Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Cadangkan Data ke Google Drive

Konten [Tampil]

cadangan data k egoogle drive

Banyaknya data di ponsel sebenarnya hanya menambah beban memori kita, lama-kelamaan ponsel kita mengalami masalah kehabisan memori atau memori cepat penuh karena data-data yang ada di ponsel semakin banyak.

Sebenarnya memori eksternal dan Memori internal cukup membantu mengurangi penggunaan ruang di Ponsel anda, dengan adanya kedua memori ini maka ruang penyimpanan lebih besar.

Namun hal itu tidak menjamin juga, karena ukuran file sekarang ini besar-besar, Misalnya pada ponsel android yang terbaru, ukuran satu file foto bisa mencapai 10 sampai 20 MB-an.

Hal ini sering kali bisa membuat ponsel anda cepat penuh memorinya, sehingga dapat menyebabkan Kinerja handphone menurun. dan Lambat laun akan mengalami pemberitahuan jika memori handphone anda penuh terus.

Pada zaman sekarang ini memori penyimpanan tidak terfokus pada memori internal dan memori eksternal lagi, sudah ada memori online yang dapat digunakan untuk mencadangkan file-file yang ada di dalam handphone anda.

Salah satu media penyimpanan untuk membuat cadangan file adalah media penyimpanan Google Drive, Media penyimpanan online ini memberikan hak akses sekitar 15 GB Free bagi penggunanya.

File kapasitas 15 GB Lumayan besar dan cukup menyimpan ribuan file ke dalam 1 email yang telah di daftarkan ke google drive, sehingga anda bisa melakukan backup ke Google Drive dengan mudah. 

Oleh karena itu maka penting sekali untuk  mencadangkan data-data ponsel android anda ke Google drive sehingga memori ponsel tidak terlalu berat dan bisa lebih leluasa kinerjanya

Cara Cadangkan File ke Google Drive

Untuk melakukan pencadangan file, maka anda harus melakukan Upload file ke akun google Drive, langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama anda sudah memiliki akun google drive itu sendiri, Namun biasanya orang yang memiliki alamat Gmail sudah mempunyai akun Google Drive, karena sudah satu kesatuan akunnya.
  2. Pilih atau Buka aplikasi Google drive anda dan  Klik File
    cara buat cadangan Google drive mudah

  3. Pada file tersebut ada tanda Plus ( Tambah ) di aplikasi google Drive Android maka Klik itu dan Tambakan folder Khusus file apa yang mau di Backup Ke Google drive
  4. Jika ingin Melakukan Back Up File Foto, maka anda bisa memilih dan menamai Folder tersebut dengan nama - nama yang berkaitan dengan File Foto anda
    cara upload file google drive new

  5. Pilih Menu Tambah Lagi ( + ) Lalu Pilih Menu Upload Maka anda akan diarahkan ke file yang ada dalam ponsel anda, silahkan pilih file yang mau di Upload
  6. Jika ingin melakukan Upload File secara massal maka silahkan tandai beberapa File yang ingin anda kelompokkan untuk di Upload ke File Google Drive Anda.

File Yang bisa di Upload ke Akun Google Drive

Anda bisa  Melakukan Upload beberapa jenis File ke akun google Drive kesayangan anda, salah satu jenis File yang bisa di Upload adalah file Foto, Dokumen, File Video, File Kompres Rar maupun File zip dan file-file lain yang Lebih Relevan untuk di Upload Ke akun Google Drive anda.

Cadangkan File Whatsapp Ke Google Drive

Selain bisa mencadangkan beberapa file foto, video file data compress dan file lain, Whatsapp Juga perlu di cadangkan ke google Drive, agar cat, file foto dan videonya tidak hilang.

Latas Untuk mencadangkan File yang ada di whatsapp ke Google drive anda hanya perlu mengatur pengaturan yang ada di whatsapp itu sendiri. Begini cara mencadangkan file chat yang ada di whatsapp ke akun google drive agar tidak Hilang :\

  1. Buka aplikasi Whatsapp Kalian lalu Kemudian
  2. Buka Pengaturan Chat, Tema , wallpaper dan Riwayat Chat
  3. lalu ada menu cadangkan chat 
  4. Kemudian anda bisa memilih menu cadangkan ke Google Drive maka akan ada beberapa Pilihan :
    cadangkan chat whatsapp di google drive

  • Hanya ketika saya mengetuk cadangkan 
  • Harian, Berfungsi untuk mencadangkan chat tiap hari
  • Mingguan " Berfungsi untuk mencadangkan chat yang ada di whatsapp bersifat Mingguan
  • Bulanan " Merupakan fitur pencadangan chat whatsapp pada tiap Bulannya.

  • Usahakan akun Google drive tersambung dengan akun Google yang aktif caranya Pilih menu akun Google dan Pilih mau menyimpan cadangan chat di akun Google Mana.
  • Jika anda Ingin mencadangkan Video yang di akun whatsapp ke google Drive maka anda bisa memilih Sertakan video, klik tanda centang lihat beberapa file Video whatsapp yang akan dicadangkan.

Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan chat yang terhapus, atau chat yang sudah di reset ulang,dengan fitur cadangan whatsapp ke google drive ini maka data anda akan selalu disimpan ke dalam akun google drive yang telah tertaut.

Demikianlah Berbagai macam atau bagaimana caranya mencadangkan data kita ke Google drive, sebenarnya banyak sekali file-file yang bisa kita cadangkan ke Google drive, ruang penyimpanan yang disediakan oleh google ini sangat bermanfaat sekali untuk kita gunakan sebagai salah satu ruang memori Online yang memang memiliki manfaat untuk menyimpan berbagai macam file kita.

Post a Comment for "Cara Membuat Cadangkan Data ke Google Drive"