Inilah Beberapa Tips Membuat Komik Bagi Pemula

Konten [Tampil]

cara membuat komik pemula

Komik atau manga salah satu media hiburan yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah informasi dengan basis gambar dua dimensi atau cuma gambar sederhana yang memiliki pesan sederhana dari sebuah kejadian.

Komik memiliki cakupan yang luas, di Indonesia sendiri kebanyakannya Cerita bergambar itu bisa disebut sebagai Komik, Yang mana dalamnya ada sebuah gambaran sederhana yang menceritakan berbagai macam peristiwa, bisa tentang cerita horor, cerita komedi, hingga Komik romansa atau romantis.

Komik bisa juga dibuat untuk keperluan negara atau bisa dijadikan alat untuk berpolitik, kritikan dan pemberi saran kepada pemangku kekuasaan di negeri ini, banyak kok, pesan tersirat yang kadang di tuangkan ke dalam cerita komik tentang seluk beluk keadaan negeri ini.

Komik Merupakan sebuah karya seni yang siapa saja boleh membuatnya. Orang yang tidak mempunyai keahlian dalam menggambar pun bisa membuat komik, hal ini karena batasan seni itu tidak ada, selama tidak melanggar undang-undang dan aturan yang ada maka sah - sah saja jika ada orang yang membuat Komik yang sangat sederhana.

Pembuatan Komik Haruskan Punya Keahlian Khusus

Berbicara mengenai Skill atau keahlian seorang seniman, sepertinya terlalu janggal.  Karena, Setiap orang berhak menjadi seorang Comic, creator tanpa terkecuali. Mereka yang masih memiliki akal sehat, pikiran yang baik dan kemampuan  yang mumpuni, berhak untuk menciptakan komik apapun sesuai dengan selera nya masing-masing.

Creator Komik, tidak memandang usia, mau muda ataupun tua, selama ia masih mampu mempelajarinya dan pengen sekali membuat komik atau manga, maka selama itu pula semangatnya berkobar-kobar. Bisa jadi yang muda kalah sama yang tua.

Tak ada yang salah dalam pembuatan komik, karena gambaran setiap manusia itu berbeda-beda, setiap orang akan memiliki ciri khas masing-masing, oleh karena itu jangan heran jika banyak sekali karya-karya populer didunia ini hasil dari karya - karya berbagai macam suku dan bangsa yang berbeda, itulah seni.

Aturan Tertentu Bagi Seorang Kreator Komik Pemula

Berbicara mengenai aturan, rasanya asal tidak mengandung sara Sesat dan hal yang negatif dalam gambaran komik. sisanya, sah - sah saja. Semua orang berhak menggambar Komik dalam bentuk dan tema apapun.

Berbicara mengenai aturan dalam menggambar dan menciptakan sebuah komik, jika para pemula, baru belajar membuat manga atau komik di kasih aturan yang berat, harus ini, harus pake pensil ini, harus pake gadget dan perlengkapan khusus. Maka banyak orang yang sudah mundur duluan dan tidak ingin belajar menggambar komik.

Karena pembuatan manga atau komik itu membutuhkan banyak waktu, selain memikirkan gambaran, mimik, serta memikirkan yang di gambar ini memiliki sifat apa, peran apa yang tepat untuk melengkapi Komik tersebut, Maka butuh waktu lama untuk menyelesaikan itu semua.

Oleh  karena itu, maka tidak ada batasan aturan yang begitu ketat ketika anda ingin menjadi seorang kreator komik, cukup duduk manis, melihat teknik orang menggambar dan tiru secara perlahan. Tentukan gambar apa yang pengen dibuat, jika karakter sendiri ( Buatan sendiri tanpa duplikat ) maka nilai seninya menjadi lebih tinggi lagi.

Oleh karena itu tidak perlu khawatir tentang aturan dalam pembuatan komik atau manga, hadapi saja dengan santai dan jangan lupa selalu menampilkan karya - karya terbaik yang pastinya.

Bekaryalah Sebaik Mungkin Dalam Pengolahan Komik

Mungkin kata-kata ini mewakili semangat anda dalam membuat komik. Ketika ada semangat yang lebih mendalam dalam pembuatan komik yang anda inginkan maka dia akan terwujud dengan sendirinya perlahan namun pasti.

Dengan menampilkan sebuah karya terbaik di iringi dengan kemampuan kemampuan terbaik, maka bisa jadi komik anda akan digemari oleh pembaca di seluruh indonesia.

Pada dasarnya tidak ada creator komik yang sukses dengan cepat. Mereka melalui berbagai macam halangan dan rintangan pada saat pembuatan komik, bahkan ada yang bertaruh dengan harta untuk membeli berbagai macam perlengkapan untuk menggambar komik.

Pelajari Teknik dan Karya Orang Lain

Meniru atau mempelajari karya orang lain merupakan salah satu cara untuk mengasah skill anda dalam pembuatan komik. Pada masa sekarang banyak sekali media-media yang menyediakan ruang terbuka atau ruang publik yang bisa anda gunakan untuk mempelajari teknik-teknik dasar dalam menggambar.

Misalkan saja melalui media video anda  bisa mempelajari di YouTube. Melalui pembelajaran video Anda secara tidak langsung akan melihat teknik-teknik dalam pembuatan komik itu sendiri, memperhatikan berbagai macam teknik dasar pembuatan komik, bagaimana cara menggambar yang baik.

Ketika mempelajari berbagai macam video dalam youtube, maka anda dapat meniru secara perlahan teknik menggambar dengan baik. Biarkan saja awal bikin komik masih rada sederhana, namun  jangan lupa untuk selalu update skill menggambar anda.

Itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan mengenai Pembuatan komik, jadi tidak dibatasi siapa saja bisa melakukan pembuatan komik, menjadi Creator komik bisa saja mendatangkan pundi pundi rupiah, pelajari teknik dasar pembuatan gambar, pembuatan gambar yang baik dan teknik dasar pewarnaan gambar.

0 Response to "Inilah Beberapa Tips Membuat Komik Bagi Pemula"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel