Cara Mencegah Sifat Boros Dalam Menggunakan Uang

menghilangkan boros uang
Sifat Boros seringkali menghinggapi diri manusia dan kehidupan kita sehari-hari. Sifat boros datang dari arah mana saja, misalkan mencintai fashion, mencintai makanan, pengen mengikuti tren jaman, belanja di minimarket, belanja di cafe dan tiap hari pergi ke mall.

Padahal kegiatan yang kita lakukan di atas tidak ada yang salah, asal kita mampu dan mempunyai uang  lebih dan kebutuhan utama kita sudah terpenuhi dengan baik, maka kita boleh membelanjakan apa saja yang kita inginkan asalkan tidak berlebihan.

Setiap tanggal muda , orang yang tidak mampu mengendalikan pengeluarannya dan selalu ingin menuluskan nafsunya, sehingga uang yang berada di kantong sakunya menipis, gajinya sudah tidak tersisa lagi sehingga terjadilah yang namanya pemborosan.

Sifat Boros ini lama-kelamaan akan menjadikan manusia terjerat hutang piutang , di kehidupan pengen seperti orang berada ( berduit) namun pada kenyataanya di dunia kerja males kerja, berhutang dan Sifat boros yang sering dilakukan membuat semakin banyak Pengeluaran daripada pemasukan.

Mencegah pemborosan dalam penggunaan Uang


Pencegahan pemborosan dalam penggunaan Uang memiliki cara yang berbeda - beda tergantung pada keadaan manusianya sendiri, hanya saja pada tips pencegahan sikap Pemborosan ini memfokuskan dan menata kembali bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik, tanpa harus memiliki banyak hutang dari orang lain dan teman.

Rajin Menabung


Tak Bisa di pungkiri jika orang yang suka menabung maka ia telah terhindar dari sifat boros, menabung adalah proses pengumpulan harta berupa uang, duit dan benda-benda lainnya yang suatu saat diperlukan untuk membiayai keperluan di masa mendatang.

Menabung adalah salah satu perlawanan terhadap sifat Boros yang sering melanda diri manusia, dengan menabung kita akan merasakan kesadaran diri kita masing masing dalam pengelolaan uang di untuk masa depan. Tumbuhkan tekad menabung dalam diri kita sejak dini, dapat mengurangi sifat pemborosan.

Menyimpan Uang fisik di rumah


Salah satu cara untuk mengurangi sifat boros adalah menyimpan uang fisik di rumah, bukan menyimpan uang digital di bank. Trik ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian Orang padahal ada benarnya juga, Ketika menyimpan Uang dalam bentuk digital atau debit maka dengan sesuka hati kita kadang tidak merasa jika selalu menggunakan uang kita untuk keperluan belanja, makan dan kebutuhan lainnya.

Kemudahan menggesek dan hanya menggunakan kartu memberikan lorong bagi kita untuk selalu membelanjakannya. Tidak terasa uang yang berada di dalam ATM Kita pun menipis, alih-alih uang di dalam ATM bertambah, yang ada malahan semakin berkurang karena kecerobohan kita sendiri

Menyimpan uang secara fisik akan membuat kalian enggan mengeluarkannya atau membelanjakannya di pasaran atau di tempat lainnya, hal ini ada rasa kehilangan ketika uang itu kita lihat, kita pegang lalu di belanjakan di pasar dan tidak kembali lagi, makanya Uang fisik akan jauh lebih hemat daripada Uang digital.

Kurangi Makan yang Tidak Penting


Makanan apapun bentuknya apabila kita mampu membelinya dan kamu kelebihan dana, boleh saja sesekali ke Tempat yang mewah, sekelas cafe dan Restoran, akan tetapi ingat, Pastikan kebutuhan kamu memang benar-benar sudah cukup.

Kesalahan yang sama seringkali kita lakukan, cita-cita mau mengumpulkan uang agar bertumpuk - tumpuk dan menjadi bukit emas, hingga kaya. Akan tetapi hobi banget makan-makanan di tempat yang mahal, jika dibandingkan dengan warung biasa dengan tempat makan spesial sama - sama harga ayam Kentucky warung A harganya = 10.000 warung B Harganya = 25.000, padahal sama - sama makan ayam kentucky, Memang dari segi variasi dan rasa memang ada bedanya, namun alangkah baiknya jangan sering - sering makan di tempat yang menurut Kantongmu pas - pasan.

Simpan Uang di Tempat Aman


Jangan Menyimpan barang apapun di tempat yang kurang aman, selain ada Pencuri, ada juga binatang rayap yang suka memakan uang. Hal ini mungkin saja jarang terjadi, akan tetapi apabila uang tersebut terlalu lama disimpan bisa saja terjadi dan rayap akan merusak sejumlah uang kamu.

Belanja Sesuai kebutuhan

harga carger listrik cafe

Apa yang kamu butuhkan, itulah yang harus kau belanjakan, sebenarnya Kebutuhan kita itu sederhana saja, akan tetapi yang membuat Boros itu belanja melebihi Kebutuhan. Misalkan sahari itu perlu beras, minyak goreng dan Ikan. Kita beli yang memang benar - benar kebutuhan kita saja, Jika uang kita berlebih Baru membeli Yang lainnya. Jangan Suka menghambur-hamburkan Uang lebih baik disedekahkan.

Perbanyak Bersedekah


Salah satu dan yang paling utama meningkatnya penghasilan kita adalah banyak-banyak bersedekah, hal ini sudah dibuktikan banyak sekali oleh orang - orang yang sukses. Bersedekah bukannya mengurangi harta, akan tetapi menambah harta kita , arena kita senantiasa membantu orang lain, menenangkan hati orang lain.

Bisa kamu lakukan bersedekah dengan orang yang membutuhkan, pembangunan tempat ibadah dan kepada fakir miskin serta anak yatim piatu, Selagi kamu mampu maka bersedekah lah, tidak harus dengan uang, dengan kebaikan dan senyuman pun adalah sedekah. yang penting niat hatimu benar-benar tulus,

Itulah beberapa cara mencegah pemborosan dan sering sekali kita mengalami hal  yang demikian, mulai sekarang pikirkan matang - matang jika ingin menggunakan uang, hal ini demi kebaikan kamu dan masa depan kamu, perbanyaklah bersedekah dan beramal kebaikan kepada orang lain.

4 Responses to "Cara Mencegah Sifat Boros Dalam Menggunakan Uang"

  1. Sebelumnya saya pemboros, setelah membaca artikel ini saya langsung pelit, makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk sama sama gan semoga pelitnya awet Gan :D

      Delete
  2. duh duhh ternyata seperti ituu,, btw maksih ya

    ReplyDelete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel