Kumpulan Jenis Tanaman Air dalam Botol Kaca

Konten [Tampil]

tanaman dalam botol kaca

Tanaman dapat dipelihara di berbagai macam tempat, ada berbagai macam jenis tanaman yang bisa ditemukan di sekitar anda, termasuk jika anda tinggal di perkotaan, Tanaman dalam botol air merupakan salah satu cara yang pas buat melakukan penghijauan lingkungan sekitar.

Tanaman apa saja sih yang bisa tumbuh dengan baik dalam botol kaca, apakah bisa dipelihara dengan baik disekitar rumah dan yang pastinya bikin hari-harimu semakin segar bahkan bisa menikmati udara sejuk, dengan adanya tanaman.

Karena tanaman dalam botol kaca di anggap sebagai tanaman yang simple dan pemeliharaannya tidak ribet, maka banyak sekali orang yang mengadopsi dan mengembangkan teknik menanam ini di pekarangan rumah, di dalam rumah bahkan di sekitar dinding rumah.

Tanaman dalam botol yang berisi air dalam kaca, biasanya harus di isi dengan tanaman Khusus, lalu jenis tanaman apa saja sih yang tumbuh dengan baik dalam botol, Kalian harus mencari tahu jenis-jenis tanamannya.

1. Bambu Keberuntungan

Nama latinnya adalah Dracaena sanderiana merupakan salah satu spesies tanaman berbunga di keluarga Asparagaceae, asli Afrika Tengah. Tanaman ini dikenal pertama kali oleh tukang kebun jerman - inggris si Henry Frederick  conrad sander  ( 1847 - 1920 ). 

Pada umumnya tanaman bambu keberuntungan ini dipasarkan dengan jenis nama Bamboo atau " Bambu keberuntungan " bahkan tanaman yang satu ini telah menjadi tanaman indoor yang paling populer di beberapa negara india. Biasanya tanaman ini di infor dari cina dan taiwan.

Jika anda tertarik untuk memelihara tanaman Bambu keberuntungan, maka bisa di cari di toko tanaman hias terdekat, namun bisa jadi harganya lumayan mahal karena tanamannya unik bentuknya.

2. Tanaman Zebrakraut ( wandering Jew )

zebrakraut

Merupakan salah satu tanaman yang cocok dibudidayakan di dalam Botol, Tanaman ini biasanya diletakkan dengan cara menggantungkan botol yang berisi air dan secuil tanaman di dinding rumah atau di atas teras. 

Anda hanya perlu merawat pertumbuhannya, dan membiarkan tanaman yang satu ini berakar di dalam air, menjalar keluar dan yang pastinya jaga daun agar tidak tenggelam. Karena daun tanaman zebrakraut bisa saja menjadi membusuk apabila tenggelam di dalam air. Letakkan tanaman di area yang terkena sinar matahari langsung.

Sinar matahari dapat membantu tanaman agar tetap hidup, dan terlihat segar, jika air dalam botol dirasa keruh, maka segera ganti dengan air yang baru. usahakan jangan sampai jadi sarang nyamuk dan jentik-jentik.

3. Jade Plant / Money Plant


Merupakan salah satu tanaman yang berada di dalam botol. Tanaman ini memiliki julukan sebagai salah satu tanaman keberuntungan, atau tanaman uang. Sebab Tanaman ini dipercaya bisa mengundang keberuntungan dan nasib yang baik.

Jika anda memelihara tanaman ini dengan baik, maka keberuntungan akan segera datang kepada anda, perawatan tanaman yang satu ini justru tidak begitu sulit. Hanya saja, tanaman jade ini tumbuh lebih baik apabila dalam botol tersebut medianya tanah.

4. Paperwhite

paperwhite

Tanaman yang tumbuh dari Umbi, sehingga media yang pas buat tanaman ini adalah air. Jika ditanam di tanah, maka tanaman ini memerlukan sedikit kerikil agar bisa menciptakan bunga yang mekar dan tanaman yang subur. Pada saat anda menanamnya dalam air, maka rawatlah tanaman ini dengan sepenuh hati.

Jika air terlalu banyak dan isinya tinggi, maka takutnya ia akan membusuk, justru akan semakin membusuk jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu peliharalah tanaman ini dengan baik jangan sampai tidak terawat dan mati karena kesalahan anda sendiri.

5.Tanaman Basil

Basil merupakan salah satu tanaman yang bisa anda budidayakan di dalam botol yang berisi air, Tanaman ini pun dikenal juga sebagai selasih. Anda bisa menempatkannya di jendela dapur, di sekitar ruang kelas dan usahakan terkena cahaya matahari.

Hawa hangat yang berada dalam ruangan akan membantunya berkembang dengan baik. Bahkan tanaman ini bisa tumbuh dengan sehat, anda pun bisa memanfaatkannya sebagai pelengkap sajian Omelet atau pizza bahkan dibuat makanan pun makin maknyus.

6. Tanaman Sage

Merupakan salah satu tanaman yang unik, Sage merupakan salah satu tumbuhan yang dipelihara dalam botol atau dalam wadah kaca. Tumbuhan ini berkembang sangat cepat, Anda tinggal menjaga agar air tetap bersih dan pasokan cahaya yang cukup.

Usahakan untuk meletakkannya di tempat yang terkena cahaya matahari langsung,jangan sampai meletakkan tumbuhan yang satu ini di tempat yang lembab karena akan di Serang oleh jamur yang sangat cepat tumbuhnya, apabila media tanam tidak terawat.

Apabila tanaman yang diserang oleh jamur maka ia akan sakit bahkan bisa mati secara perlahan-lahan.jika iya tidak dirawat dengan baik secara otomatis kamu telah membunuh tanaman dengan perlahan-lahan,oleh karena itu perhatikan baik-baik perkembangannya karena tanaman yang satu ini merupakan salah satu tanaman hias yang mahal harganya.

7.Tumbuhan Thyme

Tumbuhan ini merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk diletakkan dalam botol kaca yang berisi air atau media tanah. Thyme  merupakan tanaman yang yang mudah untuk di kembang biaakkan.

Anda tinggal meletakkan beberapa batang yang ada tunasnya kedalam air. Tunggu beberapa hari maka ia akan tumbuh dan muncul beberapa pohon yang sangat cantik.

Bahkan selain menjadi hiasan dalam rumah, tanaman Thyme juga bisa menjadi pelengkap seduhan teh dan masakan anda. Bahkan bisa juga dimanfaatkan buat obat herbal sebagai salah satu obat pencernaan dan demam.

8.Tumbuhan bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang dapat dimakan sebagai pelengkap makanan sehat di rumah anda. Tahukah Anda jika tumbuhan bayam ini merupakan salah satu Yang dinanti oleh ibu-ibu buat menyayur.

Jika tumbuhan lain menggunakan media tanah yang sangat banyak, tumbuhan bayam hanya menggunakan media air yang simple dan menggantungkannya di dinding-dinding rumah. Tunggu dulu hingga tunas bayam  banyak yang  mulai tumbuh, merawatnya dengan baik adalah salah satu cara yang pas , sehingga di kemudian hari anda bisa memanen bayam tersebut dan dibikin sayur.

9. Lemon Balm

Lemon balm merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk dibudidayakan menggunakan botol kaca air. 

Tanaman ini sebaiknya diletakkan di luar ruangan atau outdoor, Anda bisa membawanya ke dalam dan membiarkannya mengeluarkan aroma lemon dan  mint yang segar di dalam ruangan. Bahkan sesekali anda bisa menyeduhnya sebagai salah satu teh herbal.

Daun Lemon Balm, bisa menyegarkan tenggorokan  anda, bahkan bisa buat membikin anda menjadi fresh, setelah di buat seduhan teh di kasih daun lemon balm ini.

10. Arrowhead/ Syngonium

Nama ini diambil karena bentuknya itu sangat unik dan menyerupai tanah, bahkan di samping itu tanaman ini mampu hidup dalam air, karena habitat aslinya memang ada di rawa atau kolam.

Oleh karena itu, tanaman ini sudah akrab sekali dengan tempat teduh yang lembab. Bahkan anda pun bisa menanamnya di ruangan yang memiliki pencahayaan sedang atau rendah. jika memungkinkan silahkan isi dengan kerikil media tanamnya. Agar akarnya lebih kokoh pada saat menancap di tanah.

jika anda ingin berencana menanam tanaman ini dalam jangka panjang maka sebaiknya menggunakan media tanah dan wadah yang lebih besar daripada botol kaca yang media tanamnya sangat terbatas.

11. Aluminium Plant

Tanaman ini memiliki semacam corak yang begitu indah, Jenisnya Metallic silver atau gurat keperakan yang mencolok di sekitar daun dan tampak timbul daunnya. Persis sekali seperti alumunium tanaman ini lebih indah jika ditanam pada pot atau wadah yang menggantung.

Lebih cantik lagi susun tanaman yang satu ini di depan rumah atau teras kamu, sehingga tampilannya tampak cantik dan bisa memukau pandangan orang yang lewat.

Semua orang berhak menanam tumbuhan apapun, asalkan tidak merugikan orang lain, hayuk tidak ada alasan lagi untuk tidak menanam tanaman hias di rumah anda, bulatkan niat dan tujuan cari botol atau wadah bekas dan tanam tanaman dengan hati yang lapang serta riang gembira. Begitulah jenis tanaman hias dalam botol air sampai jumpa lagi di lain waktu.

0 Response to "Kumpulan Jenis Tanaman Air dalam Botol Kaca"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel