Penyebab yang Membuat Minus Mata Menjadi Bertambah

mata minus

Zaman sekarang tuh, apa apa aktivitas dilakukan melalui gadget, komputer, laptop, dan hal hal yang berhubungan dengan layar. Padahal ya, aktivitas seperti itu jika dilakukan terus menerus membuat mata menjadi minus.

Iya, minus alias mata rabun jauh, alias tidak bisa melihat dengan jelas kalau memandang sesuatu yang jauh. Rasanya sungguh menyiksa sih. aku sendiri merasakan minusku bertambah dalam suatu hari, dimana aku kan perginya pagi-pagi, sedangkan daerahku masih banyak kabut asap. Aku fikir mataku tidak terlalu jelas melihat karena kabut asap yang tebal. Tapi semakin lama semakin kusadari
kalau ini tuh bukan karena kabut asap, tapi karena mata ku yang minusnya bertambah.

Rasanya? jangan ditanya. Sudah jarak pandang menjadi terbatas karena kabut asap,ditambah minus mata menjadi bertambah. sungguh keniqmatan yang haqiqi. Niqmat yang membuat setengah menangis. Perjalanan menuju tempat kerja jauh woy, hampir 30 km dengan keadaan pandangan mata yang begini banget.

Karena inilah aku harus memperbanyak mengkonsumsi vitamin yang baik untuk mata, biar minus mata juga tidak bertambah, kan aku jadi takut sendiri kalau sudah begini. apalagi kerjaku juga harus menghadapi laptop.

Sebenarnya apa sih hal-hal yang menyebabkan minus mata bertambah? aku rangkum dari pengalaman pribadi beserta apa yang aku baca di buku maupun artikel online ya.

Jarang Mengedipkan Mata


Serius ya, Kalau kita terlalu asyik dalam memandang sesuatu, baik asyik membaca buku, maupun asyik memandang laptop (menonton film, ataupun asyik menulis), kalian sadar atau pun tidak sadar bakal jarang mengedipkan mata. Padahal normalnya kita harus mengedipkan mata beberapa puluh kali dalam semenit, agar mata kalian itu tetap terhidrasi sehingga tidak kering mata kalian.

Jadi, janji ya pada diri kalian sendiri agar rajin mengedipkan mata kalian, jangan asyik pelototin buku maupun pelototin layar gadget ya. Nanti kalau mata minusnya bertambah, kalian juga loh yang menangis :D

Jarang Makan Sayur yang Berwarna merah dan kuning (orange)


Kenapa harus yang berwarna merah maupun yang berwarna kuning orange itu? karena sayuran yang berwarna seperti yang aku jelaskan tadi banyak mengandung vitamin A dan Betakaroten, yang otomatis kandungan tersebut sangat baik untuk mata. Berhubung aku orangnya jarang makan sayur serta jarang mengkonsumsi vitamin untuk mata, alhasil menjadi salah satu pencetus kenapa minus mata ku bertambah. Kalian juga jangan begitu ya. rajin rajin makan sayur macam wortel maupun tomat itu sangat bagus untuk kesehatan mata. namun bukan berarti kalau matanya sudah terlanjur minus akan sia-sia mengkonsumsi sayur dan buah. justru itu bagus untuk menjaga mata supaya minus matanya tidak bertambah.

Suka gelap-gelapan :p


Yang dimaksud dengan suka gelap-gelapan disini tuh adalah kalian suka membaca ataupun main gadget dalam ruangan yang pencahayaannya kurang.  Otomatis, kerja mata menjadi lebih berat, sehingga membuat mata menjadi lelah. kalian aja tuh kalau kelelahan rasanya jadi gimana gitu, apalagi mata, Tahu sendiri kan bagaimana dampaknya? sedih kan huhu.

Membaca/main gadget sambil rebahan


Nah, ini nih penyakit yang suka dicari-cari. Apalagi kalau badan lelah, otomatis menjadi mager kalau duduk. Nah nyaris sudah pasti main handphone nya sambil rebahan, apalagi kalau ditambah dengan pencahayaan ruangan yang kurang. Sudah dipastikan menjadi pemicu mata kalian menjadi bertambah minusnya.

Mata keseringan kena debu


Kalau yang ini memang ada pengaruhnya juga. Jadi, di daerahku ada musibah kabut asap, apalagi kalau di pagi hari dan sore hari. bahkan ada kabut asapnya tuh yang seharian tok. kalau mulut kan bisa dipakaikan masker, tapi kalau mata gimana pakemaskernya -_-. Harusnya minimal tiap dua hari sekali cuci mata (bukan shoping, inget) dulu pakai cairan pembersih mata. tapi masalahnya aku lupa terus atau mager karena kecapean. Ditambah dengan empat faktor sebelumnya, jadi ya sudah.
Minus deh mata ku.

Itu sih versi aku -_- daripada meratapi nasib dengan minus mata yang bertambah ini, mari kita sama sama memperbaiki pola hidup yang hmmmm, setidaknya biar minus mata tidak bertambah, iya kan.

Nih aku kasih beberapa cara untuk mengurangi mata minus yang mudah untuk kalian lakukan (dan tentunya untuk aku lakukan sendiri juga)

“Menghangatkan Mata”


Mencari olahraga untuk mata ini tidak sulit, ada banyak cara. Dari yang offline maupun online. cuma karena tadi ceritanya kita mau mengurangi pemakaian gadget, berarti yang opsi online nya di skip dulu hehe.
Aku punya cara yang simple yang bisa dilakukan, mau sambil duduk, sambil rebahan,bahkan sambil ngemil di tempat nongkrong yang kece, yaitu “menghangatkan mata”.

Cara nya cukup simple, tidak memerlukan alat yang macam-macam. cukup menggunakan kedua belah tangan saja. Jadi, kalian gosokkan kedua belah tangan kalian sampai terasa hangat. setelah itu, kalian pejamkan mata kemudian tutup dengan kedua tangan kalian yang masih hangat. ya namanya juga menghangatkan mata. kalian bisa mengulangi cara tersebut sampai mata kalian terasa lebih nyaman.

Banyak memakan Sayur dan buah-buahan.


Sudah tidak dapat diragukan lagi kalau sayur-sayuran maupun buah-buahan mempunya kandungan yang sangat bagus untuk tubuh kita (dengan catatan, buah dan sayuran tersebut harus diolah dengan benar dan tepat). nah, untuk menjaga kesehatan mata, kalian patut nan wajib untuk mengkonsumsi buah dan sayur, terutama yang berwarna merah, kuning dan orange. Karena buah dan sayur yang
berwarna seperti itu kaya akan kandungan betakaroten dan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan. Namun balik lagi ke proses pengolahan dan cara menyantapnya ya. Lebih baik sayurnya direbus sebentar dan buah-buahan juga dikonsumsi langsung tanpa tambahan gula, apalagi ditambah pakai keju. Itu malah membuat badan menjadi gendut #eh

Mengubah Pola Hidup.


Bicara tentang pola hidup, tidak semata untuk mengontrol berat badan. namun, lebih dari itu. Kalau kalian ingin menjaga kesehatan mata, tidak hanya dengan menghangatkan mata dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan Betakaroten, kalian juga kudu mengubah pola hidup dengan cara menghindari (ya paling tidak mengurangi nya) beberapa penyebab yang menyebabkan mata kalian menjadi bertambah minusnya. seperti, main gadget sambil rebahan, terus membaca
buku dalam kegelapan. kurang-kurangi yang seperti itu deh.

Semoga mata kalian selalu sehat ya :)

0 Response to "Penyebab yang Membuat Minus Mata Menjadi Bertambah"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel