Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Ice Americano? Minuman yang sering muncul pada drama korea

Konten [Tampil]
via (dok. Mr. Coffee)


Ice Americano adalah minuman yang sering ada di cafe-cafe. Minuman ini simple dengan rasa yang unik, seperti teh tawar namun beraroma kopi. Rasa kopi ini tawar, bahkan cenderung pahit. Meskipun begitu, banyak drama korea yang menampilkan para aktor dan aktrisnya meminum Ice Americano ini, sehingga Ice Americano ini menjadi terkenal.

Ice Americano ini komposisinya begitu sederhana, hanya berupa espresso dicamour dengan air plus es batu. Rasanya yang tawar cenderung pahit dengan aroma yang khas ini dipercaya bisa membuat mata yang mengantuk menjadi segar kembali. Tiada campuran cream atau gula, hanya pure espresso dicampur air. Percaya tidak percaya, tingkat kekerenan akan bertambah jika memesan minuman yang satu ini.

Apa bedanya Americano dengan Kopi Hitam?


Justru Americano termasuk dalam salah satu jenis kopi hitam. Selain Americano, ada juga kopi Long Black dan Kopi Tubruk, Penyajian Americano itu sendiri yaitu espresso disiapkan lebih dahulu lalu tambahkan air panas setelahnya. Hasil Americano biasanya nyaris tidak meninggalkan krema (krema: cairan berwarna kuning tua yang muncul pertama kali saat ekstraksi kopi) di permukaan cangkir. Hal ini terjadi karena espresso yang diguyur air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso.


via https://majalah.ottencoffee.co.id/perbedaan-antara-long-black-americano-dan-kopi-tubruk/

Lalu, kenapa banyak drama korea yang menampilkan orang-orang minum Ice Americano? Se hits itu kah minuman ini di korea sana?

Minum kopi disana tidak seribet minum teh yang ada tatacara khusus. Selain itu, orang-orang di korea terkenal dengan kesibukan dan tingkat kedisiplinan yang tinggi. karena waktu nya habis untuk mengurus penampilan (lol :p) otomatis mereka perlu minuman yang praktis dan tidak ribet. 

Karena kesibukan mereka tersebut, otomatis mereka memerlukan asupan tenaga agar mereka selalu segar, seperti kafein, namun karena demi penampilan, mereka cenderung menghindari kafein yang tinggi gula. sehingga mereka memilih Ice Americano yang kadar gulanya sangat sedikit.

yakin mau nambah gula? via Oh Dara

So, tidak ada salahnya untuk mencoba meminum Ice Americano, mungkin awalnya akan aneh karena tidak ada rasa manis, tapi lama-lama kalian akan terbiasa :)


Cara Membuat Ice Americano di Rumah

Lalu bagaimanakah caranya membuat Ice americano di rumah, pasti kalian penasaran kan, ice americano lover pasti pengen banget buat ice americano dirumah, terlebih es ini dikenal dengan varian rasanya yang sedikit teduh, hambar dan tidak terlalu pahit.

Untuk membuat Kopi ice americano dirumah caranya cukup sederhana, yang kamu perlukan adalah beberapa buah kopi, dan beberapa air hangat yang ingin di seduh, perlu kamu ketahui guys, untuk menikmati ice americano ini kamu harus mengeluarkan uang sekitar 35-50 ribuan, dijualnya di starbuck dan cafe-cafe yang lainnya biasanya yang menikmatinya anak hits jaman now lo.

daripada mahal lebih baik bikin sendiri, ala-ala anak korea, apalagi jika kamu sekelas mahasiswa yang uang jajannya aja masih tarik ulur sama orang tua, nah bagaimana cara membuat ice ala americano di rumah atau di tempat kost kamu, yuk kita praktekin dengan cara sederhana ini.


Pertama Siapkan Bahan


1.Coffee / Kopi (untuk kopi kita pakai Nescafe Classic harga nya 5rb/12 sachet)
2.Ice / Es batu (murah beli aja di warung)
3.Gelas 450 ml - 500 ml (1 buah)
4.Gelas kecil (1 buah) buat saru orang kalo lebih ga papa juga
5.Air hangat


Eksekusi Tips Pembuatan Ice Americano dirumah


  • Pertama panaskan air di teko atau sejenisnya, air jangan terlalu panas ( kurang lebih 60 derajat - 70 derajat celcius)
  • Kedua masukkan 1 1/2 sachet coffee nescafe classic ke dalam gelas kecil dan tuangkan air panas tadi sebanyak 100 ml atau secukupnya yang kamu perlukan.
  • ketiga masukkan es batu secukupnya kedalam gelas tadi
  • Keempat tuangkan kopi dari gelas kecil (100Ml) kedalam gelas yang sudah diisi es batu, lalu tambahkan air dingin sebanyak 200ml - 250ml jika ingin manis tambahkan Gula, 
  • Kelima tralala ice americano ala-ala Korea sudah bisa dinikmati dengan penuh suka cita.

2 comments for "Apa itu Ice Americano? Minuman yang sering muncul pada drama korea"

  1. Anonymous4:50 PM

    kak, kalau kopinya pakai kopi yang ada ampasnya bisa ga ya?

    ReplyDelete
  2. Anonymous8:59 AM

    Itu kopi tubruk kalo ada ampas om

    ReplyDelete

Salam perkenalan