Langkah Menangani TV Yang Suaranya Hilang

Konten [Tampil]

cara memperbaiki audio telivisi lengkap

Televisi, semua orang pasti memiliki yang namanya alat elektronik yang satu ini ya namanya adalah Televisi, Sebuah alat yang bisa anda gunakan untuk mendengarkan dan melihat informasi secara audio dan visual.

Namun pernahkah anda mengalami masalah dengan Televisi di rumah anda. masalah yang mungkin bisa membuat anda Jengkel, pada saat mau nonton sinetron eh malah suaranya tidak muncul atau tidak kedengaran. 

Permasalahan ini sebenarnya sudah banyak ditemukan pada televisi - televisi yang memiliki jenis Tabung atau televisi jaman dulu. Permasalahan suara hilang atau suara tidak tidak bisa dikecil dan dibesarkan pada televisi tersebut. 

Memperbaiki suara Televisi yang tidak ada suara memang terbilang mudah Bagi orang yang mengerti tentang perbaikan Televisi secara keseluruhan, namun di sisi lain Terbilang sulit jika memang orang tersebut bukan dalam ahlinya untuk memperbaiki Televisi.

Jika anda ingin melakukan pengecekan suara atau audio yang bermasalah pada Televisi anda, maka pastikan dulu jika anda sudah mengenal Komponen dasar elektronik. Hal ini untuk memudahkan anda untuk memeriksa permasalahan audio yang ada pada televisi tersebut.

Jika anda tidak menguasai pengetahuan Elektronik, dan Komponen - Komponen dasar yang ada di dalam televisi, sebenarnya sangat bisa untuk mengatasi permasalah yang ada pada TV tersebut, dengan melakukan penanganan sederhana, misalnya memperbaiki permasalahan kabel sehingga televisi tidak mengeluarkan suara.

Berikut ini akan diajarkan bagaimana penanganan Televisi yang tidak memiliki suara, atau audio nya mengalami masalah. Semoga cara dibawah ini bisa membantu mengatasi permasalahan Televisi anda. Melakukan servis TV yang tidak ada suara sangat mudah sekali, asalkan anda bisa mempelajarinya dengan baik secara perlahan.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda praktekkan untuk memperbaiki Televisi anda yang audionya mengalami masalah.

Memastikan Input TV

Gejala awal Hilang suara pada televisi anda bermula pada saat emak menonton sinetron. Sebelum anda membuka casing televisi, sebaiknya periksa terlebih dahulu pada bagian input. Kabel Tersebut diberi nama kabel RCA. Pastikan program televisi anda tidak sedang dalam keadaan Mode Mute, atau Adjustment Volume di 100% yang disebut sebagai Volume Full.

Kemudian perhatikan di Jack RcA yang ada pada bagian merah dan putih. Bila ada terdengar suara, maka respon speaker pun juga ada, Yang artinya permasalahannya pada sumber input suara, Misalnya Receiver parabola yang mengalami masalah atau DVD yang sudah rusak.

Kerusakan yang disebabkan oleh kabel Input biasanya akan ditandai dengan suara terdengar gangguan dengung, atau kresek dari speaker. Untuk mengatasi ini maka coba Cek terus RCA dengan cara mengganti kabel baru lagi.

Melakukan Pengecekan Jalur Audio

Jika cara diatas belum bisa mengatasi masalah anda, Sekarang Coba Casing Televisi dalam keadaan mati. Untuk melakukan pengecekannya silahkan langsung ke bagian amplifier dengan cara, Nyalakan TV dan sentuh Input kaki IC Power yang berada di amplifier.

Jika anda ingin mengetahui Blok Suara Televisi maka anda harus paham letak Blok audio televisi tersebut. JIka pengerjaanya salah, maka akan menimbulkan bahaya. Untuk lebih mudahnya anda bisa menurunkan jalur dari speaker. Lalu setelah ketemu ic anda cari data icnya dulu. Lalu Kaki nomer berapa pada bagian input, Lalu sentuh lah itu.

Jika speaker tidak menerima respon sama sekali pada saat input disentuh menggunakan Jari, maka cek dulu speaker dengan cara menggunakan OHM meter x 1. Apabila anda tidak memiliki tester maka anda bisa menggunakan Baterai AA yang bisa dihubungkan dengan kedua Kutub speaker. Jika speaker normal maka biasanya akan terdengar suara dengung kecil, jika tidak ada respon kemungkinan ada kerusakan pada speaker anda.

Lalu cek tegangan power supply yang jalur blok power amplifier, Biasanya tegangan berkisar antara 12-15 Volt Dc. Jika tegangan power tidak ada, maka silahkan copot beban dari ic Power Amplifier, Jika anda pas melakukan pencopotan maka akan muncul tegangan dari sebelumnya yang tidak ada tegangan, maka dipastikan power audio short, tegangan drop dari 12 Volt, kemudian ia bisa menjadi elco filter dari output regulator kering.

Permasalahan Power Audio Masih Normal Tapi Tidak adanya saura Input

Terdapat dua kemungkinan, yang menyebabkan permasalahan tersebut, Pertama IC Control mati dan yang kedua adalah Komponen Pendukung Ada yang mati, Dua permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang menyebabkan Speaker menjadi tak menyala.

Untuk melakukan penanganan, maka silahkan anda amati dengan seksama keadaan Solderan secara Detail di setiap sudutnya, Bila Perlu Solder Ulang pada kaki mulai dari IC Control sampai dengan IC Audionya. Kemudian anda silahkan cek Elco pembatas Input di kaki audio. Cara menyelidiki apakah IC Control masih baik atau rusak, maka silahkan di Urutkan saja terlebih dahulu.

Jika ketemu permasalahannya, maka coba anda sentuhan ke audio, jika ada memberikan respon maka IC Control telah normal. Jika sebaliknya maka berarti IC nya telah mati.

Bagi yang menggunakan antena parabola tidak perlu sebenarnya mengganti IC Control yang mengalami masalah. Padahal cukup di jumper dari soket audio ke kaki IC Power amplifier saja, bahkan untuk pengaturan volume bisa dilakukan lewat receiver, maka bagi yang masih menggunakan antena maka ic Controlnya yang mati harus diganti juga.

Cek Speaker

Bila Gejalanya tidak ada respon suara sama sekali dari speaker, ketika diberikan input. Maka oleh karena itu cek saja OHM Meter. Jika masih menyambung berarti speakernya masih bagus. Speaker mati sering terjadi pada TV yang menggunakan satu speaker saja, sehingga Speaker nya yang lain terlalu Berat.

Sedangkan speaker yang lain ( Dua speaker ) jarang sekali mati. Jika menggunakan dua speaker tidak ada suara, berarti permasalahan terdapat pada Blok audio Amplifier.

OLeh karena itu apabila anda ingin memperbaiki Suara Televisi yang telah hilang, pada saat membuka televisi, silahkan amati, sentuh ic Power, cek speaker di kemudian hari anda akan menemukan area mana yang harus di oprek.

Sentuhan pada Blog audio memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap tegangan, sehingga anda harus teliti dalam menyentuh bagian apapun dari mesin tv. Agar Televisi tidak mudah rusak, maka pada Bagian suara ketika ingin mengubah jek Input, sebaiknya kecilkan saja Volumenya, hal ini agar tidak ada input masuk yang dikuatkan oleh Blok ampli pada Televisi, Entah itu televisi Led maupun Televisi tabung.

Begitulah sedikit cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki Suara yang hilang dari televisi, semoga cara ini dapat mengatasi permasalahan anda.

0 Response to " Langkah Menangani TV Yang Suaranya Hilang"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel