Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghadapi Masa Pensiun Dengan Bahagia

Konten [Tampil]

cara menghadapi masa pensiun dengan bahagia

Apapun Pekerjaan Kalian pada saat ini maka syukurilah selagi pekerjaan itu baik dan Halal. Orang yang sudah lama bekerja pasti menginginkan masa pensiun dengan tenang, damai dan bahagia.

Proses Pekerjaan selama puluhan tahun sudah pasti banyak menguras tenaga dan pikiran, apalagi jika kita bukan seorang ASN yang dana Pensiunnya katanya " diJamin Negara ".

Seorang Pekerja wiraswasta harus mampu menerka target seberapa banyak gaji yang ia dapat dan seberapa banyak kebutuhan yang ia keluarkan sehari-hari. dan harus memikirkan seberapa banyak uang yang bakal di tabung untuk menghadapi masa pensiun nanti.

Masa Pensiun Memaksa Tubuh Untuk Beristirahat Bekerja

Sebenarnya kita masih bisa bekerja apapun selama kita mampu, walaupun usia sudah memasuki masa pensiun dan sudah resign dari perusahaan atau tempat anda bekerja, Menikmati masa pensiun bisa dengan cara anda sendiri. Misalkan Melakukan Pekerjaan Ringan.

Karena pada masa usia pensiun keadaan tubuh ini tak sekekar dulu lagi, sudah sedikit gerak lelah kemudian. Oleh karena itu anda hanya bisa melakukan aktifitas yang ringan - ringan saja, misalkan setelah memasuki masa pensiun anda bisa membuka warung atau toko untuk berdagang.

Hal ini pun tidak dilakukan oleh sebagian orang, karena ada yang memilih menikmati masa pensiun dengan jalan-jalan bersama orang terdekat, semua orang memilih jalan berbeda untuk menikmati masa pensiun.

Dana Pensiun Perlu diketahui Kebutuhannya

Ketika kita bekerja dan mendapatkan gaji namun di masa depan status kita mungkin tidak ada yang tahu, Memasuki usia pensiun tak Lagi produktif dan tak diperlukan perusahaan lagi membuat anda harus berpikir sejak dini untuk menyiapkan dana Pensiun.

Dana Pensiun bisa disiapkan dari sekarang pada saat anda aktif bekerja, dan tentukan tujuan atau kebutuhan dana pensiun itu kedepannya untuk apa. Apakah untuk membiayai kuliah anak anda yang Paling Bungsu.

Atau kebutuhan dana pensiun untuk Modal usaha kedepan nanti agar pemasukan tetap jalan dan dana mengalir terus tanpa hentinya. Jadi letakkan penggunaan dana pensiun sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Mulai sekarang anda jangan terlalu berfoya-foya pada saat mendapatkan gaji yang besar pada saat bekerja di perusahaan atau di tempat lain. Usahakan untuk selalu mengingat jika ada masa depan yang akan anda jalani nantinya.

Jadi anda sudah menentukan dan memastikan Pada usia berapa  anda pensiun dan sudah tidak memiliki penghasilan lagi.  jadi asumsi anda terhadap masa pensiun akan mengajarkan anda untuk bekerja dengan waktu yang tersisa, sambil menyiapkan dana pensiun.

Atur Strategi Pengumpulan Dana Pensiun

Strategi pengaturan dana pada saat menghadapi masa pensiun harus disiapkan secara matang agar anda bisa menikmati hasilnya di kemudian hari pada masa pensiun dan bisa hidup bahagia di masa depan.

Misalkan dengan Investasi dengan Aset Terpercaya dan Menguntungkan. Memilih Investasi untuk mengembangkan modal pada salah satu perusahaan ternama yang notabennya dapat dipercaya bisa meningkatkan penghasilan anda.

Pilihlah investasi  yang memiliki peluang pertumbuhan ekonomi stabil atau memang dapat dipercaya. Beberapa instrumen investasi yang berpeluang tumbuh di atas inflasi ada cukup banyak. Misalnya, reksa dana, saham, obligasi jangka panjang, properti, dan lain sebagainya.

Namun hal ini pun harus dilakukan dengan cara hati-hati. Karena tidak semua instrumen investasi tersebut dapat Anda gunakan dengan metode cicilan investasi atau investasi berkala. Investasi properti, misalnya, membutuhkan modal yang cukup besar. Bagi investor ritel, memilih berinvestasi rutin di reksa dana atau saham (menabung saham) lebih realistis. Dan cara ini bisa menambah pemasukan but tabungan masa pensiun anda.

Selanjutnya Anda bisa mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri. Bagi pekerja mandiri dan terikat perusahaan, kepesertaan JHT BPJS Ketenagakerjaan meminta Anda menyetorkan iuran sebesar 2% dari penghasilan yang dilaporkan. Jadi, bila pendapatan Anda Rp7 juta, maka iuran yang Anda setorkan adalah sebesar Rp140.000 per bulan.

Bahkan Anda Bisa membuka rekening Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) pribadi. Dana yang Anda setorkan akan dikelola oleh pengurus DPLK ke instrumen investasi dalam jangka panjang supaya bisa tumbuh tinggi. Dana yang sudah terkumpul bisa Anda ambil saat usia pensiun dan bisa juga dibelikan produk anuitas yang memberikan pendapatan rutin setiap bulan bagi Anda hingga tutup usia.

Daftarkan Asuransi Biar Terjamin Hari Pensiun anda Bisa Bahagia

dana asuransi pensiun di hari tua

Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang crazy Rich di masa pensiunnya, Menikmati masa pensiun dengan bahagia tenang dan penuh dengan Jaminan hari tua.

Mungkin bagi pekerja mandiri dan wiraswasta untuk menikmati masa pensiun maka mereka harus mendaftarkan diri pada program asuransi.  Yah Jaminan di masa hari tua sangat penting sekali untuk menjaga-jaga jika kita kenapa-napa.

Asuransi Pensiun sangat penting sekali, termasuk di dalamnya asuransi kesehatan yang begitu penting untuk menjamin keluarga anda. Jika anda memang menjadi tulang punggung keluarga maka jangan lewatkan untuk mendaftarkan diri di program asuransi pensiun.

Karena dengan asuransi, apabila usaha anda bangkrut, kecelakaan, kebakaran, dan peristiwa lain yang mungkin tidak anda duga dapat teratasi dengan asuransi yang sudah anda daftarkan. Sehingga kehidupan masa pensiun anda lebih tenang.

Jangan Boros Agar Keuangan Anda Sehat

jangan Boros selama Pensiun

Sifat Boros pada saat muda dan selalu ingin menghabiskan gaji bulanan, Merupakan perilaku yang dapat membuat anda sengsara pada masa pensiun nantinya. Sisa uang yang seharusnya di tabung habis begitu saja entah kemana.

Oleh karena itu jaga kesehatan keuangan anda, Belanjalah sesuai dengan keperluan dan pastikan untuk menjaga keuangan dengan tidak bersifat boros dan menghabiskan uang secara tidak karuan, ingat ada masa pensiun yang harus anda hadapi di masa depan.

Karena kebahagiaan seseorang akan muncul pada saat ia sudah menua dan tidak lagi memikirkan aku harus kerja apa untuk mendapatkan  uang, di masa tua anda sudah bisa menikmati hasil jerih payah pekerjaan anda di masa muda.

Dengan cara itu maka anda bisa merasakan pensiun dengan rasa kebahagiaan dan berkecukupan. Jika berkenan anda bisa mendirikan usaha santai buat membantu pemasukan sambil menggendong cucu tersayang. Akhir kata semoga masa pensiun selalu menyenangkan dan membawa kebahagiaan.

Post a Comment for "Cara Menghadapi Masa Pensiun Dengan Bahagia"