Oatmeal buat diet? Ah masa?? *random

Susah banget nelan oatmealnya
Kebanyakan orang sering bilang, kalau mau menurunkan berat badan, harus makan oatmeal pake buah, madu, bla bla bla. Dan kebetulan yang nyaranin itu badannya begitu aduhai bak gitar spanyol. Jadilah banyak yang teracuni untuk makan oatmeal itu. Oatmeal emang bagus kok. Ya kenapa bagus? Karena oatmeal mengandung tinggi serat dan baik untuk penderita kolesterol. Ditambah dengan zat-zat lainnya yang entahlah aku taunya OATMEAL BUAT DIET, OATMEAL BUAT KURUS, TITIK :D

Nah mulailah seseorang yang ga suka oatmeal ini memberanikan diri membeli oatmeal yang warna merah dengan ukuran 200gram di minimarket. Tapi orang ini agak gimana gitu ya, dia mikirnya oatmeal ini kayak bubur nasi atau bagaimana. Yaudah dia beli aja tuh sebungkus dengan jiwa dan raga yang terkena racun oatmeal bikin kurus.

Sesampainya dirumah, dia turutin instruksi yang tertera dibungkus oatmeal itu. Masukkan 2 sendok makan oatmeal dan air panas secukupnya. Jangan lupa diaduk sambil berharap oatmeal ini sudah mengandung rasa manis walaupun dia tau rasanya plain. Dia tau kok. Apa yang terjadi?
Dimakan begitu saja dan dia langsung pengen muntah seketika. Anjay rasanya kayak biskuit marie yang plain direndam dalam air panas. Atau kayak orang banjar makan gabin berandam dengan taburan gula diatasnya. Nah dari situ dia ngeluh: "mau langsing kok gini-gini amat".

Oke, 3 bulan berikutnya dia ga makan oatmeal, sisanya dia pakai buat masker wajah.
Tapi, setelah timbangan badannya lebih dari 60kg, dia mikir: "udah deh, aku coba lagi makan oatmeal".Tapi dia merubah niat makan oatmeal bukan karena pengen kurus, tapi pengen sehat. Dan itu berhasil. Dia mencoba bereksperimen dalam memakan oatmeal ini. Tapi masalahnya dia juga tidak suka susu dan madu. Dia coba memakannya dengan potongan buah, cheat dengan diselingi minum teh manis, sampai dia makan pake kuah soto ayam, bahkan dimakan dengan tumis pare. Benar-benar gila.

Dari semua eksperimen itu, dia lebih enjoy makan dengan susu (walaupun dia tidak suka susu), tapi susunya harus dalam keadaan dingin sekali. Karena kalau kalian pernah makan oatmeal ya, rasanya itu bau nya huh kuat banget. Tapi kalau dibiasakan sih rasanya bakal biasa aja. Namun, dia punya cara baru yang menurut dia lebih ok, tapi agak ngeri juga . Yaitu, dia menyuap setengah sendok oatmeal kering, dan langsung ditelan dengan air. Kemudian dia makan nasi atau makan kaya biasa, dan dia merasa kalau efeknya perut dia jadi lebih kenyang.

__________
Jadi, apa benar oatmeal buat diet?
Sepertinya beneran sih. . Makan semangkuk aja kenyangnya ampe habis dzuhur. Badan jadi lebih segar dan ga ngantuk. Tapi masalahnya adalaaahhh. . . .
Susah banget nelan oatmealnya :'(
Rasanya kaya pakan ayam yang direndam dalam air panas :'(
Tenang, aku juga pernah begitu. Sampai muntah pernah, menitikkan air mata juga pernah. Tapi intinya mah paksa aja , ntar juga terbiasa.
Katanya mau kurus *ups
Kalau kalian search di google, manfaat oatmeal itu banyak sekali, dan yang paling terkenal adalah buat diet. Ingat, buat diet ya. Karena diet ga selamanya kurus.


_____________
Kalau kalian kepo aku makan oatmeal kaya gimana, ya siap-siap ketawa aja sih, soalnya aneh tapi bisa dicoba. Selama tidak mencampurkan sianida dengan oatmeal, tidak jadi masalah kan hehe.
Oke. .
Mulai. .

1. Seduh oatmeal dengan air panas. Tok
Ini adalah saran penyajian yang paling basic. Tapi makan begini doank dijamin eneg deh. Jadi aku siasatin dengan cara:
a. dimakan pakai buah. jadi makan nya ya pakai buah. mau makan oatmeal dulu baru buah, atau buah baru oatmeal, atau keduanya, suka-suka kalian aja.
b. dimakan pake ikan/atau ayam. ya caranya sama kaya tadi, mau oatmeal nya duluan, atau oatmealnya nyusul, atau keduanya, telan aja. Jangan lupa minum biar ga serek.
b. dimakan pakai kuah cacapan. orang banjar pasti kenal apa itu cacapan. cacapan itu terdiri dari irisan bawang merah, asam jawa, dan sedikit garam yang disiram dengan sedikit air panas, dan campurkan. tapi biasanya ini temennya makan ikan asin atau ikan bakar sih. cara aku sih ambil sesendok oatmeal dan sdkt saja cacapan, dan makan. ulangi sampai oatmealnya habis.

2. Dimakan dalam keadaan tanpa diseduh
Ngeri amat min. Biarin wkwk. Agak tricky dan kepepet sih. Tapi serius, aku tuh kalau lagi mager mau sahur, aku cuma makan kaya begini. Beneran deh, tapi tetap kenyang ampe buka puasa, kalau kamu buka puasa jam 10 pagi. Wkwk canda deh. Sampe magrib kuat kok asal niat aja. Aku sih mau dpakai sahur atau makan harian oke oke aja sih. Aku bisanya makan 2 sendok makan oatmeal kering dengan air putih. Dengan catatan, makan nya per setengah sendok sambil di telan dengan air putih. Atau kalau mau makan nasi, aku makan 1 sendok makan oatmeal baru makan kaya biasa. Dijamin deh porsi makan kamu bisa lebih sedikit daripada biasanya deh. Tapi hati-hati jangan sampe tersedak ya.

3. Dicampur ke teh atau susu hangat, dan minum
Ini juga sering kucoba kalau lagi mager banget. Jadi masukkan sesendok atau 2 sendok oatmeal ke teh anget atau susu hangat, langsung minum jangan tunggu oatmealnya lembek. Hehe jadi berasa minum sereal gitu dan rasanya lebih bersahabat dengan lidah gitu.

4. Disajikan dengan kuah susu
Ini sebenarnya bikin nya simpel, tapi aku nya gak suka :( jadi kamu seduh dulu oatmealnya , baru tuang dengan susu, dan dimakan deh. Banyak yang suka, tapi aku gak suka sih. Ya mau gimana lagi :(

5. Dibikin "overnight oatmeal"
Nah ini baru enak. Cukup siapkan jar kaca, siapkan oatmeal dan susu atau jus buah. Kemudian diamkan secara semalaman. Bikin nya sebelum tidur dan besoknya jadikan sarapan deh. Ditambah buah juga enak. Ini kesukaan aku banget ni. Enak dingin-dingin gimana gitu.

6. Disajikan dengan kuah sup/soto ayam
Hah??? Ah ga usah kaget. Toh sekarang udah ada yang jual oatmeal rasa soto. Wkwk. Ini enak sih. Makannya kaya jadi makan bubur kuah soto.  Tinggal seduh oatmeal dan guyur dengan kuah soto, tambahkan suwiran ayam dan telur beserta perasan jeruk nipis. Sedap loh, kayak ga makan oatmeal. Wkwk.


----------
Lah katanya mau diet tapi koq makan nya enak??
Haduh, diet bukan berarti menyiksa diri. Ya cara-cara aku tadi bisa kalian atur donk. Gunakan susu low fat, jangan over garam dan gula, hindari micin, intinya ya kalian atur aja lah supaya kalian tetap bisa menikmati oatmeal tapi kalorinya tetap terkontrol. Sesekali, coba makan oatmeal yang plain deh kalau pengen cepat kurus hehe.
Udah ah, tulisan nya mulai ngawur. Intinya yang mau coba silahkan. Mimin ga maksa koq :p

0 Response to "Oatmeal buat diet? Ah masa?? *random"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel