Kuliner yang sering ada di drama korea

Makanan Yang ada di korea
Makanan Korean
Buat para penggemar K-drama pasti udah khatam dengan beberapa jenis makanan yang ada di drama tersebut. Dan kemudian mulai bermimpi agar disuapin oppa makanan itu tapi kalau disuapin Sannakji mampus lo wkwk . Tapi banyak juga yang sekedar tahu tapi belum kenal banget sama apa saja yang ada didalam makanan tersebut, cuma tau namanya doank karena terlalu fokus sama oppa nya ekekekek.

Jadi mimin mau ngenalin beberapa jenis makanan yang biasanya nongol di drama korea itu.. Pasti udah banyak yang tau tapi kepo sebenarnya itu bahannya apa aja sih gitu #apalah ga jelas banget.
Udah ready ?? Yuk kita mulai dari. . .

1. Ramyeon
Mau drama jenis apapun tetep ya makanan nya ramyeon atau mie instan korea wkwk. Biasanya tuh ya di drama korea makan ramyeon pasti ada kimchi ada telor dan kadang-kadang ada potongan daging. Enak banget kalo dibayangin wkwk. Secara size, ramyeon lebih gede gitu dari mie instant lokal. Bumbunya pun lebih khas juga. Setahu mimin bedanya cuma itu. Kan mimin tau nya makan aja wkwk. Oia, yang jadi ciri khas ramyeon adalah dimasak dan dimakan pakai panci yang sama. Duh kebayang kan nikmatnya gimana.

2. Kimchi
Makanan Khas Korean
Kimchi enak
Nah, ini juga sering banget nongol di drama korea. Biasanya ini temennya makan ramyeon ataupun makanan daging-dagingan juga ditemenin kimchi.
FYI, kimchi sama acar beda ya. Kalau acar biasanya pake cuka, kalau kimchi enggak pakai acar, eh salah pake cuka maksudnya. Makanya rasa asam kimchi terasa lebih alami.
Kimchi itu trbuat dari sayuran dan berbagai macam bumbu-bumbu khas korea yang di fermentasikan. Kalau kalian taunya kalau kimchi itu rasanya pedas, kalian juga mesti tau kalau kimchi juga ada yang gak pedas kok.

Nah untuk bumbu-bumbu kimchi yang paling lazim itu pake bawang putih, bawang bombay, pasta udang, gula, garam, saos ikan, jahe, dan bubuk cabe kalau pengen rasanya pedas genks.
Kalau kalian cuma tahu kimchi yang itu-itu aja, kimchi itu banyak ragamnya lho. Biasanya perbedaannya pada sayur yang dipakai. Seperti:

a. Baechu Kimchi: terbuat dari sawi putih, bubuk cabai, minyak ikan, dan bawang putih yang dipermentasikan. Ini kimchi yang sering muncul di drama korea. kimchi paling populer istilahnya.
b. Chonggak Kimchi: terbuat dari lobak. Bumbunya sih kurang lebih sama, tapi biasanya rasanya lebih pedas.
c. Oisobagi Kimchi: terbuat dari timun. Nah didalam timun itu diisi lagi dengan potongan sayur yang udah dibumbui kayak sawi, lobak, dan wortel.
d. Bossam Kimchi: kimchi yang ini unik sih. Dia menggunakan buah-buahan, kacang-kacangan, serta seafood beserta bumbu yang sama dengan baechu kimchi tadi, lalu dibungkus dengan sawi putih.
e. Gat Kimchi: ini juga salah satu kimchi yang populer di korea selatan. Sama aja sebenarnya sama baechu kimchi, bedanya Gat kimchi pakai sawi hijau.
f. Fa Kimchi: katanya sih ini kimchi yang biasa dimakan pada saat musim dingin. Bumbunya juga sama kok. Bedanya dia pakai daun bawang jadi lebih wangi.
g. Sseumbagwi Kimchi: ini kimchi yang unik karena rasanya pedas dan pahit banget. Terbuat dari akar sayur selada.

Nah banyak kan ragam-ragam kimchi. Tapi apapun ragamnya, kalian tetap ngiler kan. Hoho

3. Gimbap / Kimbap
Kalau liat drakor atau drama korea, kan sering kan mereka itu belanja di s*ven eleven. Yang mereka beli apaa?? Kimbap sih biasanya. Bentukannya kaya sushi yaa karena bentuknya ada yang bulat dan ada juga yang segitiga. Cuma jumlah isiannya yang lebih banyak sih. Kimbap ini enak loh dan kalau mau bikin sendiri sih oke oke aja asal ada alat untuk menggulungnya. Kimbap terdiri dari nasi putih, dan ditambah dengan daging/telur dadar, sayuran, serta rumput laut yang berbentuk lembaran itu. Biasanya kimbap pake wortel, timun, acar lobak, pokoknya sesuai selera. Sedap dimakan dengan kimchi. Nyaamm.

4. Bibimbap
Nah kalau ini udah kayak nasi campurnya korea. Tampilannya pun cantik banget hehe. Bedanya nasi campur korea ini dia pasti pake gochujang dan bumbu-bumbu korea gitu. Kaya kita juga sih makan pakai sambel hehe. Bibimbap ini terdiri dari nasi putih, tapi kadang bisa pakai barley rice. Terus atasnya ditata dengan daging dan sayuran. Eh tidak lupa dikasih telur ceplok diatasnya. Makan nya pas masih panas pula. Pasti enak banget ini.

5. Jjajangmyeon
Bentukannya sih kayak mie ayam padahal beda sama sekali. Jadi jjajangmyeon itu basicnya adalah mie yang dikasih saus kacang kedelai diatasnya. Tak lupa ada temennya yaitu acar lobak.
Karena mimin ga pernah nyobain, jadi sekilas mimin liatnya kaya mie pakai saus kecap manis kan pake kacang kedelai atuh hehe. Ini tuh beda sama kecap karena ada bumbu-bumbu khususnya. Campurannya ada pasta kacang kedelai, lada, ayam atau daging, kentang, zucchini, kentang, bawang bombay, dan lain-lain. Yang unik sensasi pas makan nya sih. Item-item gimana gitu tapi enak katanya.

6. Jjampong
Beda lagi sama jjajangmyeon, ada jjampong yang basic nya adalah mie dengan kuah dan seafood yang pedaas. Yang suka pedas dijamin suka sama makanan ini. Mie ini lebih kaya rasa karena penggunaan bumbu yang lebih kompleks dibandingkan dengan jjajangmyeon tadi. Makin pedas makin enak katanya.
Mie ini selain menggunakan seafood dan kadang ditambah dengan ayam atau daging, dia juga menggunakan sayur dan bumbu-bumbu serta bubuk cabe yang khas itu. Ngebayangin aja bikin air liur ngeces euy.
FYI, ada kok jjampong yang gak pedes, tapi biasanya jjampong identik dengan makanan pedas sih.

7. Bulgogi
Masa sih pecinta drama korea gak tau bulgogi? Liat oppa makan ginian bikin ngiler parah. Waa gila seeh wkwk.
Bulgogi sendiri adalah daging sapi yang dipotong tipis dan di panggang diatas bara api. Jadi rasanya smokey banget.
Ditambah dengan campuran bumbu-bumbu khasnya, kayak bawang putih, minyak wijen, lada, kecap, jahe, dan yang lain bikin bulgogi makin sedap nian. Dan biasa dinikmati dengan sayuran segar. Apalagi dimakan dengan daun selada, beuhh. 

8. Tteok dan Tteokbokki
Emang bedanya apa antara tteok dan tteokbokki? Ya secara bahan sih sama, dia adalah kue dari tepung beras gitu. Cuma kalo tteok dasarnya bisa dicampur ke makanan lain, seperti tteokbokki. Nah, tteokbokki ini yang bisa kalian liat di drama korea kan, yang dimakan pake saos merah dan ditemenin sama odeng (sejenis otak-otak) dan sundae (sosis darah sapi) gitu. Teksturnya kenyal-kenyal bercampur sama sausnya bikin oppa suka makan ginian hoho. 


Sepertinya cukup kali ya, sebenarnya masih banyak kok, tapi yang paling sering ada di drakor ya makanan-makanan itu kok. Selamat ngayal :p

0 Response to "Kuliner yang sering ada di drama korea"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel