Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Gejala Jantung Koroner Yang Harus di Waspadai Sejak Dini

Konten [Tampil]

gejala umum pada jantung koroner

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting untuk kehidupan manusia. Jantung merupakan organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung sendiri memiliki pergerakan hampir tiap menit hingga detik, Secara rata-rata, jantung manusia berdenyut 72 kali per menit dalam status beristirahat dan memompa 4 hingga 7 liter darah pada tiap menit.

Sehingga apabila jantung mengalami masalah maka banyak organ tubuh yang terganggu karena suplai darah yang tidak teratur ke organ tubuh lainnya.

Kebanyakannya orang yang mengalami permasalahan nyeri pada jantung lebih cepat tanggap daripada permasalahan di organ lain. banyak orang yang khawatir apabila terjadinya nyeri di sekitar jantung mereka.

Padahal nyeri yang ada pada sekitaran jantung bisa saja disebabkan oleh faktor seperti otot yang terjepit ataupun adanya kelainan psikis lain.

Namun biasanya yang terjadi pada jantung itu disebabkan oleh penyakit jantung koroner. bisa juga terjadi karena katup jantung yang bermasalah,tentang adanya pembuluh darah yang tidak lancar di sekitar jantung sehingga menyebabkan nyeri.

Waspada penyakit jantung koroner

Perlu Anda ketahui jika penyakit jantung itu beragam jenisnya,namun kebanyakan yang telah terjadi di masyarakat banyak orang yang telah terserang dengan penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Serangan jantung koroner ini merupakan pembunuh nomor 1 di dunia dan banyak orang menjadi korbannya.

Bahkan kata WHO menyebutkan pada 2016, jumlah orang yang meninggal dunia akibat jantung koroner mencapai 9,4 juta jiwa atau mencapai 126 orang per 100.000 jiwa.

Karena banyak sekali orang yang meninggal makanya penyakit jantung koroner merupakan pr di setiap negara di dunia yang harus diselesaikan atau paling tidak menurunkan angka kematian akibat terkena serangan jantung.

Data yang banyak tersebut menunjukkan bahwa jantung merupakan bagian yang sangat penting di kehidupan manusia oleh karena itu pola hidup sehat sangat dianjurkan, untuk menghindari terjadinya jantung koroner.

Dikarenakan penyakit jantung ini tidak memandang usia muda atau tua, mereka yang umurnya 20 sampai 30 tahun pun sekarang rentan terkena jantung koroner. Bukan hanya kalangan tua saja yang muda pun perlu sekali waspada.

Banyak kasus jantung koroner yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak ada orang yang mengetahuinya. hal ini dapat berakibat fatal bagi mereka yang telah mengalaminya bahkan bisa menyebabkan kematian.

Gejala - Gejala Awal Jantung Koroner

Kefatalan yang sering terjadi ketika terjadi jantung koroner hingga menyebabkan kematian membuat orang terdekat menjadi panik.

Serangan jantung koroner diakibatkan adanya penumpukan plak atau timbunan lemak yang terdapat di arteri koroner. Ketika penumpukan plak tersebut semakin banyak dan semakin menumpuk, hal ini akan mempersempit arteri koroner. Sehingga, membuat aliran darah ke jantung menjadi terganggu dan semakin berkurang.

Sehingga pasokan oksigen di dalam darah semakin menipis sehingga terjadilah serangan jantung yang tidak bisa kita duga.

Kemungkinan besar Sebelumnya telah mengalami beberapa gejala gejala yang mungkin bisa diidentifikasi terlebih dahulu sebelum penyakit ini memburuk di kemudian hari.

lantas gejala-gejala apakah yang sering muncul, yang harus diwaspadai untuk menandakan terjadinya gejala umum pada jantung koroner sebagai berikut simak baik-baik yah :

Sesak Nafas

Sesak nafas terjadi akibat tidak mampunya jantung memompa darah keseluruh tubuh. sehingga pasukan oksigen yang mengalir ke dalam darah dan ke organ-organ tubuh penting lain menjadi terhambat, oleh sebab itu maka terjadilah penyempitan pernapasan.

Ketika anda mengalami sesak nafas, segeralah Untuk melakukan pertolongan pertama.  Misalkan mengambil minyak telon atau tegak kan badan agar pernapasan menjadi lancar. jika memungkinkan maka segeralah untuk berobat ke rumah sakit atau ke tempat kesehatan terdekat.

Mual dan Muntah

Merasa Mual dan Muntah

Pada saat jantung mengalami kekurangan oksigen maka tubuh anda akan mengalami gejala iskemia. Yang mana tubuh anda akan berkeringat secara berlebihan, rasa mual dan muntah hingga tubuh menjadi lemas.

Hal ini terjadi karena pembuluh darah di jantung yang tadinya kaya akan oksigen.  Setelah mengalami kekurangan oksigen maka pembuluh darah tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik.  Maka terjadilah gejala mual dan rasa ingin muntah.

Yang lebih parah dapat menyebabkan Anda pingsan seketika. Bahkan di beberapa orang langsung bisa terjadi stroke dan beberapa organ tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Nyeri Dada

Penyakit jantung identik dengan nyeri dada, namun ketika anda merasakan nyeri dada bisa jadi itu bukan penyakit jantung. oleh karena itu pahami dan rasakan gejala yang benar-benar terjadi pada tubuh anda.

Jantung koroner terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah oleh flek-flek lemak didalam tubuh yang telah menumpuk sekian lama. Karena penyumbatan darah yang terjadi di arteri koroner mengalami pembengkakan dengan menunjukkan tanda-tanda seperti merasakan rasa nyeri di dada.

Jantung berdebar

Salah satu gejala terjadinya jantung koroner adalah jantung berdebar sangat kencang.  Hal ini terjadi karena jantung tidak stabil dalam memompa darah kadang cepat kadang lambat.

Ketika anda melakukan aktivitas berat maka jantung terasa sangat berdebar. Berbeda orang yang telah mengalami jantung koroner banyak di lapangan. Telah terjadi serangan jantung mendadak akibat kelelahan beraktifitas. sementara pembuluh yang ada di jantung mengalami kerusakan atau penyumbatan plak lemak.

Nah itulah beberapa informasi mengenai Jantung Koroner. Semoga anda lebih mewaspadai Gejala yang muncul pada diri anda ketika terjadi hal yang demikian. Sekian Informasi ini saya berikan semoga saja bermanfaat buat kalian semua.

Post a Comment for "Simak Gejala Jantung Koroner Yang Harus di Waspadai Sejak Dini"