Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembangkan Startup Digital Dengan Bantuan Kursus

Konten [Tampil]

mengembangkan startup digital

Perjalanan Bisnis Digital di Indonesia pada Tahun 2021 Ini mengalami Lonjakan yang Cukup keras, Berbagai macam sektor Perekonomian Hampir menggunakan sistem digital untuk memasarkan suatu produknya.

Hal ini sejalan dengan peningkatan Kasus Covid 19 yang sedang terjadi dimana-mana, sehingga menyebabkan berbagai macam toko, pasar, Mall, swalayan dan Toko Kecil lain di berikan waktu terbatas untuk buka dan melayani Pelanggan.

Bahkan pelanggan pun kadang enggan Pergi kepasar pada saat Pandemi Corona ini, Sehingga membuat para pedagang Lesu dan banyak Yang menutup Tokonya. Sebenarnya dampak ini merupakan salah satu dampak yang paling besar semenjak Era Krisis Moneter Tahun 1998.

Hampir banyak toko yang mengibarkan Bendera Putih , Karena sudah menyerah dan Tak sanggup Lagi Bayar sewa toko, Alhasil mereka memilih Gulung Tikar, karena sepinya Pelanggan.

Mengingat dan Melihat kejadian itu semua, sebagian Pengusaha Lain Banyak yang banting setir dan mencari cara agar Usahanya tidak Tutup Permanen. Banyak orang yang mulai berusaha untuk membangun Sebuah Startup Digital.

Startup Digital merupakan sekumpulan Individu yang membentuk organisasi sebagai salah satu perusahaan rintisan yang akan menghasilkan sebuah Produk dalam Bidang Teknologi ( Yevgeniy Brikman, 2015 ).

Jadi banyak sekali para pengusaha yang membangun perusahan kecil-kecilan di masa pandemi ini, Di indonesia Sendiri Bisnis Startup Digital ini mulai menjamur. Keberhasilan di bidang Online membuat para pengusaha banyak yang menciptakan berbagai macam website, aplikasi, atau Toko Online untuk memasarkan produk yang dihasilkannya.

Namun dengan adanya Startup Digital ini, Masyarakat akan terbantu, Kemudahan dalam menjangkau pasar digital di depan mata. Tinggal rebahan saja maka mereka bisa membeli barang yang diinginkan.

Sumber daya Manusia yang mengembangkan startup digital ini pun perlu dilatih agar menjadi mahir dalam mengelola baik website, atau aplikasi yang menggunakan sistem digital. Karena tidak semua orang bisa mengoperasikan dan memahami sistem digital,  Apalagi jika berkaitan dengan Pemrograman sistem  digital.

Cara Memahami Startup Digital dengan Bantuan Kursus

Sebenarnya dalam mengembangkan bisnis ini para pengembang startup digital, baik yang bergerak secara Perorangan maupun Kelompok. Harus memperhatikan dan mempelajari target pasar dulu, Dan melakukan kursus agar pengembangan Startup digital nya sempurna.

Di indonesia Sendiri masyarakat belum banyak yang tahu apa itu startup studio, Sebuah pelatihan atau bantuan kursus yang di naungi langsung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), telah dibuka dan menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi pengembang startup digital. 

Startup  Studio Indonesia Sekarang ini sudah sukses menjaring sekitar 20 Startup Digital di Gelombang 1  ( Batch  1) dan  ada sekitar 15 Startup di Batch  ( Gelombang 2 ). Namun pada saat ini Startup Studio Indonesia Kembali mengundang Startup Tanah Air untuk segera bergabung pada Gelombang 3.

Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ( KOMINFO ) Republik Indonesia, untuk membidik dan menyasar para pelaku bisnis startup yang potensial untuk mendapatkan akses ke sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengembangkan Bisnis yang mereka bangun

Tujuan Startup Studio Indonesia Cukup sederhana, Mereka ingin mendukung ekosistem berbagai macam Startup nasional yang lebih berdaya saing sangat tinggi. bahkan akan memberikan pemerataan akses yang ada di seluruh indonesia  dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, kompetensi dan memperluas jaringan kepada startup di seluruh Indonesia.

Apabila semakin banyak startup daerah, pedesaan dan dari UMKM yang bisa mengikuti seleksi ini pada batch tahap 3 yang sedang berlangsung maka semakin banyak pula pemuda – pemudi daerah yang tampil di level nasional. Sehingga dunia digitall Indonesia semakin maju dan di depan.

Sebenarnya startup Indonesia ini bertujuan untuk mendukung startup Nasional yang memiliki daya saing tinggi, peningkatan sumber daya manusia dalam mengelola startup akan diberikan pada pelatihan dan kursus yang diselenggarakan lewat startup studio indonesia.

Untuk peserta di gelombang ketiga semua harapan banyak startup yang ikut, baik yang masih merintis, atau yang perlu dana, dalam proses pendanaan Bootstrap, Pre-seed, Angel-Round, hingga seed, semuanya diharapkan bisa ikut dalam seleksi ini, sehingga akan didapatkan startup yang berkualitas dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan selama kursus.

Sehingga pada saat Mengikuti Kursus pada batch ke 3 ini startup di harapkan sudah memiliki badan Hukum yang jelas, dan syarat lain untuk mengikuti pelatihan Startup Digital ini Founder atau pendiri telah bekerja Full Time dalam kepengurusan Startupnya.

Dan harus menunjukkan kemampuan yang mungkin dimiliki oleh startup mereka, itu harus di deskripsikan dan benar-benar ditujukan kepada panitia seleksi. Untuk Seleksi Batch Ke 3 ini, periode pendaftaran berlangsung Mulai dari 15 Juli – 15 Agustus 2021. Penilaian untuk dokumen persyaratan akan dilakukan dengan meneliti startup seluruh pendaftar menjadi sebuah 30 besar startup yang akan mengikuti Dewan Kurator.

Selanjutnya akan dilaksanakan proses seleksi yang dilakukan pada tanggal 2 sampai 3 september 2021, Pada tahapan ini, 30 besar startup akan di berikan kesempatan selama 15 menit yang akan dibagi menjadi 3 menit untuk elevator pitch, dan 10 menit tanya jawab dengan 5 Dewan Kurator, jadi persiapkan diri anda untuk mengikuti seleksinya. semoga saja berhasil dan masuk ke babak Final. Sehingga Terpilih sebagai salah satu orang yang mengikuti kursus startup digital Indonesia ini.

Untuk pengumuman akhir para pendaftar Sekitar 8 September,  yang mana disini akan di umumkan siapa saja yang akan mengikuti tahap selanjutnya , karena akan ada sekitar 15 startup digital yang akan dipilih pada hari tersebut.

Kurikulum Startup digital Indonesia

Kurikulum yang digunakan akan menyesuaikan  dengan perkembangan startup Indonesia sekarang, salah satunya adalah dengan membuat serangkaian forum untuk diskusi membahas tentang startup Indonesia. Dilatih dengan coaching handal dalam mengendalikan startup, maka siap siap kan dengan matang untuk mengikuti seleksi ini, karena pelatihnya sangat luar biasa hebat-hebat.

Visi

Menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya untuk diakses oleh para founder startup dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia.

Misi

Memfasilitasi akselerasi dari startup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan jejaring untuk mengembangkan skala usahanya. Sehingga Startup indonesia akan berkembang menjadi startup hebat. dan memberi Kebermanfaatan bagi orang lain.

Tema Kegiatan Startup Indonesia

Mengusung tema “More Brainstorming, Less Classes”, para pendiri early-stage startup terpilih akan mengikuti serangkaian kegiatan coaching dan mentoring yakni Founder’s Camp pada 27 September-1 Oktober 2021 dan 1-on-1 Coaching oleh lebih dari 60 pendiri dan praktisi startup aktif terkemuka dari berbagai sektor bisnis pada 4 Oktober hingga 16 Desember 2021.

Founder’S Camp Startup Digital indonesia

Rangkaian mentoring atau brainstorming dengan para pelaku industri, untuk mendiskusikan ilmu praktis yang harus dikuasai para founder untuk mengembangkan skala usahanya.Sehingga akan menimbulkan sikap yang lebih matang dalam pengembangan startup Yang dimilikinya dilakukan selama 5 Hari dengan Topik yang berbeda - beda tiap harinya seperti berikut :

Durasi:

5 hari

Topik mencakup:

  • Product Strategy
  • Fundraising (Finance & Legal)
  • Marketing
  • Customer Experience
  • Product Mindset

1-on-1 Coaching

pelatih di startup Studio


Sesi privat per-startup untuk mendapatkan sesi konsultasi dan supervisi eksekusi bersama para ahli dengan fokus utama strategi pengembangan produk untuk mencapai product-market-fit, strategi pengembangan skala bisnis, marketing, serta pengembangan teknologi. Yang berdurasi selama 11 minggu anda harus senantiasa mengikuti pelatihan ini apabila Lolos seleksi.

Di akhir sebuah program, nantinya pada setiap pengembang startup akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan Bisnis yang sedang ia kelola,kepada pemangku kepentingan dan lembaga pemerintahan. Sehingga bisa mendapatkan perhatian pemerintah.

Oleh karena itu pentingnya membangun startup dalam dunia bisnis merupakan salah satu langkah untuk bertahan selama masa pandemi ini, karena startup digital sifatnya Online dan mudah di pasarkan di mana - mana.

Manfaat Pengembangan Startup Digital

Sebenarnya banyak sekali manfaat pengembangan dan pelatihan startup digital ini, diluncurkan pada tahun 2020 dengan para pelatih yang luar biasa, Startup studio Lebih memfokuskan pada pembelajaran berbasis Inkubasi dengan pembangunan Pondasi Startup nasional yang berdaya saing tinggi.

Startup Studio Indonesia telah menyelenggarakan dua Gelombang yang mana pada program tersebut sudah selesai pada tahap mentoring dan coaching, jadi tinggal penerapannya saja lagi pada startup digital yang telah mereka kelola.

Para alumni telah merasakan manfaat yang luar biasa pada saat bergabung dengan program pelatihan startup digital ini.

Bahkan para alumni bisa berkolaborasi dan bekerja sama dalam pengembangan startup digital mereka, sehingga akan mengembangkan berbagai macam produk mereka.

Saat ini, batch 3 tengah berjalan. Saat pendaftaran Startup Studio Indonesia Batch 3 pada 15 July – 15 Agustus 2021, ada banyak startup dari 34 provinsi di Indonesia yang mendaftar. Sekarang giliran anda mendafatar di situs https://startupstudio.id/.

Startup studio Indonesia mempunyai keinginan tercapainya dunia digital pada tahun 2024 sudah sangat baik. Kominfo menargetkan sekitar 150 Startup digital akan berhasil mengembangkan skala bisnisnya dari jumlah pengguna, jumlah pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Sehingga banyak orang menerima manfaat startup anda, dan bisa menjangkau seluruh Indonesia dengan baik.

Post a Comment for "Cara Mengembangkan Startup Digital Dengan Bantuan Kursus"