Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam – Macam Proses Dalam Pernikahan Yang Perlu Anda Ketahui

Konten [Tampil]

Macam - macam proses menikah

Mungkin semua orang yang sudah dewasa dan cukup umur tidak sabar lagi pengen menikah. Pernikahan Merupakan salah satu hal yang paling didambakan Oleh kaum muda-mudi .  Pernikahan juga merupakan salah satu proses atau momen bahagia pertemuan dua insan manusia.

Karena banyaknya muda-mudi yang pengen menikah, terlebih lagi jika umur mereka sudah terasa tua, atau ditinggal sendiri oleh para sahabat menikah. Maka proses pernikahan ini seakan akan menjadi ukuran kisah cinta seseorang.

Tak jarang mereka banyak yang asal menikah saja, tanpa harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenis acara yang  ada pada saat mereka menikah nanti.  Karena kebanyakan para calon pengantin tak tahu menahu masalah apa yang diperlukan dalam pernikahan. Selebihnya diserahkan kepada Team Wedding Organizer.

Sebenarnya untuk calon pengantin, sebelum kamu menikah. Ada kalanya harus mencari tahu apa apa yang diperlukan pada saat acara nanti. Paling tidak bisa memahami dari jenis pakaian, upacara, atau hiburan yang akan ditampilkan pada saat anda menikah nantinya.

Banyaknya proses pernikahan yang tak mungkin di handle sepenuhnya oleh wedding Organizer, membuat anda wajib ikut andil, mengenai rencana dan planning ke depan tentang persiapan pernikahan. Hal ini agar tidak menimbulkan kesalahpahaman antara Wedding organizer dan  Pengelola ( Pihak Pelaksana ).

Sebenarnya anda perlu mengetahui apa saja sih yang diperlukan pada saat menikah nanti, Jangan taunya pengen nikah aja tanpa harus mempersiapkan apa-apa.  Sebagai calon pengantin Paling tidak ada beberapa hal yang perlu anda ketahui Jika dalam pernikahan itu banyak proses yang diperlukan.

Lamaran

Lamaran proses nya

Mungkin ada istilah melamar, atau Lamaran. Proses ini merupakan proses awal menuju ke jenjang pernikahan. Proses Lamaran adalah proses mempertemukan kedua mempelai. Antara mempelai laki-laki dan mempelai perempuan. Biasanya proses lamaran ini mengundang orang –orang terdekat saja.

Baik keluarga terdekat atau sahabat terdekat. Proses lamaran di tandai dengan pemasangan dua pasangan. dan kesepakatan melangsungkan pernikahan bisa juga disusun di saat lamaran. Anda yang pengen lamaran siapkan budget yang sesuai di kantong dech. Karena proses lamaran ini biasanya keluar banyak uang lho. Tergantung dekorasi dan desain ruangan yang anda inginkan.

Kemudian Acara lamaran ini usahakan deh jangan terlalu banyak undangan. Karena kalian belum secara resmi menjadi sepasang suami istri. jadi usahakan undang keluarga dekat aja, karena prosesnya pun hanya sekedar memastikan perencanaan pernikahan. Setelah lamaran jangan lama-lama lagi menuju acara pernikahannya.

Seserahan

Siapa yang mendambakan seserahan nya barangnya branded semua.  Atau siapa yang pengen seserahannya Barang biasa-biasa saja. Proses seserahan ini biasanya terjadi pada akad nikah. Atau pada saat sang mempelai pria menyambangi mempelai wanita.

Seserahan yang baik adalah yang sesuai dengan budget kalian, Jangan memaksakan membeli isi seserahan yang mahal. Nanti jatuhnya tidak ikhlas, dan pernikahannya tidak berkah. Anda bisa mendiskusikannya dengan pasangan mau seperti apa seserahannya.

Usahakan yang kepake juga. Jangan beli seserahan, namun barangnya tidak bisa di pake. Kan jadi percuma. Karena esensinya barang yang ada pada seserahan kamu itu bakal digunakan di kehidupan sehari-hari pada saat kalian sudah sah menjadi suami istri. jadi bukan barang pajangan semata.

Mahar

Jika ingin menikah, tentukan mahar atau Tanya maharnya berapa kepada orang tua ( wali ) calon pengantin perempuan. Bisa juga kepada wali ( calon ) Pengantin pria. Karena setiap daerah uang mahar beda-beda.  Dan tidak setiap orang meminta mahar.

Sebaiknya jangan memberatkan di mahar. sesuai kemampuan lah, jangan bikin susah orang lain. Karena nanti cinta mereka bakal terhambat karena maharnya mahal. Jika anda orang tua yang bijak maka pikirkanlah baik-baik.

Apabila anda adalah pasangan yang pengen mendapatkan barokah, maka jangan ambil pusing masalah mahar. semampunya aja yang penting bisa menikah dan hidup bahagia. Serta cukup buat biaya kehidupan sehari-hari. Mahar ini biasanya atas dasar kesepakatan dua mempelai antara wanita dan pria.

Dekorasi

Dekorasi nya anda pikirkan atau bisa meminta list dekorasi yang sesuai dengan budget dan kantong keuangan anda. Jangan sampai dekorasinya mewah eh makanan jamuan undangan malah biasa – biasa saja.  Jadi perlunya konsultasi dengan tukang dekorasi adalah hal yang wajib anda lakukan.

Sesuaikan dengan budget dan keinginan anda. Jika ada yang lebih murah mengapa tidak, anda bisa memaksimalkan pengeluaran untuk acara pernikahan anda dengan mencoba mengambil paket wedding yang sesuai dengan budget yang telah direkomendasikan oleh para WO.

Jangan  mengambil paket dekorasi yang terlalu mewah, jika budget anda pas-pas an, maka ambillah paket dekorasi yang kiranya sesuai dengan pengeluaran dan kantong anda sendiri. Agar bisa di belikan ke makanan dan souvenir untuk tamu. terus Juga buat biaya cetak undangan kan belum.

Pedang Pora

Jika anda menikah dengan orang khusus, misalnya anggota TNI, Polisi atau jabatan penting lainnya di pemerintahan yang memungkinkan ada acara atau upacara adat, Maka boleh boleh saja melakukannya semasih itu dalam kemampuan dan memang sesuai dengan jabatan sang calon pengantin.

Sebenarnya upacara tradisi pedang pora ini adalah  suatu perayaan pernikahan yang dilaksanakan dalam rangka melepas masa lajang anggota TNI dengan diiringi rangkaian pedang berbentuk gapura dari hunusan pedang rekan-rekan atau adik angkatan, jadi pedang pora ini upacaranya biasanya pada saat sang pengantin berjalan menuju pelaminan.

Banyak ragam pernikahan yang mungkin saja kita belum tahu, tiap daerah juga beda-beda. Bahkan antara provinsi A dengan Provinsi B adat pernikahan, segi pemberian mahar dan juga dari persiapan pernikahan itu sudah berbeda. Jadi jangan heran ada yang memberi mahar mahal, ada juga yang memberi mahar murah, semua itu tergantung daerah masing masing.

Esensi akhirnya, pernikahan adalah suatu jenjang yang harus anda tempuh dan lalui, pernikahan adalah jalan yang sah dalam mempersatukan dua insan manusia yang berbeda dan saling mencintai. Yuk yang belum menikah segera lah menikah dengan orang yang sesuai dengan pilihan anda.

Post a Comment for "Macam – Macam Proses Dalam Pernikahan Yang Perlu Anda Ketahui"