Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Caranya Bikin Soal Online di Quizizz

Konten [Tampil]
quizizz online pilihan ganda
Anda bingung  pada saat wabah pandemi corona ini. Kebingungan ini masih tidak tahu ujungnya. Dunia pendidikan kita sedang dihadapi dengan permasalah yang rumit pandemi corona semakin menyebar di seluruh daerah.

Dengan hal itu maka sekolah - sekolah diliburkan dan dituntut untuk belajar di rumah selama masa perpanjangan darurat Covid - 19 ini digaungkan.

Permasalah lanjutan adalah terbatasnya aplikasi pembuatan soal secara online kepada anak - anak. Guru memang harus wajib memantau anak - anak bekerja di rumah, sehingga guru dituntut agar bisa mempelajari ilmu IT di masa kini.

Anda bisa menggunakan aplikasi online google formulir sebagai salah satu cara untuk membuat soal online dan bisa dibagikan kepada anak - anak. disamping itu ada aplikasi lain yang bisa menjadi alternatif untuk digunakan oleh guru dalam membuat soal Online.

Anda bisa menggunakan Aplikasi dari layanan quizzy.com. Yaitu situs yang menyediakan kuis dan pembuatan Soal secara daring, dan bisa dikerjakan oleh siswa selama melaksanakan pembelajaran dirumah, Pembuatan Kuis ini pun terbilang sangat Mudah sekali dilakukan oleh Guru dan pendidik.

Cara Membuat Soal online Menggunakan Quizizz.com


Jika anda Ingin membuat soal quiz secara online, maka yang perlu anda perhatikan adalah, bagaimana quiz itu dibuat disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak didik, pembelajaran apa yang ingin di buat itu perlu disiapkan sebelumnya .

Cara-Caranya seperti dibawah Ini :



  1. Masuk ke akun quizizz
    Bikin Soal  di Quizizz
  2. Log in dengan Akun Google anda
  3. Bila belum Buat akun maka silahkan Buat akun dulu dengan Klik Sign Up
  4. Silahkan masuk pendaftaran Menggunakan Akun Google
    Bikin Soal  di Quizizz
  5. Pilih akun Google yang anda daftarkan
  6. Setelah terdaftar silahkan masuk dashboard Teacher
  7. Disini anda akan membuat Soal - soal yang bisa anda gunakan Untuk penilaian anak-anak


Cara Membuat Soal Pilihan ganda di Quizizz



  1. Masuk ke Teacher dashboard
    Bikin Soal  di Quizizz
  2. Maka anda akan diarahkan  ke Link admin
  3. Pilih Create a quiz
    Bikin Soal  di Quizizz
  4. Isi Judul quiz nya
  5. Silahkan Isi Kategori Kuis
  6. Lalu Klik Next
  7. Pilih Multiple choice untuk soal yang pilihan ganda
    Bikin Soal  di Quizizz
  8. Buat soalnya dan tentukan jawabannya
    Bikin Soal  di Quizizz
  9. Jika anda sudah membuat soal maka mainkan kuisnya


Cara Memainkan Quizizz



  1. Buka soal yang sudah anda Buat atau sudah jadi
    Bikin Soal  di Quizizz
  2. Lalu ada 3 Pilihan yang pertama adalah Live Game ( bermain secara online ) , Assign Hw ( bisa dijadikan Pr di rumah ) dan Solo game ( gunanya untuk mengetes soal yang anda Buat )
  3. Sehingga anda akan mendapatkan Kode seperti di bawah ini
    Bikin Soal  di Quizizz
  4. Nanti kode tersebut akan dimasukkan dengan si Pemain mengakses situs joinmyquiz.com
  5. Dan anak di minta untuk memasukkan Kode yang didapat Guru tersebut.


Pembelajaran menggunakan daring ini memang sangat mudah dilakukan, namun kadang anda akan mengalami kendala, di lapangan. Kebanyakan anak-anak sekolah ada yang masih tidak mempunyai handphone canggih seperti android dan smartphone canggih lainnya.

Oleh karena itu maka pendidik harus menyediakan soal dalam bentuk Offline, dan anda bisa kok mengubah soal quizzy ini menjadi soal yang offline dan bisa di print, dengan mudah. sehingga anak yang tidak menggunakan handphone bisa menjawab secara offline.

Cara ambil soal offline di quizizz

  1. Pilih soal yang ingin anda Ujikan
    Bikin Soal  di Quizizz
  2. Lalu Klik lambang Print di pojok atas Lihat Gambar
  3. setelah itu maka dokumen anda bisa dijadikan PDF atau print Langsung
  4. Maka anda bisa memberikannya kepada siswa yang tidak bisa Online

Kelebihan sistem Belajar Online quizizz


Kelebihan dari sistem belajar online ini, anak akan menjadi lebih aktif, dia benar - benar memanfaatkan teknologi untuk belajar. Bahkan dapat mengurangi kecanduan game pada anak. Sehingga sangat bagus diterapkan pada saat Pandemi corona ini.

Disamping itu Orang tua akan memperhatikan kegiatan anak di rumah, anak bisa bermain dengan orang tuanya, rekat dengan orang tuanya . Anak juga bisa berdiskusi dengan orang tua lebih leluasa.

Kekurangan Game daring Online quizizz


Susah sekali apabila ada anak yang tidak memiliki koneksi internet dan Kondisi orang tua yang kurang memadai, ekonomi pas-pasan sulit pembelajaran ini bisa diterapkan.

Kepada anak yang tidak mempunyai Hp android dan sejenisnya yang bisa online, maka anak disuruh mengerjakan dengan cara offline. hanya saja kendalanya adalah soal kurang update dan nilainya pun pengambilannya manual.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan ketika melakukan pembelajaran menggunakan daring online, menggunakan quizizz maupun aplikasi dan web-web yang lain. Oleh karena itu cara menggunakan dan memainkan quiz di quizizz rasanya cukup jelas, apabila ada pertanyaan langsung saja di tanyakan di Kolom Komentar.

Post a Comment for "Begini Caranya Bikin Soal Online di Quizizz "