Tantangan yang di Hadapi Anak di Zaman Now

Konten [Tampil]


Zaman kreatif tidak serta merta disambut dengan sukacita. Berbagai tantangan dan rintangan harus dihadapi pada zaman sekarang apalagi di Era teknologi maju, bahkan orang bisa berkomunikasi di mana saja yang jauh terasa dekat yang dekat terasa semakin dekat itulah perkembangan yang sekarang ini terjadi waktu semakin cepat berlalu akibat teknologi yang semakin berkembang Semuanya serba mudah, dibalut dengan kecanggihan teknologi dan kreativitas manusia.
Adapun beberapa tantangan pada zaman-zaman kreatif di era sekarang ini adalah

Munculnya Era komputer

Masyarakat umum mengenal komputer sebagai pengganti mesin tik, tak heran jika banyak orang sampai sekarang lebih banyak menggunakan kegiatan sebatas untuk mengetik makalah ataupun membuat presentasi dan skripsi. Yang dulunya edan pendapat dituangkan melalui mesin tik kini berubah menjadi deretan kata yang mampu dihapus Sesuka anda.
Dulu mengetik melalui mesin TIK itu sangat susah sekali untuk disebarluaskan karena bentuknya tulisan offline yang diketik melalui mesin tik apabila mengalami kesalahan pun sangat susah untuk dihapus. Berbeda Kalau tugas diketik menggunakan komputer maka tugas tadi akan berubah menjadi sebuah file dan tersebar luas melalui berbagai media penyimpanan. Sehingga banyak para mahasiswa memanfaatkan file-file yang dihasilkan oleh komputer untuk memudahkan tugas-tugas kuliah mereka.
Namun terkadang mereka menyalahgunakan file-file tersebut, alih-alih mengerjakan sendiri mereka justru mencari file tugas dari mahasiswa lain atau mahasiswa angkatan sebelumnya. Tugas yang dibentuk dari sebuah file di sunting sedikit lalu namanya diubah menjadi nama mereka dan dikumpulkan dosen dosen pembimbing.
Di beberapa kampus untuk menghindari plagiat mahasiswa para dosen menerapkan tugas kuliah menggunakan mesin tik. Penggunaan mesin tik adalah strategi agar mahasiswa tidak menciptakan laporan-laporan dari mahasiswa sebelumnya.
Adalah alat pengolah informasi alat bantu banyak orang untuk mengekspresikan pendapat dan imajinasi dalam berbagai bentuk ragam tulisan, desain grafis, presentasi, program kegiatan, dan kebermanfaatan yang lain. Sebenarnya komputer bukan hanya sekedar objek yang dibuat dan digunakan manusia, kehadiran komputer juga berpengaruh pada pola perilaku penggunanya. Kehadiran komputer dapat menambah karya seseorang dan mempublikasikannya di ranah orang banyak, sehingga komputer sangat berguna di masyarakat.

Berkembangnya dunia Internet di masa kini

Internet memudahkan orang untuk mengakses informasi sekaligus menyebarkan informasi. Iya memudahkan proses berbagi informasi dan pengetahuan. Dulu, pengetahuan harus diakses secara fisik sehingga tidak memungkinkan kita mengakses pengetahuan yang jaraknya sangat jauh. dengan dunia Internet semuanya bisa diakses dengan mudah bahkan di segala penjuru dunia pun bisa kita akses dengan mudahnya.
Internet memudahkan kita untuk terhubung dengan sumber-sumber pengetahuan yang penting dan relevan dengan tujuan belajar kita. Banyak sekali anak-anak yang terbantu dengan hadirnya internet, sebagai penghubung dengan sumber pengetahuan internet mampu memberikan informasi kepada seseorang baik yang jauh ataupun yang dekat. Misalkan informasi berbagai macam video tutorial cara membuat kue kukus, di dunia internet kita harus memilih dan memfilter sumber informasi yang kita dapat melalui internet.
Kehadiran teknologi internet tanpa disertai dengan perubahan praktek belajar akan melahirkan praktik negatif. Saat komputer mengolah file dan Di block oleh pengguna lain, the internet penjiplakan ini terjadi sangat parah, tugasnya pelajari di internet, lalu sunting judulnya itulah yang akan terjadi apabila digunakan ke hal yang salah.
Banyak orang menganggap kehadiran internet memperkuat posisi individu dari objek menjadi subjek informasi dari pembaca berita menjadi pembuat berita, namun dalam beberapa momen lebih banyak yang menyebarkan ulang informasi dari sumber informasi konvensional daripada mereka yang membuat informasi untuk disebarluaskan.
Dan pengetahuan yang berlimpah di internet membutuhkan daya kritis dalam memilah dan memilih nya sehingga mereka yang menyadari kekuatan diri dan kebutuhan belajarnya akan lebih mudah dalam menilai dan mencari informasi yang relevan.
Namun ketika individu tidak tahu-menahu tentang dunia Internet maka ia akan terombang-ambing dan termakan berita yang tidak akurat sehingga terjadilah penyebaran informasi bohong atau berita hoax.
Hal ini perlu dihindari sehingga perlunya pendidikan di dunia Internet itu sangat penting diberikan kepada anak maupun orang dewasa yang belum memahami sepenuhnya tentang dunia Internet.

Uniknya Pendekatan masa kini dan Pertemanan di zaman Modern

Manusia adalah makhluk sosial yang berusaha membangun relasi dengan orang lain dulu manusia membangun relasi sosial dengan orang-orang yang ada di dekatnya. Berteman mempunyai kedekatan yang tampak secara fisik semisal bahan atau jalan Bareng.
Di zaman kreatif ini pertemanan itu sangat mudah untuk didapatkan melalui media sosial Karena kembangkan internet yang semakin maju. Kehadiran internet telah memangkas jarak antar individu jauh dan dekat tidak lagi sebatas jarak fisik atau geografis. Melainkan dalam artian psikologis, biasanya kemiripan sifat ketertarikan antara topik yang sama atau kesamaan minat menjadi individu itu saling berteman dan berkawan.
Pertamanan sekarang berbeda dengan zaman dahulu, berkurangnya bobot relasi berdasarkan jauh fisik atau geografis melahirkan fenomena menjauhkan yang dekat keluarga bisa jadi makan bersama, akan tetapi Tiap orang asyik dengan perangkat digital nya masing-masing. Dunia Internet akan mengubah demi sedikit kehidupan seseorang.
Dulu orang tua menghukum anak nya masuk ke kamar. namun, zaman sekarang menyuruh anak ke Kamal justru membebaskannya terhubung dengan orang lain yang lebih jauh jaraknya, lebih parah lagi anak belum mampu mengelola informasi dan emosinya, ia akan mengumbar emosi ke media sosial sejagat raya tahu bisa membuka buka aib keluarga kebanyak orang.
Oleh karena itu Pendidikan tentang internet kepada anak-anak sangat perlu dilakukan, mereka ajarkan sikap dan tata krama dalam menggunakan internet dengan baik.

Uniknya Relasi sosial

Internet memungkinkan individu mempunyai banyak pilihan dalam berteman. Melalui Twitter misalnya kita bisa mencari orang dari berbagai daerah atau berbagai minat. Kita bahkan bisa mempelajari materi yang banyak dibagikan seseorang di Twitter dan jika tertarik, kita bisa menyapa lalu berteman dengannya.

Sekarang ini pertemanan tidak lagi dibatasi batas geografis. Kita bisa bahkan berteman dengan orang-orang yang tinggal di luar negeri. Meskipun internet memungkinkan kita berteman dengan siapa saja, internet juga memungkinkan relasi yang intensif dengan kelompok tertentu misalnya anak-anak yang suka bermain game online hanya akan membatasi pertemanan mereka hanya dengan sesama penggemar game online tersebut atau bahkan ruang lingkupnya lebih kecil lagi.
Kenyataan pertemanan di zaman kreatif memungkinkan kita untuk lebih memperhatikan perkembangan zaman.Internet bisa mencari orang-orang yang mempunyai keahlian yang kita butuhkan, kita bisa saling menyapa, bertanya, dan membangun kolaborasi untuk membuat karya bersama.
Keahlian tertentu yang berjumpa dengan keahlian lain akan melahirkan suatu karya yang akan membanggakan. Melakukan kolaborasi melalui media sosial lalu berkomunikasilah dengan orang-orang tersebut, lanjutkan dengan saling berkirim surat dan pesan teks lalu Buatlah sebuah laporan yang membahas tentang suatu masalah.


Zaman kreatif merupakan zaman yang unik para pendidik dan orang tua seharusnya bisa menyikapi perubahan zaman ini dengan berbagai macam cara, termasuk memberikan pendidikan kepada para anak-anaknya dengan baik.

0 Response to "Tantangan yang di Hadapi Anak di Zaman Now"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel