Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Beberapa Penyebab Gusi Menjadi Bengkak

Konten [Tampil]

Gusi bengkak di sebabkan

Rasa Sakit yang disebabkan oleh Gusi Bermasalah menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Apalagi jika sakitnya sampai mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Ada banyak Sekali penyebab Gusi Bengkak yang dapat anda alami. Mulai dari masalah sepele, hingga masalahnya bisa menjadi lebih serius, sakit yang disebabkan Gusi membengkak perlu diobati dan diatasi sedini mungkin, Agar sakitnya tidak berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas keseharian anda.

Gusi yang Bengkak bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab, Bisa disebabkan oleh sisa makanan yang tersangkut di sela-sela Gigi. Biasanya hal ini dianggap sepele, dan dianggap hal yang wajar, Padahal sisa-sisa makanan tadi membawa kuman dan menjadi benda kotor di dalam mulut.

Lama kelamaan bisa menyebabkan Gusi Bengkak dan area mulut anda menjadi Sakit, hingga sampai meradang. Bahkan bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu anda lakukan pembersihan di area mulut dengan melakukan sikat Gigi dan menggunakan benang gigi. Selain faktor makanan yang sangkut, sebenarnya banyak faktor lain yang menyebabkan Gusi Bengkak dan mengalami iritasi di antaranya.

Proses Kehamilan ( Masa Hamil )

Tahukah anda, jika hamil dapat menyebabkan Gusi anda menjadi bengkak, Ibu hamil mengalami perubahan hormon yang sangat signifikan, Kondisi tersebut mengakibatkan aliran darah di sekitar gusi meningkat, sehingga gusi pada ibu hamil semakin menjadi lebih sensitif.

Terkadang beberapa pembengkakan pada gusi pun terjadi pada ibu hamil, Oleh karena itu hal yang wajar jika ibu hamil mengalami kejadian Gusi menjadi bengkak. Obati dan atasi sesuai dengan anjuran Dokter.

Sensitif Terhadap Sikat dan Pasta Gigi

Gusi bengkak di sebabkan pasta gigi

Penyebab lain Gusi menjadi bengkak adalah sikat dan pasta gigi, beberapa pasta gigi memiliki bahan dasar kasar, sehingga membuat Gigi dan Gusi anda menjadi lebih sensitif dan menyebabkan iritasi, Bahkan ada sikat gigi yang memiliki bulu lebih kasar sehingga dapat melukai gusi anda.

Maka dari itu anda harus benar-benar memilih pasta gigi yang sesuai dan dengan bulu-bulu yang lembut untuk mulut anda yang mudah iritasi, Tujuannya agar tidak terjadi iritasi lagi dan Gusi anda aman dari pembengkakan.

Gingivitis

Menjadi penyebab Pembengkakan Gusi berikutnya, kejadian ini sering dialami oleh sekian banyak orang, Selain gusi bengkak, Gingivitis ditandai dengan gejala lain, seperti bau mulut yang tidak sedap, Gigi Sensitif, gusi berdarah, dan lain sebagainya.

Untuk permasalahan ini, anda perlu memeriksakan nya ke dokter, karena bisa jadi permasalahan ini menjadi berat apabila tidak anda hiraukan, Dan menjadi permasalahan gigi dan gusi yang lebih parah daripada sebelumnya. Nanti jika sudah dilakukan diagnosa oleh dokter, mereka bisa menentukan bentuk perawatan seperti apa yang bisa di perlukan untuk anda.

Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C dan Mineral merupakan salah satu penyebab Gusi anda menjadi lebih sensitif dan bisa menyebabkan Gusi Bengkak, bahkan berdarah. Untuk mengatasi kekurangan vitamin dan mineral tersebut, maka anda perlu memperhatikan dan mengonsumsi buah buahan yang banyak mengandung Vitamin C nya. Serta jangan lupa untuk minum yang cukup, agar mineral dalam tubuh anda terpenuhi dan tidak menyebabkan Dehidrasi.

Penting sekali hal tersebut dilakukan, mengingat permasalahan gusi ini jangan dibiarkan berlarut-larut sehingga menyebabkan Iritasi yang lebih parah lagi.

Periodontitis

Gusi bisa bermasalah akibat dari Periodontitis, Kondisi ini terjadi ketika adanya infeksi gusi yang cukup serius sehingga merusak jaringan lunak serta tulang penyokong gigi.

Perlu diketahui, periodontitis merupakan kelanjutan dari gingivitis yang sudah parah. Tidak hanya gusi yang bengkak dan berwarna merah, kondisi ini juga dapat membuat gusi berdarah, keluar nanah, menyusut, serta bau mulut terus menerus. Anda harus memeriksanya ke dokter untuk permasalahan gusi yang satu ini.

Agar Dokter bisa melakukan diagnosa dan melakukan penanganan yang tepat untuk permasalahan yang ada pada Gusi anda.

Merokok

Semua orang tahu merokok bahaya bagi paru-paru dan jantung. Namun, apakah Anda tahu bahwa rokok juga bisa jadi penyebab gusi Anda bengkak dan sakit tidak tertahankan,Sampai Bikin anda menangis.

Merokok dapat meningkatkan risiko berbagai infeksi gigi dan gusi. Bahkan, orang yang merokok diketahui lebih berisiko terserang penyakit gusi daripada yang tidak merokok.

Merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Itu sebabnya, para perokok berisiko tinggi mengalami infeksi gusi, sehingga gusinya kadang meradang dan berdarah.

Jika kebiasaan buruk ini dibiarkan terus-terusan, infeksi gusi akan semakin parah dan lebih sulit untuk disembuhkan.

Itulah beberapa penyebab Gusi menjadi bengkak, yang dapat kami paparkan informasinya kepada anda, Jika gusi anda mengalami pembengkakan, maka Segera saya lakukan penanganan sebelum pembengkakan Gusi menjadi lebih parah, Lebih cepat lebih baik.

Post a Comment for " Inilah Beberapa Penyebab Gusi Menjadi Bengkak"