Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Postingan Terbaru Pada Grup Facebook

Konten [Tampil]

cara melihat postingan terbaru facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digemari oleh orang tua, anak-anak hingga orang dewasa pun sangat gemar bermain facebook. bahkan facebook ini menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai sumber.

Karena media sosial maka siapapun patut memberikan informasi yang dirasa penting dan bisa dinikmati oleh publik dengan berharap agar postingan kita tersebut dilihat oleh publik kemudian menjadi sebuah postingan yang viral.

Facebook menyediakan berbagai macam informasi terbaru, biasanya agar mendapatkan berita terhangat di suatu daerah atau sebuah peristiwa yang mungkin bisa dijadikan bahan berita pada suatu daerah maka anda harus masuk ke ruang grup informasi yang menyediakan dan memberikan sebuah peristiwa atau kejadian pada daerah itu.

Karena grup yang bernuansa peristiwa akan ramai sekali dikunjungi oleh orang - orang yang menggunakan facebook dan mereka ingin mengetahui informasi lanjutan suatu peristiwa itu.

Grup Facebook Khusus Peristiwa daerah

Biasanya grup - grup khusus peristiwa ini akan membagikan berbagai macam kejadian yang ada di dunia nyata secara real kepada para anggotanya. Grup ini memberikan sebuah informasi pertama sebelum masuk ke media massa ( koran, surat kabar dll )

Kadang informasi yang ada di grup-grup peristiwa dan kejadian di facebook sangat penting untuk disimak, Judul atau tajuk grup nya pun kadang beda -beda tiap daerah nya, Jika di kalimantan selatan dan nama grup " habar banua 6 " dan ada nama lain.

Grup ini sangat penting dan biasanya ada disediakan tiap daerah yang tujuannya untuk berbagi informasi dan kejadian di sekitar anggota grup tersebut, dan biasanya akan dikelola oleh beberapa admin dalam satu grup.

Mencari Postingan Peristiwa di grup

Bahkan kita sering kali mendapatkan dan mencari sebuah postingan di grup kejadian atau peristiwa sebelum mempercayai berita yang beredar di koran dan televisi, karena kadang informasi peristiwa di media sosial ini lebih valid karena ada komentar dan orang yang mengabarkan merupakan orang yang dekat dengan kejadian itu.

Oleh karena itu pentingnya kita mencari sebuah grup facebook yang memuat berbagai macam peristiwa dan isu daerah kita sendiri. tujuannya agar kita tidak ketinggalan informasi yang beredar di masyarakat dan menghindari penyebaran atau mempercayai berita bohong.

Sebuah Grup yang memiliki anggota hingga ratusan ribu bahkan sampai jutaan anggota dalamnya akan memberikan update informasi lebih cepat ketimbang grup fb yang anggotanya hanya puluhan ribu atau ratusan orang saja.

Namun berita Hoax yang ada di grup grup besar pun kadang banyak berkeliaran, bahkan kita tak mampu membendungnya dan kadang kita juga ikut termakan isu berita bohong tersebut, hal inilah yang membuat anda harus hati-hati menerima informasi dalam bermedia sosial.

Memilih dan memilah informasi yang dirasa benar harus diperhatikan dulu tanggal postingnya, siapa yang memposting dan kejadiannya di mana. kadang banyak postingan yang menggemparkan jagat maya, namun orang yang memposting tidak ada identitas lah, atau alamat si pemosting tidak jelas lah.

Perlunya menyaring informasi dalam grup facebook menjadi tantangan tersendiri di masa era digital ini, salah satunya adalah dengan memberikan filter dan benteng terhadap diri sendiri agar tidak termakan berita Bohong.

Filter Postingan  Grup  Facebook dengan Cara Melihat Kiriman berdasarkan Waktu

Melihat Postingan terbaru di facebook, anda jangan langsung percaya, karena di zaman sekarang ini ada pasukan yang mungkin sengaja diciptakan untuk membuat berita bohong, agar rakyat diadu domba dan menimbulkan permusuhan.

Cara yang paling baik adalah dengan membaca hati-hati setiap postingan peristiwa yang disebar di media sosial. Cocokkan dengan data dengan cara berusaha mencari sumbernya langsung tanpa harus mempercayai satu belah pihak saja.

Bijaksana menggunakan media sosial menjadi salah satu tantangan tersendiri di era Abad 20 ini, Karena ribuan bahkan ratusan ribu informasi tiap hari terpampang nyata di dalam layar smartphone kita. 

Facebook misalnya, ia akan memberikan berbagai macam fitur yang bisa anda gunakan untuk mencocokkan informasi yang didapat melalui grup maupun beranda facebook. Jika anda ingin mencari informasi terbaru di beranda grup facebook maka harus melakukan cara ini :

Cara melihat Kiriman Terbaru Group Facebook

  1. Buka Aplikasi facebook di smartphone anda
  2. Lalu Masuk ke grup peristiwa atau grup yang menyediakan informasi mengenai kejadian khusus di sekitar anda
  3. Setelah anda membuka grupnya, kemudian silahkan cek di mengurutkan postingan di sebelah kanan grup
  4. Klik Urutkan Maka anda akan dihadapkan dua pilihan menu postingan yang ada di dalam grup
    cara mengurutkan postingan facebook mudah

  5. Pilih Urutkan postingan berdasarkan kiriman terbaru, maka nanti postingan di grup tadi akan tersaring berupa hanya postingan terbaru saja yang muncul ke permukaan

Jadi postingan di grup facebook akan berurutan mulai dari postingan peristiwa terbaru ke postingan peristiwa terlama, begitulah seterusnya.

Dengan cara ini maka anda bisa memfilter dan menyaring postingan yang ada di grup facebook, anda bisa menemukan postingan mana yang baru saja dikirimkan, peristiwa apa yang baru saja terjadi di media sosial, sehingga akan sangat mudah untuk mengetahui peristiwa terbaru yang terjadi di sekitar anda.

Cara cek Apakah Peristiwa itu Hoax atau Bukan Menggunakan Facebook

Untuk mengecek informasi mengenai apakah postingan tersebut Hoax atau bukan, maka anda harus menelusuri kebenarannya dulu sebelum menyebarkannya ke lain atau memposting ulang suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi  di sekitar anda.

Cek Informasi suatu peristiwa dengan Fitur Search Facebook

fitur pencarian pada facebook fungsinya

Menariknya Facebook memiliki fitur search untuk semua atau pencarian umum yang sudah disediakan oleh facebook. di sini anda bisa mengetikkan keyword yang berhubungan dengan suatu peristiwa yang sedang viral atau heboh di dunia maya.

nanti akan bermunculan beberapa akun yang membagikan informasi hampir sama dengan postingan di grup anda,  Biasanya ada salah satu postingan yang merupakan sumber awal, Anda hsue menganalisa tanggal postingan yang lebih dulu ( tanggal Lebih Lama ) dulu.

Postingan awal ini akan menimbulkan berbagai macam reaksi, biasanya banyak komentar yang muncul. 

Cek Komentar orang Terdekat Minimal Se daerah dimana peristiwa itu terjadi

Cara ini juga lebih efektif ketimbang kita tergesa-gesa menyampaikan dan menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya tersebut. Jadi anda bisa menganalisa beberapa komentar yang diduga kuat berasal dari daerah kejadian tersebut.

Bisa jadi orang dekatnya atau tetangga atau warga yang mungkin bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai peristiwa yang sedang terjadi.  Jadi anda harus benar - benar menganalisa dari berbagai sumber dan mencocokkan analisa antara postingan di Akun A dan Postingan di Akun B.

Menunggu Informasi dari pihak berwajib atau orang yang berwenang menyampaikan informasi dengan benar, adalah jalan terakhir yang mungkin bisa anda percaya, setelah itu baru anda bisa menyebarkan informasi yang didapat.

Namun seringkali informasi dari pihak yang berwajib didapatkan dari masyarakat juga, baru disampaikan ke publik dan prosesnya pun lama, keburu informasi atau peristiwa itu sudah kadaluarsa lagi ( basi ).

Oleh Karena itu apabila sudah didapatkan data data dan informasi yang kuat dan dirasa informasi ini sudah pas untuk di sebar luaskan ke ranah publik, maka anda bisa membagikannya dengan bahasa yang baik dan tidak memberikan informasi  Hoax atau berita bohong.

Yups sampai disini dulu pembahasan mengenai cara untuk memfilter informasi suatu peristiwa yang beredar di facebook, perlunya kita belajar mengolah informasi dengan baik agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan perpecahan di masyarakat. Maka dari itu hati-hati dalam bermedia sosial dan jangan memberikan informasi apapun di media sosial yang tidak jelas sumbernya.

Post a Comment for "Cara Melihat Postingan Terbaru Pada Grup Facebook"