Tips Mudah Merapikan dan Membersihkan Dapur Restoran

Konten [Tampil]


Kebersihan dan Kerapihan dapur pada Restoran harus senantiasa dijaga setiap hari. Hal ini dapur yang biasa ada di rumah tentu saja berbeda sekali dengan dapur yang ada di restoran atau di cafe-cafe tertentu.

Dapur yang ada di restoran itu didesain rapi dan menarik, serta bersih karena di desain Komersial. Bahkan, biasanya ada karyawan yang khusus membersihkan dapur di restoran. Hal ini agar restoran tetap selalu bersih dan tidak ada kotoran yang sampai menumpuk hingga menyebabkan kerak dan noda yang sulit dibersihkan.

Kotoran yang muncul pada dapur restoran biasanya muncul akibat dari sisa - sisa pembakaran bahan makanan, saus, sambal dan bahan - bahan makanan yang ada di restoran tersebut. sehingga pembersihannya harus dilakukan dengan baik.

Karena pentingnya sebuah kebersihan dapur restoran maka perhatiannya itu pun sangat jeli sekali, mulai dari permukaan atas, hingga permukaan bawah yang memiliki ruang sempit dan tersembunyi maka harus di bersihkan dengan air Hangat dahulu agar kerak - kerak kotorannya terlepas.

Berikut Ini Ada Beberapa Tips untuk Membersihkan Dapur Restoran

Kemungkinan besar jika anda ingin mempelajari bagaimana cara kerja Piket Pembersihan Restaurant itu sendiri maka yang lebih utama dahulu adalah mempelajari teknik dan segenap jadwal untuk membersihkan dapur restoran, sehingga anda bisa mengikuti tips di bawah ini ;

Buat Jadwal Piket Harian Untuk Menjaga Kebersihan Dapur Restoran

infografis hak pembersih restoran

Pegawai yang bekerja pada restaurant , Yang lebih utama bagian dapur, perlu memperhatikan kebersihan area kerjanya, dan bila perlu silahkan anda buat jadwal piket untuk menjaga kebersihan itu sendiri.

Setiap Pekerja harus memperhatikan bagian dapur, Pokoknya setiap sudut dapur harus diperhatikan, misalkan pembersihan pisau dan tatakan untuk mengiris ( Cutting Board ). Untuk Membersihkan Tatakan ini, kita harus menggunakan Air hangat atau air yang bersih lah agar kumannya mati kalo perlu berilah sedikit sabun agar makin bersih.

Terus piring - piring yang ada di dapur itu di bersihkan di mesin cuci piring, agar semua piring bersih semua dan pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan restoran tersebut. Bersihkan meja yang digunakan untuk memasak dan menyajikan makanan dengan cairan pembersih atau saniter, agar kuman - kuman tidak berkembang biak. Hal ini untuk menjaga kesehatan pelanggan.Pastikan meja benar – benar kering dan tidak ada cairan tersisa sebelum digunakan kembali untuk menyajikan makanan keesokan harinya.

Terus pembersihan untuk peralatan masak dengan Noda membandel maka diperlukan air dengan tekanan tinggi, sehingga kotoran yang ada di peralatan masak, bisa terangkat dengan baik, sisa makanan harus tertampung pada tempat sampah yang sudah di sediakan, Jika peralatan masak sudah selesai dicuci maka pindahkan ke rak untuk mengeringkannya, dengan pemisahan antara cangkir, gelas, piring, panci dan peralatan masak yang lain.

Kikiskan arang di Oven, Grill dan Kompor

JIka ingin membersihkan sisa pembakaran menjadi lebih baik maka peralatan pemanggang atau grill harus anda kikis semua dengan menggunakan sikat kawat. Agar sisa-sisa pembakaran itu mudah sekali dibersihkan dan mudah dikikis dengan baik. Bahkan Oven pun harus di bersihkan dengan baik juga lho, malahan fungsi oven banyak sekali, buat pemanggang apa saja.jadi harus benar - benar bersih dunk.

Pastikan Dapur Bebas Sampah

Yah sampah memang sangat menjengkelkan, sisa - sisa makanan dan kantong plastik yang berserakan akan membuat para petugas koki masakan tidak nyaman, apalagi jika bau sampah itu menyengat sekali, oleh karena itu penting diperhatikan oleh petugas kebersihan dapur untuk membuang sampah di jam-jam tertentu. 

Bersihkan semua sisa makanan, jangan sampai menumpuk, bersihkan juga tempat penyimpanan makanan ini dengan air sabun hangat, dan pembersih serbaguna yang aman untuk makanan, sebelum anda menggunakan tempat untuk meletakkan makanan yang baru. Hal tersebut bisa mencegah agar aroma makanan yang lama tidak akan mencemari aroma makanan yang baru. jadi makanan terlihat Higienis dan sehat.

Menyapu dan Pel Seluruh Lantai dapur Restoran

menyapu bersih seluruh lantai dapur pada setiap akhir restoran mau tutup, saat semua peralatan sudah dibersihkan dan diletakkan kembali pada tempatnya. kembalikan setiap kitchen appliances atau furniture yang ke posisi semula. karena jika anda menyapu restoran itu kan mengumpulkan residu dan sisa makanan yang terjatuh di lantai. Jika perlu, anda harus pel seluruh lantai dengan air pembersih yang kandungan airnya ada desinfektannya. Usahakan untuk memasang tanda " awas lantai basah" agar setiap pekerja bisa menghindari untuk menginjak lantai yang basah. Hati-hati jika ada listrik yang menyala usahakan anda sudah mematikannya agar tidak terjadi apa-apa.

Periksa Lemari Pendingin Siapa Tahu ada Yang Busuk

Memeriksa lemari penyimpanan di dapur restoran merupakan salah satu cara perawatan dan penjagaan agar kualitas bahan makanan tetap awet, biasanya lemari pendingin dipakai buat menyimpan berbagai macam bahan utama pengolahan makanan. Ketika stok bahan masakan di lemari pendingin menumpuk, ada baiknya petugas di dapur melakukan pengecekan bahan - bahan yang mulai membusuk atau tidak layak makan. Sehingga petugas di dapur bisa mengantisipasinya agar tidak mengecewakan pelanggan. 

Demikianlah beberapa tips dan sedikit tutorial bagaimana membersihkan dapur restoran, semoga hasilnya tetap bagus dan memuaskan, dan bisa menyenangkan pelanggan serta menghasilkan makanan yang sangat enak. Sekian artikel dari saya semoga ada manfaatnya buat pembaca semuanya.

2 Responses to "Tips Mudah Merapikan dan Membersihkan Dapur Restoran"

  1. Soal piket itu ak sering kebagian sisa yang banyak banget, mana shiftnya gak bisa dirubah lagi.. Jadi bersih bersihnya lebih banyak dan rombongan gituuu :((

    ReplyDelete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel