6 Penyebab Kanker Paru-Paru yang Tidak Ada hubungannya Dengan Merokok


Hai sahabat manyasah ilmu, pernahkah kalian berpikir tentang bahaya merokok dan apa hubungannya dengan kangker paru-paru. jelas sudah jika merokok bisa menyebabkan si perokok itu terkena penyakit kangker paru-paru kan itu bahaya sekali lho. Ketika seseorang yang menghisap rokok sepanjang hidup mereka berakhir dengan kangker paru-paru itu sangat menyedihkan sekali.

Merokok adalah faktor utama penyebab kangker paru-paru di dunia dan hampir 90 Persen penyebabnya dikarenakan oleh perokok aktif.namun ada juga perokok pasif yang terkena dampaknya, karena paparan asap rokok yang dikeluarkan oleh si perokok aktif, kangker paru-paru juga menyerang si perokok pasif lebih dari 7.300 orang meninggal di dunia pada setiap tahunnya, mengerikan bukan.

Namun tahukah kamu jika paparan asap rokok saja berbahaya,masih ada bahaya-bahaya yang lain sehingga menyebabkan orang terkena kangker paru-paru apa saja yah, hem penasaran bukan, berikut 6 penyebab kangker paru-paru yang tidak disebabkan oleh asap rokok.

1.Paparan terhadap Gas Radon

Gas yang berasal dari alam dan di dalam tanah, merupakan gas yang menyebabkan sekitar 20.000 orang terkena kasus kangker paru-paru setiap tahunnya, Gas radioaktif ini dilepaskan ketika uranium telah rusak di dalam tanah, batu, dan air.Gas radon kemudian bergerak menuju atas tanah dan udara. Biasanya tingkat udara yang berada diluar aman terkendali, akan tetapi gas ini akan menjadi berbahaya jika terperangkap kedalam rumah yang tertutup, sehingga gas ini akan terus menumpuk sehingga berada pada level yang berbahaya.

Gas ini bisa menyebabkan kangker paru-paru dengan cara pelepasan gas Radon menjadi partikel radioaktif sehingga dapat merusak sel-sel yang melapisi paru-paru kamu. Gas radon tidak dapat dilihat, dicium dan dirasakan, makanya gas ini sangat berbahaya apabila terperangkap di suatu ruangan tertutup,Badan Perlindungan dan pengawasan  Lingkungan memperkirakan bahwa hampir satu dari 15 rumah memiliki tingkat radon yang tinggi.

2. Paparan terhadap serat Asbes

Bekerja di beberapa bagian, seperti di tambang, pabrik tekstil dan pabrik akan membuat kamu berhubungan dengan serat asbes ini, asbes merupakan serat tahan panas yang terdapat pada bangunan yang sudah tua dan di alam.

Secara umum, menelan atau menghirup serat asbes dapat mengikat lendir di tenggorokan kamu. jika serat ini berjalan melalui saluran udara kecil yang berada di luar paru-paru maka sel-sel yang berada di luar paru-paru tadi bisa rusak, sehingga kamu akan terkena dan terpapar serat ini, kangker paru-paru pun siap menghantuimu.

3 Paparan terhadap karsinogen lainnya

zat berbahaya yang lain sehingga dapat menyebakan kangker paru-paru adalah sebagai berikut:

Arsenik
Knalpot diesel
Beberapa bentuk silika
Kromium
Nikel
Berilium
Kadmium
Tar dan jelaga

Dokter kesehatan merekomendasikan bahwa jika kamu  bekerja di sekitar produk ini wajib bagi kamu untuk membatasi jarak aman terhadap diri  kamu sebanyak mungkin.

4.Polusi Udara

Mempunyai tempat tinggal yang mempunyai polusi udara yang lebih tinggi akan meningkatkan risiko terkena kangker paru-paru. Badan penelitian Kangker internasional mengatakan bahwa,  223.000 orang di seluruh dunia meninggal akibat kanker paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara pada tahun 2010.

Berbagai jenis partikel (padat atau cair dan debu besar atau kecil) terlempar ke udara yang kita hirup pada saat banyaknya polusi udara di mana-mana. akan tetapi partikel-partikel mikroskopis di udara merupakan partikel yang paling berbahaya, partikel inilah yang dapat menyebabkan kangker paru-paru.

5.Inveksi HIV

Orang yang sudah terinveksi HIV kemungkinan 2 kali lebih besar lebih  mudah terkena kangker paru-paru karena pada dasarnya kekebalan tubuhnya mulai lemah dan bahkan kadang tak berdaya lagi melawan segala penyakit.

6.Sejarah Keturunan Atau Keluarga

Memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita kanker paru-paru berarti kamu  mungkin dua kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga,Namun, masih belum diketahui  sepenuhnya apakah peningkatan risiko terkena kangker paru-paru disebabkan  karena ada kesamaan gen dalam keluarga, atau bisa jadi di dalam keluarga tersebut ada yang merokok sehingga paparan asap yang dikeluarkan oleh anggota keluarga perokok dinikmati oleh kita yang tidak perokok, dan akan menambah risiko terjadinya kangker paru-paru.

Sekian  dan terimakasih kali ini mimin mebahas mengenai  6 Penyebab Kanker Paru yang Tidak Ada hubungannya Dengan Merokok  semoga informasi ini bermanfaat buat kalian.

0 Response to " 6 Penyebab Kanker Paru-Paru yang Tidak Ada hubungannya Dengan Merokok"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel