Inilah 6 Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh Hangat


teh hangat
Minum teh hangat menjadi aktivitas paling menyenangkan kala santai atau ketika cuaca dingin. Kehangatan secangkir bisa memberikan energi baru bagi tubuh yang lelah akibat seharian bekerja. Aroma teh yang segar dan wangi memberikan sensai menenangkan. Secangkir teh juga bisa menjadi minuman pembangkit semangat sebelum memulai aktivitas. Maka wajar jika teh menjadi minuman favorit yang paling sering diminum setelah air putih.

Mengonsumsi teh setiap hari tidak hanya sekadar rutinitas sebelum atau setelah beraktivitas. Minum teh secara rutin apalagi dalam keadaan hangat ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya untuk melepas dahaga, teh menjadi minuman kesehatan yang mulai banyak dilirik. Dengan penyajian yang tepat, teh akan membantu tubuh lebih sehat seperti berikut ini.
Membuang Toksin dari Tubuh.

Racun dalam tubuh seringkali sulit dikeluarkan. Akibatnya racun akan menumpuk dan berisiko menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Toksin atau racun dalam tubuh bisa lebih mudah dikeluarkan jika rutin mengonsumsi teh hangat dengan porsi gula yang tidak terlalu banyak. Teh akan melancarkan proses pencernaan yang menjadi jalan bagi keluarnya racun. Teh juga berguna untuk mencegah sembelit.

Meningkatkan Tenaga


Mengonsumsi secangkir teh sebelum beraktivitas memang dipercaya bisa meningkatkan energi sehingga menjadi lebih semangat ketika melakukan aktivitas. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B kompleks dalam teh yang bisa membantu proses metabolisme sehingga akan lebih banyak energi yang dihasilkan. Karena manfaat inilah, teh dengan campuran madu sangat disarankan diminum sebelum menjalankan puasa atau sebelum berolahraga.

Menurunkan Berat Badan


Teh telah dikenal sebagai salah satu minuman wajib bagi para pelaku diet. Kalori yang terkandung dalam teh memiliki kadar yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan penumpukan lemak. Teh juga bisa melunturkan lemak. Agar lebih efektif, sebaiknya teh hangat diminum dengan dicampurkan perasan air jeruk nipis. Olahraga secara teratur dan menjaga pola makan akan membantu proses diet untuk mendapatkan berat badan ideal.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang


Teh ternyata tidak hanya nikmat diminum tetap juga memberi manfaat yang bagus bagi kesehatan gigi. Teh tanpa gula yang diminum akan menyebabkan terjadinya perubahan pH yang bisa mencegah gigi berlubang. Teh juga mengandung flouride yang bisa mencegah karang gigi. Kandungan mineral yang tinggi pada teh juga akan menjaga kepadatan gigi dan tulang. Dengan manfaat ini, gigi dan tulang menjadi tidak mudah keropos.

Mencegah Penyakit Berbahaya


Teh diklaim mampu mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya seperti stroke. Senyawa aktif yang terkandung dalam teh juga sangat berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus, kanker lambung dan banyak jenis kanker lainnya. Fakta ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian bahwa minum 5 cangkir teh hangat sehari bisa menurunkan risiko serangan jantung.

Mengurangi Stres


Stres akibat tuntutan hidup menjadi permasalahan yang serius di era modern seperti sekarang ini. Untuk bisa menghindarinya, secangkir teh ketika pagi dan sore bisa meredakan stres. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling memberikan efek besar untuk manfaat ini. Aroma harum yang kuat dari teh hitam dipercaya bisa membangkitkan perasaan lega dan tenang.

Teh hangat tidak sekadar menjadi minuman yang menemani saat bersama orang-orang terdekat. Bukan pula sekadar minuman yang menemani makanan ringan ketika waktu santai. Lebih dari itu, teh menjadi minuman kaya manfaat yang bisa menjaga kesehatan. Namun harus dikonsumsi dengan cara dan porsi yang tepat.

0 Response to "Inilah 6 Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh Hangat"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel