Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Mengurangi Penggunaan Media Sosial

Konten [Tampil]

cara mengatasi kecanduan sosial media

Media sosial sekarang ini seperti salah satu hal yang candu, dan selalu pengen di buka, di ulik dan penasaran segala bentuk informasi yang beredar di media sosial itu. 

Pengguna media sosial di dunia seiring hari seiring bertambah, Khususnya di Indonesia, pengguna media sosial terus bertambah pada setiap harinya. Beragam jenis informasi sebenarnya bisa anda dapatkan melalui media sosial.

Baik informasi mengenai peristiwa yang sedang terjadi, peristiwa kejadian yang telah lewat, chattingan dan melakukan komunikasi antar teman dan sahabat yang jauh, bisa berkomunikasi dengan kerabat yang jauh dan lain hal sebagainya.

Media sosial hadir di kalangan kita, sebenarnya bermaksud baik dan memiliki tujuan yang baik, Mengirim kabar melalui media sosial pun sangat cepat menyebar, pun begitu juga dengan berita hoax atau berita bohong.

Banyaknya berita bohong dan berita yang tidak jelas, menjadi alasan tersendiri mengapa anda perlu mempelajari pola medsos itu. Misalnya minimal tahu bagaimana caranya menyaring berita atau informasi yang benar keasliannya.

Jika anda tak bisa menyaring berita hoax dan semacamnya maka saya khawatir anda bakal terjerumus kedalam informasi yang salah, dan menyebarkannya ke orang lain, maka anda sudah melanggar undang undang IT dengan menyebarkan berita Hoax tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya anda harus buat salah satu program sih, Misalnya berusaha mengurangi penggunaan media sosial, agar bisa menghasilkan bicara yang berkualitas antara sesama kawan, pasangan dan orang tua.

Lantas beberapa tips di bawah ini mungkin bisa anda lakukan agar bisa mengurangi penggunaan Media Sosial, Berikut ini tips nya :

Buka Media Sosial Via Browser

Siapa yang disini suka membuka media sosial via browser, tanpa harus langsung membukanya menggunakan aplikasi media sosial itu sendiri. Membuka media sosial menggunakan browser merupakan hal yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengurangi penggunaan media sosial.

Membuka media sosial menggunakan browser atau peramban, yang ada di smartphone dan Pc bisa anda lakukan dengan memasukkan link-link media sosial itu sendiri.

Jika situs atau link media sosial yang dibuka menggunakan browser sudah terbuka, maka login menggunakan akun media sosial yang anda miliki, Login layaknya anda menggunakan aplikasi media sosial itu sendiri.

Membuka media sosial menggunakan peramban atau browser, dapat mengurangi kecanduan anda dari media sosial yang digunakan, hal ini karena media sosial yang dibuka menggunakan browser lebih berat bawaannya ketimbang menggunakan aplikasi langsung.

Akibat dari perubahan pola mindset, yang asalnya lancar membuka media sosial, lalu terasa berat pas membukanya melalui website, perlahan anda harus bisa mempertahanan cara ini. Jangan instal aplikasi media sosial langsung di handphone anda, Bukalah media sosial tersebut hanya menggunakan browser yang ada di handphone dan pc anda.

Untuk saat ini media sosial yang bisa anda buka menggunakan browser adalah, instagram, facebook, twitter fan Tiktok. bahkan banyak lagi media sosial yang belum sempat terdata 

Uninstall Aplikasi Media Sosial

Jika anda pengen juga menggunakan handphone tanpa memainkan media sosial, maka anda bisa uninstall, atau menghapus media sosial yang ada di handphone anda, Mungkin cara ini merupakan salah satu cara anda mengurangi penggunaan media sosial.

Dengan melakukan uninstall Aplikasi media sosial, maka secara tidak langsung anda telah berusaha menghindari dan mengurangi penggunaan media sosial itu sendiri.

Karena apabila ada aplikasi media sosial yang masih terinstal di android atau IOS anda, maka secara tidak langsung anda selalu pengen kepo dan ingin membukanya.

Matikan Notifikasi

Salah satu yang bisa membuat kita penasaran adalah " Notifikasi" atau nada alarm pemberitahuan jika ada informasi terbaru yang masuk ke handphone anda. Biasanya notifikasi ini berasal dari salah satu aplikasi yang terinstal di handphone anda.

Bisa dari google berita, bisa dari media sosial yang terinstal di handphone yang anda Miliki, Jika Google chrome atau peramban google bawaan Android, Notifikasi ini muncul akibat dari kita menginstal berbagai macam aplikasi, misalnya seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. Apabila Notifikasinya tidak dihentikan atau diatasi maka pada saat ada informasi yang baru bakal muncul lagi.

Mencari Kegiatan di dunia Nyata

Mencari kesibukan dan pekerjaan di dunia nyata adalah salah satu kegiatan yang dianjurkan. Ketimbang anda bermain media sosial dan membuat komentar yang tidak jelas, Lebih baik mencari kesibukan di luar, karena lebih berfaedah dan dapat mengurangi anda bermain media sosial.

Misalnya mencari teman didunia nyata pada sebuah perkumpulan komunitas, perkumpulan hal - hal yang positif, pemuda yang membangun desa atau pelatihan - pelatihan offline yang bisa mengembangkan bakat dan skill anda.

Perkumpulan offline ini lebih penting daripada anda harus uring-uringan di rumah dan memainkan media sosial secara tidak jelas. Hal ini bisa mematikan sosial anda dalam bermasyarakat. dan media sosial secara perlahan bisa mematikan moral anda secara perlahan apabila digunakan terus menerus.

Gunakan Focus Mode Untuk Aplikasi Samsung

fitur focos mode pada handphone samsung

Jika anda pengguna setia hanphone samsung, maka anda bisa menggunakan fitur focus mode, Fitur ini digunakan untuk membuka aplikasi khusus saja, dan bisa menyembunyikan beberapa aplikasi yang tidak seharusnya anda pakai pada saat kerja atau pada saat santai.

Dengan fitur Focus Mode ini maka anda bisa meminimalisir penggunaan media sosial, karena ada beberapa aplikasi yang bisa dihentikan apabila tidak dipakai, atau ada beberapa aplikasi yang bisa berhenti beberapa saat setelah anda sudah memakainya dalam beberapa waktu.

Hal ini bisa membantu anda tetap fokus pada sebuah aplikasi yang berguna, tidak ada pemberitahuan dari aplikasi - aplikasi lain yang mungkin bisa menyebabkan tersebarnya informasi bohong atau Hoax yang tidak jelas sama sekali.

Sebenarnya untuk mengurangi penggunaan media sosial tergantung pada diri anda sendiri, tergantung pada kontrol dalam diri anda, mungkin anda harus memperhatikan pentingnya dalam membatasi waktu dalam menggunakan media sosial, karena apabila anda terus terusan bermaian dan candu dalam bermain media sosial, takutnya anda sulit berinteraksi di dunia nyata.

Post a Comment for "Tips Ampuh Mengurangi Penggunaan Media Sosial "