Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mudah Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Bermanfaat

Konten [Tampil]

cara mengelola sampah non organic

Setiap orang di dunia paling tidak telah menghasilkan 5 sampah pada setiap harinya. Baik sampah Organik maupun Non Organik. Sampah Ini akan selalu menumpuk hingga menyebar kemana-mana.

Bahkan sampah - sampah yang kian menumpuk, kadang kita biarkan begitu saja, sampai ada tukang sampah yang mengambilnya, atau lapuk dimakan usia dan busuk di telan bumi, hingga kita tidak menyadari jika ada nilai manfaat yang besar terhadap sampah-sampah itu.

Hal yang paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari pada saat melihat sampah terlihat cepat menumpuk adalah sisa dari sampah rumah tangga. sampah ini didominasi plastik dan tidak mudah hancur dimakan usia.

Sampah Plastik yang berasal dari sampah rumah tangga, merupakan bahan yang sangat kuat. Hingga apabila dibuang sembarangan di tanah, tanpa diolah atau di daur ulang, maka sampah plastik ini bisa bertahan hingga ratusan tahun pun tetap saja utuh dan tidak hancur.

Kebanyakan sampah rumah tangga juga bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan, pencemaran air sungai dan laut, serta rusaknya tanah akibat dari sampah plastik tersebut.

Kendati demikian, Era modern ini. Sampah - sampah rumah tangga semakin hari semakin meningkat jumlah nya. Hal ini dapat mengakibatkan semakin cepatnya kerusakan lingkungan apabila tidak ditangani dengan cepat.

Oleh karena itu pengolahan sampah rumah tangga menjadi manfaat serta sampah - sampah yang dikelola bisa di daur ulang sangat perlu sekali dilakukan di era sekarang.

Sebagai gambaran, untuk pengolahan sampah rumah tangga. Bisa anda lakukan di rumah secara mandiri. Hal ini untuk memberikan nilai manfaat kepada sampah, didaur ulang dan dimanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri maupun orang banyak.

Cara Memilih Sampah Rumah Tangga 

Sebelum mengolah sampah rumah tangga, anda harus memilih dulu mana sampah yang perlu di daur ulang, mana sampah yang tidak perlu di daur ulang. Hal ini untuk memudahkan anda dalam proses pengolahan sampah rumah tangga menjadi manfaat.

a. Pisahkan sampah Organik dan Non Organik

Sampah yang masuk dalam kategori Organik Harus dipisahkan dari sampah yang Non Organik ( Plastik dll ). Hal ini guna memudahkan anda untuk mengelola sampah dengan baik.

Sampah Organik adalah sampah yang sangat cepat terurai di alam. Karena di berasal dari tumbuhan dan sayuran. Sedangkan sampah Non Organik, dia sangat lambat sekali terurai di alam, kebanyakan nya sih Plastik.

b. Memilih antara sampah plastik, kertas, beling, elektronik dan kaleng

Sama merupakan sampah yang tidak cepat terurai di permukaan bumi, sampah - sampah Rumah tangga ini harus dikelompokkan dulu berdasarkan jenisnya. Karena sampah yang berasal dari kaleng, beling itu bisa anda pilih sesuai dengan kelompok masing masing.

Setelah anda memilih sampah Organik dan Non Organik, maka selanjutnya sampah itu diOlah atau di daur ulang dengan cara yang berbeda-beda tiap jenisnya. Bahkan peruntukan atau keperluannya pun nanti akan berbeda pula.

Cara Mengolah Sampah  Rumah Tangga dengan Benar

Pengolahan sampah rumah tangga, dengan tujuan agar bisa di daur ulang / memanfaatkan kembali sampah rumah tangga menjadi bahan yang berguna. Merupakan salah satu misi untuk membuat negri ini menjadi lebih sehat, hijau dan tanpa sampah, cara pengolahannya bermacam-macam :

Olah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

sampah organic alami

Cara memilih dan memilah sampah organik dari sampah non Organik sangat simple sekali. Biasanya sampah sisa makanan, dan dedaunan akan di pisah dengan sampah sisa tulang, cangkang telur, kertas dan ranting pohon. Karena sampah organik tersebut lebih lama terurainya.

Sedangkan sampah daun dan sisa sayur - sayuran yang ada di dapur dapat anda olah menjadi pupuk Kompos, atau bisa digunakan untuk pupuk tanaman. dengan adanya pengolahan pupuk menjadi kompos. Maka dapat dengan cepat menyuburkan tanaman.

Buat Menjadi Ecobrick

sampah ecobrick di daur ulang

Mungkin ini merupakan salah satu teknik yang jarang dilakukan oleh orang yang mengelola sampah apalagi bagi orang yang tidak pernah sama sekali mengelola sampah. 

Ecobrick merupakan teknik yang menggunakan Botol plastik yang telah diisi dengan limbah Non-biological untuk membuat blok bangunan yang nantinya bisa dipakai ulang.

Ecobrick merupakan cara terbaik untuk mengolah limbah plastik agar tidak berujung pada tempat pembuangan akhir. Dengan Membuat ecobrick anda telah Melakukan usaha untuk mencegah sampah-sampah yang ada di dalam botol plastik melepaskan CO2 ke udara.

Ecobrick bisa dimanfaatkan untuk membuat furniture modular, peralatan indoor dan dinding struktur serta lebih banyak lagi manfaatnya yang bisa anda gunakan.

Menerapkan Prinsip 3R

Salah satu prinsip yang harus konsisten apabila mengelola sampah adalah 3R yang terdiri dari Reuse ( Penggunaan Kembali ) , Reduce ( Mengurangi ) dan Recycle ( Mendaur Ulang ). 3R merupakan cara yang bisa anda terapkan dalam melakukan pemisahan sampah sesuai dengan jenisnya.

Sebagai contoh prinsip 3R anda jalankan dengan cara menggunakan botol plastik sebagai vas Bunga, Botol air mineral untuk hiasan dinding dan lain lain. sampai Prinsip 3R juga akan mengurangi berakhirnya sampah plastik yang terurai di tempat pembuangan akhir.

Berikan Minyak Jelantah ke Lembaga Pengolahan Minyak

Salah satu sampah rumah tangga adalah " Minyak Goreng ". Kebanyakannya minyak goreng ini akan menjadi sisa - sisa minyak penggorengan yang sudah tidak layak pakai lagi atau menjadi minyak jelantah.

Minyak Goreng ini merupakan limbah dapur atau rumah tangga yang sangat mencemari lingkungan. Dan tidak boleh dibuang di saluran air atau tanah. Sebab dapat menyebabkan kerusakan lingkungan sekitar.

Untuk memilah sampah atau limbah minyak, dengan cara yaitu kemas minyak jelantah yang sudah tidak terpakai tadi menggunakan kantong plastik, lalu anda bisa menyumbangkan minyakanya ke tempat lembaga  pengolahan minyak di kota anda.

Membuat Bank Sampah / Ide Bank Sampah

Mengolah sampah secara pribadi, salah satunya adalah dengan menggagas ide bank sampah, merupakan langkah yang tepat dalam percepatan pengelolaan sampah non organik.

Bank sampah biasanya lebih dominan mengumpulkan sampah plastik dan kertas untuk di daur ulang kembali. Sehingga dapat mengurangi sampah di rumah anda dan lingkungan sekitar.

Keuntungan dari bank sampah tidak hanya diperoleh oleh penggagas bank sampah itu sendiri, namun bagi nasabah yang telah menyetorkan sampah plastiknya, nasabah pun memperoleh uang ketika menyetorkan sampah - sampah ke bank sampah ini.

Memperpanjang Usia Bahan Makanan

Kemampuan memperpanjang usia bahan makanan bisa dilakukan oleh ibu-ibu di dapur masaknya. Tujuannya agar mengurangi sampah organik. Misalnya ada beberapa sayuran dan sisa makanan lain yang sudah lama namun masih bagus maka bisa di oleh bahan makanan ulang.

Misalnya ada tulang ayam atau sapi bisa dijadikan masakan kaldu yang lezat, Begitu juga batang sayur, kulit wortel dan bagian ujung atau bogor sayur di satukan dan di rebus dengan memberikan bumbu tambahan maka akan menjadi kaldu yang lezat.

Pemanfaatan bahan makanan ini dapat anda lakukan di rumah tangga. Lumayan dapat mengurangi sampah organik yang ujung - ujung nya akan menimbulkan bau karena telah membusuk.

Sadar Diri dan Mengurangi Penggunaan Sampah 

Setiap harinya sampah itu bisa sampai kiloan jika dikumpulkan mulai dari aktivitas pagi hingga sore hari. Padahal anda bisa mengurangi sampah dengan cara pengolahan mandiri. Mulailah mengurangi sampah sesuai dengan kemampuan.

Misalnya mulai dari mengurangi sampah makanan, dengan menghabiskan seluruh makanan yang sudah diambil. Mengurangi mengkonsumsi air mineral dalam  kemasan botol dan sebagai gantinya anda bisa membawa tumbler atau botol minum sendiri yang lebih praktis.

Mengurangi penggunaan sampah ini dapat menyelamatkan kehidupan di bumi. Hal ini harus dilakukan, karena harus dimulai dengan diri kita sendiri dulu baru orang lain.

Itulah beberapa tips mudah dalam pengelolaan sampah agar menjadi bermanfaat dan bisa mengurangi sampah di permukaan bumi, Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat buat kalian semuanya.

Post a Comment for "Tips Mudah Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Bermanfaat"