Daftar Pelabuhan Paling Terkenal Di Indonesia

Konten [Tampil]

pelabuhan terkenal di Indonesia

Pelabuhan adalah tempat yang digunakan untuk kapal berlabuh. Ibaratnya pelabuhan adalah terminal bagi kapal. Pelabuhan di Indonesia juga menjadi salah satu pusat perekonomian dari masyarakat, dimana disini lah tempat penyeberangan antar pulau dilakukan melalui pelabuhan.

Pelabuhan tentu saja akan sangat ramai apabila ada banyak orang yang ingin melakukan transmigrasi atau ingin berpindah antar pulau. Pelabuhan tentu saja juga menjadi titik terpenting untuk sarana transportasi antar pulau yang dilakukan melalui jalur laut.

Hal ini karena kapal menjadi salah satu alternatif alat transportasi yang dipilih oleh masyarakat yang tidak mampu untuk membeli tiket pesawat. Seperti yang kita ketahui bahwa harga tiket kapal ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat, oleh sebab itu wajar saja jika banyak orang yang memilih kapal sebagai alat transportasi jika ingin menyeberang antar pulau.

Pelabuhan Paling Terkenal Di Indonesia

Karena Indonesia merupakan kepulauan, tentu saja keberadaan pelabuhan di Indonesia ini sangat banyak. Bahkan jumlah pelabuhan yang ada di Indonesia ini bisa mencapai puluhan jumlahnya. Dari banyaknya pelabuhan di Indonesia tersebut tentu saja terdapat beberapa pelabuhan yang terkenal.

Apakah anda ingin mengetahui apa saja pelabuhan yang paling terkenal di Indonesia? Jika anda tertarik untuk mengetahuinya, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan daftar nama pelabuhan yang ada di Indonesia yang paling terkenal.

Pelabuhan Tanjung Priok

pelabuhan tanjung priok

Pelabuhan yang berada di wilayah Jakarta Utara ini dulunya adalah sebuah pelabuhan alternatif yang sekarang menjadi sangat ramai. Alasan dibangunnya pelabuhan Tanjung Priok ini adalah karena banyak sekali terjadi penumpukan kapal yang terjadi di pelabuhan Sunda Kelapa. Memang awalnya dulu pelabuhan ini sepi, namun saat ini Tanjung Priok menjadi salah satu pelabuhan yang terkenal di Indonesia.

Banyak sekali aktivitas kapal yang terjadi di Tanjung Priok, mulai dari aktivitas bongkar muatan dari dalam hingga luar negeri. Tidak heran jika pelabuhan Tanjung Priok ini sangat ramai dan begitu terkenal.

Pelabuhan Merak

Berada di wilayah Banten pelabuhan ini menjadi pintu keluar dari Jawa menuju Sumatera hingga sekarang kegiatan ekonomi berada di sana. Kegiatan perekonomian yang terjadi di pelabuhan ini bisa dibilang sangat padat. bahkan setiap harinya banyak kapal-kapal yang singgah disini.

Apalagi saat musim liburan dan juga lebaran tiba, sudah bisa dipastikan aktivitas di pelabuhan Merak ini sangat padat. Begitu juga dengan pemandangan lonjakan penumpang yang terjadi di pelabuhan ini.

Kebanyakan penumpang yang singgah di pelabuhan Merak ini adalah mereka yang ingin pergi ke pulau Sumatera. Pelabuhan merak ini juga menjadi salah satu akses untuk pintu masuk dan keluarnya kapal dari pulau Jawa ke Sumatera.

Pelabuhan Tanjung Perak

pelabuhan tanjung perak

Pelabuhan yang berada di kota Surabaya ini menjadi pelabuhan yang legendaris di Pulau Jawa. Pelabuhan ini tentu saja menjadi salah satu kebanggan dari masyarakat Kota Surabaya. Bahkan nama pelabuhan ini juga sempat diabadikan menjadi judul lagu dari seniman Indonesia.

Untuk anda yang berkunjung ke kota Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke Pelabuhan Tanjung Perak ini karena menjadi salah satu pelabuhan paling terkenal di Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Mas

pelabuhan tanjung mas seamarang

Pada saat jaman Belanda pelabuhan ini dibangun mercusuar guna membuat kota Semarang menjadi kota dagang. Merupakan sebuah pelabuhan yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Pelabuhan ini dikelola Oleh PT Pelabuhan Indonesia III sejak tahun 1985.

Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan pulau Sumatera ini sering terjadi lonjakan saat musim lebaran tiba. Sama seperti kebanyakan pelabuhan. Aktivitas di pelabuhan ini sangat ramai saat musim lebaran dan liburan tiba.

Setiap harinya hampir ratusan kapal feri berlabuh disini yang mengantarkan penumpang pulang pergi dari Pulau Sumatera.

Pelabuhan Ketapang

Berada di wilayah Banyuwangi pelabuhan ini sebagai jembatan penghubung bagi orang yang ingin ke Bali selain itu pelabuhan ini menjadi wilayah yang paling timur pulau Jawa.

Pelabuhan Gilimanuk

Pelabuhan ini yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali jika anda ingin meninggalkan atau menuju ke Bali.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan ini banyak menyimpan nilai sejarah terutama perihal pembangunan pada kota Jakarta dari dahulu sampai dengan sekarang.

0 Response to "Daftar Pelabuhan Paling Terkenal Di Indonesia"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel