Taman Mina Tirta Pelaihari


Sudahkah kalian liburan di minggu ini? tentu saja
liburan yang aku maksud adalah liburan ke luar kota,
bukan liburan ke mall-mall itu :D . Kalau kalian bilang
belum liburan, berarati kita senasib.

Aku mau menshare sedikit tentang liburan singkatnya
aku pas bulan puasa kemaren, bahkan sebenarnya
ini bukan dikatakan liburan juga karena waktu itu ada
acara pelatihan di salah satu daerah di kalimantan
selatan. Aku sih lumayan sering ke daerah itu setiap
kali aku melewati satu tempat wisata gratisan yang
disediakan pemerintah daerahnya itu, aku merasa
tempatnya selalu ada aja orang yang datang. padahal
itu cuma taman kota loh, taman. Tapi tempatnya selalu
rame.


Mumpung pas aku datang ini suasananya sepi (ya iya
lah orang lagi puasa juga, siapa yang rajin banget
nyantai di taman kota pas menjelang zuhur yang
panas terik khas bulan puasa) aku dan temanku
memutuskan singgah ke taman itu sambil menunggu
pelatihan nya dimulai (soalnya lokasi
pelatihan nya tidak jauh dari tamannya).


Begitu aku sampai disana, suasanya rindang banget.
panas sih tapi tertolong sama angin dan suasana
alam yang syahdu, plus bikin ngantuk. lokasi tamannya
walau kecil tapi lumayan lega banget. Apalagi aku
kesana pas siang-siang di bulan puasa, bawaannya
pengen tidur disana, tapi tidak bisa.

Yang mencolok perhatianku adalah papan tata tertib
sama papan peringatannya ini. Papan tata tertibnya
ditata dengan apik dengan bahasa yang menyentuh
hati (plus bikin galau hehe). Enaknya tuh, tulisan dan
gambarnya sinkron namun mudah difahami, sehingga
ya wajar saja kalau papan pengumumannya apik
begitu, taman nya jadi terawat dengan rapi dan indah.

kalimatnya itu loh, nusuk banget
Begitupun dengan papan peringatannya. alih-alih
menggunakan teks yang panjang panjang,
di taman mina tirta ini peringatan cukup dikasih
dengan gambar-gambar saja, seperti dilarang
memakai kendaraan bermotor di sekitar taman,
dilarang pacaran/berdua-duaan seketika jomblo
pun bahagia , dilarang menggunakan obat-obatan
terlarang, dan lainnya. Silahkan kalian fahami
sendiri gambarnya. Menurut aku ini adalah cara yang
cukup jitu karena otak manusia harus mencerna dulu
itu gambar apa saja, berbeda kalau peringatan
langsung teks , kita pasti merespon
oh gitu, udah kelar.

dilarang pacaran :D
Tamannya ini komplit karena dia juga mempunyai
fasiitas bermain anak-anak yang masih bagus dan
terawat banget. Ada ayunan, jungkat-jungkit,
perosotan, sama permainan apa gitu yang biasanya
buat gantung-gantung. ah elah yang nulis pun lupa
namanya apa. Tapi yang jelas sih, taman mina tirta
juga bagus dijadikan tempat bermain dan sekalian
mengasah kemampuan kognitif anak. Sekarang anak
anak kebanyakan lebih banyak beraktivitas di dalam
ruangan ditambah bermain gadget kan, makanya
sekali-sekali ajak anaknya kesini menikmati alam
sambil bermain-main di luar.


simpel, tapi asri



Di seberang taman mina tirta ada taman orchid atau taman anggrek. tamannya juga sama-sama kelihatan bagus kalau dilihat dari taman mina tirta. sayang nya waktu itu aku cuma punya sedikit waktu sehingga aku cuma bisa ekplore taman mina tirta saja. tapi emang ih kota Pelaihari penataan kota nya juara banget. seperti tertata rapi sehingga terasa sejuk dan nyaman dipandang
di seberang taman pun ada taman


Dibandingkan dengan beberapa taman yang ada di Pelaihari (yup, ada banyak taman di daerah ini), yang menjadi pembeda taman mina tirta dengan taman lainnya adalah adanya danau yang iconic banget. kapan lagi bisa duduk santai sambil memandang pemandangan plus ada danau nya lagi. sungguh asik bukan? Ditengah pulau juga ada pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan. Dijamin, kalian makin betah foto-foto.

Sssttt… sudah suasana tamannya asri banget, ada wifi gratis lagi yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat. Kebanyang donk makin lupa waktu kalau kalian kesini, apalagi kalau kalian kesini bawa baterai handphone full plus bawa powerbank. benar-benar lupa daratan kalian kalau kesini. Atau menulis blog sambil mendengarkan streaming musik online pake headphone, duh syurgawi banget. Andai tempat tinggalku dekat kesini, udah jadi tempat nongkrong sambil mencari inspirasi tiap minggu nih.


kebayang banget ademnya
jembatan biru nya juga iconic banget

Taman Mina Tirta yang terletak di daerah Pelaihari,
lebih tepatnya dekat dengan bundaran Monumen
Tanah Laut Membangun ini bisa dijadikan destinasi
wisata bagi yang penat dengan runitas. Kalau kalian
ke Pelaihari jangan lupa mampir ke Taman Mina Tirta
ya :)

3 Responses to "Taman Mina Tirta Pelaihari"

  1. Kalau mamaku asli Kalimantan Tengah. Ya seharusnya wisata seperti ini harus diexplore diup bisr makin hitz karena layak dikunjungi

    ReplyDelete
  2. wahh bagus bangett tamannya, walaupun siang hari kesana tapi tetap rindang yahhh. tapi jauh sih dari rumah ku hehehe

    ReplyDelete
  3. karena rumput juga berhak untuk hidup !!! bravo bangeeet

    ReplyDelete

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel