Cara Daftar dan Antri BPJS Ketenagakerjaan Online

Konten [Tampil]
daftar bpjs secara online

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, salam pembaca dari situ semua ilmu yang selalu memberikan informasi terupdate untuk kalian semua.

Kesehatan merupakan salah satu hal yang dianggap mahal bagi semua orang tanpa terkecuali, biaya rumah sakit dan obat-obatan sekarang ini memanglah sudah terjangkau harganya apalagi bila memiliki penyakit yang parah untuk mengobatinya saja memerlukan biaya hingga jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Pemerintah melalui program kesehatan dan ingin menyamaratakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat maka diterbitkan lah sebuah asuransi kesehatan untuk masyarakat baik kelas menengah atas bawah hingga orang miskin.

Tak luput juga bagi mereka yang yang bekerja siang dan malam di salah satu perusahaan maupun pekerjaan yang pernah lingkupnya di kantor pemerintahan, melalui BPJS Kesehatan jaminan sosial dan asuransi kesehatan rakyat Indonesia terjamin.

Hanya dengan membawa kartu BPJS Kesehatan ke rumah sakit ataupun ke apotik terdekat, maka masyarakat Indonesia bisa mendapatkan perawatan dan obat sesuai dengan petunjuk dokter, secara gratis.

Termasuk di dalamnya memberikan asuransi kesehatan kepada para pekerja yang ada di Indonesia BPJS Kesehatan Melalui Jenis  BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan asuransi kepada para pekerja sebagai  pengganti Jamsostek kesehatan yang dulu.

Oleh karena itu para buruh dan karyawan baik swasta maupun yang dalam negeri mendapatkan asuransi kesehatan yang merata sesuai dengan aturan yang berlaku, pembayaran Iuran Telah dibebankan kepada pemotongan gaji pokok karyawan untuk bayar jaminan kesehatan BPJS ketenagakerjaan.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan


Siapa sih yang kita kenal dengan BPJS Ketenagakerjaan,asuransi kesehatan yang khusus diberikan kepada para pekerja yang berada di negara Indonesia berhak semuanya mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik. dan merupakan salah satu program pemerintah yang berupa layanan jaminan sosial dan proteksi untuk memberikan perlindungan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia hingga pensiun.

BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan salah satu cara pemerintah memberikan asuransi apabila para pekerja ada yang sakit lalu dibawa kerumah sakit, dengan menggunakan BPJS Kesehatan maka karyawan tersebut berhak berobat tanpa biaya.

Oleh karena itu mereka yang bekerja sebagai buruh, karyawan dan lain sebagianya tak perlu khawatir terhadap biaya kesehatan mereka, asalkan tetap aktif dalam bekerja dan bersedia membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan yang dipotong melalui Gaji Pokok atau Jenis Pembayaran Mandiri.

Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan pun berbeda dengan jenis BPJS Kesehatan yang biasa, karena pendaftaran nya harus di lakukan atas perizinan tempat ia Bekerja di mana, Oleh Karena itu mereka yang tidak memiliki BPJS Ketenagakerjaan namun aktif bekerja sebagai pegawai, berhak untuk mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan.

Jenis Penyakit yang mendapatkan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan


Banyak sekali Penyakit yang bisa mendapatkan asuransi BPJS Ketenagakerjaan, pokoknya BPJS Ini Khusus bagi anda para pekerja dan pelaku usaha, apabila sakit tinggal berobat ke rumah sakit yang melayani BPJS, maka perawatan anda pun diterima Tanpa harus membayar Biaya.

Misalkan karena kelelahan bekerja yang terlalu berat lalu anda mengalami gejala sakit di ginjal kita merasakan ada yang aneh di Pinggul dan sekitaran Ginjal, maka Boleh anda Istirahat sejenak dan berobat  ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan melalui Layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan


Pendaftaran  BPJS Ketenagakerjaan  akan berjalan dengan baik apabila anda sudah mempersiapkan berbagai macam syarat yang diperlukan, oleh karena itu. Sebelum mendaftar diri atau perusahaan ke Program  BPJS Ketenagakerjaan  maka pastikan anda telah memenuhi syarat yang ada dan jangan ketinggalan syaratnya.

Persyaratan untuk mendaftar  BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi dua jenis, ada yang buat perusahaan dan ada juga yang dari  BPJS Ketenagakerjaan Mandiri atau Freelancer ( Pekerja Mandiri ).

Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi Perusahaan


Jika anda pemilik usaha dan memiliki karyawan, anda ingin mendaftarkan karyawan anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan maka syaratnya sebagai berikut:

  1. Dokumen asli atau fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  2. Dokumen asli atau fotokopi NPWP Perusahaan.
  3. Dokumen asli atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk.
  4. Kartu keluarga asli/ fotokopi.
  5. Kartu Keluarga asli/ fotokopi.
  6. Pas foto berwarna karyawan dengan ukuran 2 x 3 (1 lembar).

Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Mandiri


Jika anda merupakan pekerja mandiri, maka anda pun harus memiliki wadah dan usaha yang jelas dan memiliki anggota paling kecil 10 orang,  oleh karena itu syarat nya adalah sebagai berikut :

Jumlah anggota yang harus ada di dalam wadah atau organisasi tersebut minimal sepuluh orang. Setelah itu, baru dapat mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, setelah mempersiapkan dokumen-dokumen berikut:

  1. Surat izin usaha dari kelurahan setempat.
  2. Fotocopy KTP masing-masing pekerja.
  3. Fotocopy Kartu Keluarga masing-masing pekerja.
  4. Pas foto berwarna untuk masing-masing pekerja dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar.

Lalu Bagaimana Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Online


Jika syarat sudah lengkap nih, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan mendaftarkan diri secara online adapun langkah - langkahnya sebagai berikut :
daftar bpjs secara online


  1. Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Namun jika anda tak Punya Kuota Internet
  2. Maka Anda Bisa Minta bantuan teman untuk daftar bpjs secara online.
  3. Pilih “Daftarkan Saya”, kemudian anda pilih dari 3 pilihan (perusahaan, individu atau pekerjaan migran).
  4. Bila anda ingin memilih perusahaan, masukan email perusahaan atau perwakilan kelompok anda untuk mendaftar BPJS nya.
  5. Tunggu email pemberitahuan dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  6. Setelah semuanya lengkap, Anda hanya perlu membawa persyaratan yang telah disiapkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda.

Call Center BPJS Kesehatan


Jika anda tidak memahami cara mendaftar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, alangkah baiknya untuk menghubungi call center atau layanan di "1500 400". yang merupakan media yang dapat diakses oleh calon peserta atau peserta JKN- KIS melalui telepon rumah dan/atau maupun handphone setiap hari (senin s.d. minggu) selama 24 Jam.

Oleh karena itu jika anda kurang faham atau ada keluhan masalah apa gitu yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan, bisa kok ditanyakan lewat call center itu, hanya saja mungkin harus menunggu, karena yang manggil banyak pastinya.

Cara Mendapatkan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan


Ajukan kedatangan anda

Untuk anda yang  Daftar online BPJS Ketenagakerjaan biasanya menginginkan jam kedatangan itu dimulai pukul 9 pagi. Oleh karena itu sulit untuk mendapatkan nomor antrian jika waktu pengajuannya sama.

Untuk memastikan masih tersedianya kuota, cobalah untuk memajukan jam kedatangan misalnya pukul 6 pagi. Biasanya kuota masih tersedia banyak jika masih pagi. Namun tentu saja, Anda harus datang tepat pukul 6 jika berhasil mendapat nomor antrian.

Pastikan Datang minimal 30 menit sebelum jam antrian

Contoh Jika Anda berhasil mendapatkan nomor antrian untuk kedatangan pukul 9 pagi, Minimal anda harus sudah datang pada jam 8 pagi . Peserta yang telah memilih tanggal dan jam pada sistem antrian online harus datang tepat waktu atau disarankan 30 menit sebelum jam yang dipilih. Yang artinya anda harus standby duluan selama 30 menit.

Jika terlambat dari waktu yang telah dipilih maka nomor antrian tidak akan berlaku dan harus mengulang pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian baru. Hal ini malah makin tambah lama pendaftaran anda.

Pastikan juga data yang ingin diajukan lengkap, untuk memudahkan dan melancarkan pelayanan, maka data yang diajukan harus benar - benar lengkap. jangan sampai ketinggalan yah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Cara Daftar dan Antri BPJS ketenagakerjaan Online, dimana artikel ini merupakan ulasan mengenai BPJS, layanan kesehatan dan jaminan kesehatan bagi para pekerja, semoga mereka yang bekerja selalu mendapatkan rezeki yang banyak dan berkah, serta di beri kesehatan yang baik.

0 Response to "Cara Daftar dan Antri BPJS Ketenagakerjaan Online"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel