Mengintip Isi dari Sebuah Film Laskar Pelangi #FBBKolaborasi

Hallo sahabat manyasah ilmu dan pembaca setia sekalian, ada yang tau apa itu Hari Film Nasional? Hari Film Nasional diadakan setiap tanggal 30 Maret.
Yang aku tahu, film nasional semakin berkembang dan variatif film nya, dari genre komedi, anak-anak, horror, bahkan banyak yang bertema pendidikan.

laskar pelangi png

Film Laskar Pelangi, pernah berjaya di masanya.  Film Laskar Pelangi bertemakan Pendidikan di daerah pedalaman. Alkisah ada 11 orang siswa miskin yang bersekolah di sekolah yang nyaris roboh di daerah pedalaman di tengah Perkebunan Timah Negara.

Perjuangan mereka untuk bertahan dan bangkit patut diacungi jempol, dari film Laskar Pelangi kita patut belajar bahwa keterbatasan Bukan membuat kita menjadi terpuruk, melainkan keterbatasan membuat semakin kuat Dan tangguh.

Syuting laskar Pelangi dilakukan di pulau belitung, lebih tempatnya di kepulauan bangka belitung. Dengan keindahan alam dan alur cerita film nya yang menyentuh, pantas lah film ini banyak ditonton oleh banyak orang.

Kali ini Pembahasan  mengenai Film laskar pelangi akan kita kupas bersama dengan beberapa Penulis lainnya yang memeriahkan Hari Ulang Tahun Film Nasional dengan Komunitas Female Blogger Banua atau di singkat (FBB).

FBB Kolaborasi, Lebih di kenal dengan Perpaduan dan gabungan dari beberapa Blog dan situs web dalam membahas, satu tema dengan Judul yang berbeda-beda Lebih mengenal dan lebih di kenal, pastinya biar lebih meriah maka kami lebih Befokus dalam membahas beberapa Film Nasional yang pernah Booming di masanya.

Termasuk Film laskar pelangi adalah inti Fokus bahasan dari web saya dalam rangka memeriahkan Hari ulang tahun Film Nasional. Misinya Mengupas tuntas apa saja yang terdapat dalam film laskar pelangi, film yang menginspirasi banyak orang, tentang perjuangan anak-anak pedalaman dalam menempuh pedidikan , serta perjuangan seorang guru daerah tertinggal yang semangatnya tak pernah padam.

Film Laskar Pelangi Adopsi dari Sebuah Novel Andrea Hirata

Film laskar Pelangi diadaptasi dari novel Laskar Pelangi karya Andrea hirata. Novel nya ini sendiri diterbitkan beberapa kali saking larisnya. Dari alur cerita yang berbeda dengan yang lainnya, berkat  tayangnya film laskar pelangi di layar Lebar.

Laskar pelangi di angkat di layar lebar karena sebagai salah satu film yang paling banyak di sukai, Banyak orang yang suka dengan alur dan cerita filmnya, laskar pelangi Booming ketika Film itu di rilis ke dunia Digital dan Per Film An, seketika Novelnya pun sangat laris di pasaran, ternyata setelah film ini di Putar di beberapa Bioskop Indonesia, banyak sekali Yang Menonton, seketika orderan mengenai Buku Novel Laskar Pelangi , karangan Andrea Hirata pun laris di pasaran.

Laskar pelangi Potret Pendidikan Anak Pedalaman

Kali aja Para Pencinta FBB Kolaborasi ingin lebih mengetahui inti sari dari sebuah Film, apalagi film laskar pelangi, sang laskar mewarnai dunia di tanah jauh dari kehidupan, jauh dari kata listrik dan signal, potret pendidikan di Negara Kita, di pedalaman.

Sahabat Pembaca dan Sahabat FBB Kolaborasi penulis, Film laskar pelangi cukup sudah menggambarkan betapa sulitnya perjuangan seorang guru di pedalaman, berbagai masalah dan tunututan sering di hadapi, belum lagi banyak murid yang ga pengen sekolah, bagi mereka sekolah buat apa, jika sekolah itu hanya sebatas belajar dan tak menjadi apa-apa.

Namun semangat seorang Guru di pedalaman membuat anak-anak semakin giat dalam menuntut ilmu, Bu muslimah biasa mereka memanggilnya,adalah seorang guru perempuan yang di perankan oleh artis ternama "Cut Mini" memerankan tokoh guru dengan sangat baik, mengajari anak-anak pedalaman yang memiliki berbagai macam karakter. Kesabaran seorang Guru membuat Bu Mus semakin di kenal oleh anak anak.

bu muslimah laskar pelangi

Pakaian mereka ketika sekolah pun sangat sederhana sekali, ada beberapa anak yang tidak menggunakan sepatu serta hanya menggunakan sendal, perjalanan yang jauh membuat mereka tidak pernah lelah untuk menempuh pendidikan. Perjuangan nya pun tak hanya sampai di situ, awal - awal sang laskar masuk sekolah, sekolah mereka terancam di tutup karena siswanya Kurang dari tujuh orang, sungguh miris bukan.

Anak-anak pedalaman yang berjuang pengen sekolah pun harus menerima kenyataan seperti di atas, beda dengan orang yang sekolahnya di perkotaan, banyak sekali kehidupan enak di perkotaan ketimbang pedesaan, perjuangan anak - anak di pedalaman patut kita acungi jempol, terimakasih film laskar pelangi yang telah menggambarkan betapa sulitnya menimba ilmu di pedalaman.

Destinasi Wisata yang ada dalam Film Laskar Pelangi

Sahabat FBB Kaloborasi, ketika menonton film laskar pelangi pasti kalian akan melihat dan bertanya - tanya mengenai beberapa tempat syuting  laskar pelangi tersebut, kok indah -indah yah, wah pengen wisata kesana dunk nantinya hehe. Sebenarnya banyak sekali tempat-tempat wisata yang ada di bangka belitung ini. Tapi aku hanya menjelaskan sedikit beberapa tempat wisata yang juga muncul di Film Laskar Pelang

Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi terletak di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai ini terletak dengan  ratusan batu granit berbagai ukuran yang menambah keindahan pantai ini. Berfoto disini dijamin kece banget deh .

Pulau Garuda


Berbeda dengan pantai sebelum-sebelumnya, pantai ini memiliki tumbukan batu granit yang membentuk seperti burung garuda. cukup unik bukan.ayo sahabat pembaca and penulis kapan lagi liburan, silahkan yang pengen berwisata sekalian mengunjungi pulau belitung.

Pulau Lengkuas


Pulau lengkuas ini terkenal dengan keindahan mercusuar dipadukan dengan bebatuan granit dan keindahan pantainya. Buat snorkeling juga bagus nih disini.

Para pemain di film Laskar Pelangi


Cut Mini                        Ibu Muslimah
Ikranagara                Pak Harfan
Slamet Rahardjo        Pak Zulkarnaen
Mathias Muchus        Bapak Ikal
Teuku Rifnu Wikana      Pak Bakri
Rieke Diah Pitaloka Ibu Ikal
Jajang C Noer                 Istri Pak Harfan
Alex Komang                  Bapak Lintang
Robby Tumewu         Ayah A Ling
Tora Sudiro                 Pak Mahmud
Lukman Sardi                 Ikal dewasa
Ario Bayu                 Lintang dewasa

Pemeran anak - anak

Zulfanny                              Ikal
Ferdian                              Lintang
Verrys Yamarno              Mahar
Jeffry Yanuar                      Harun
Dewi Ratih Ayu Safitri      Sahara
Suhendri                              A Kiong
Marcheilla El Jholla      Flo
Febriansyah                      Borek
Yogi Nugraha                      Kucai
M. Syukur Ramadan      Syahdan
Suharyadi Syah Ramadhan  Trapani
Levina                               A Ling


Demikian pembahasan mengenai Film laskar pelangi, apabila kalian ingin mengetahui pembahasan Film yang lain , tunggu saja dan yang pengen tau kegiatan apa saja dalam tema Hut Film nasional maka tak perlu risau dan kacau balau Tinggal colek aja kami, para FBB Kolaborasi yang akan setia menerbitkan beberapa tulisan-tulisan menarik untuk kalian baca.

3 Responses to "Mengintip Isi dari Sebuah Film Laskar Pelangi #FBBKolaborasi"

  1. Ini memang bagus banget filmnya. Trus setelah itu wisata Belitong langsung naik daun gara-gara filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran ini mba, sampai skripsi mama ku dlu pakai Tema laskar Pelangi ini saking gimana gitu

      Delete
  2. Aku suka banget sama film ini, novelnya juga. Banyak pesan positif yang dibawakan oleh Andrea Hirata. Terus, Pulaunya juga bagus banget, ikonik! :D

    ReplyDelete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel