : Untuk mengetahui bagaimana cara bisnis anda menghasilkan uang, apa saja produk yang anda jual. anda bisa mengisinya dengan ini.

6. Key Activities : Apa saja kegiatan yang anda lakukan untuk menciptakan value proposition, apa strategi bisnis anda lakukan sehingga target perusahaan tercapai, itu sebenarnya isi dari key activities ini.

7. Key Resources : Merupakan kolom yang berisi apa sumber daya utama yang anda miliki untuk mendapatkan dan menjalankan bisnis anda, Asset apa saja yang anda butuhkan untuk dapat bersaing dengan bisnis serupa.

8.Key partnerships : Siapa yang dapat mengerjakan hal-hal yang anda butuhkan, perusahaan di luar key activities nya, siapa pihak supplier / vendor yang paling menentukan kesuksesan perusahaan anda.

9.Cost Structures : Pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan model bisnis ini, Komponen biaya apa saja sih yang dibutuhkan pada setiap elemen key activities, key resources dan channel..?

Itulah beberapa penjelasan mengenai template model canvas, yang mana template ini berguna sekali bagi anda yang pengen membangun perusahaan, usaha baik yang bergerak di bidang produk atau jasa.

Post a Comment for "Beginilah Contoh Bisnis Model Canvas dan Cara Pembuatannya"