Hal yang dipersiapkan sebelum menikah (secara islam)

Hal yang di persiapkan sebelum menikah
Haloo semuanyaa.. Apakah ada yang masih jomblo eh salah single maksudnya. Atau ada yang masih pacaran tapi belum menikah? Atau yang LDR mungkin alias jodohnya masih jalan-jalan entah kemana-mana wkwk . Mimin doakan supaya semuanya cepat menikah yaa, seperti hadist nabi kayak gini:

من رزقه الله امرأة صالحة فقد أعانه على شطر دينه فليتق الله في الشطر الباقي
"Siapa yang diberi karunia oleh Allah seorang istri yang solehah, berarti Allah telah menolongnya untuk menyempurnakan setengah agamanya. Karena itu, bertaqwalah kepada Allah setengah 
sisanya" (HR. Baihaqi).

Guru mimin pernah bilang gini: "menikah itu ibadah, banyak tiket menuju syurga yang bisa kalian dapatkan didalam nya".
Terus apa saja yang harus dipersiapkan? Yang jelan calon nya harus ada dulu. Wkwk. Ada beberapa persiapan sih. Jadi mimin jabarkan seadanya ya. Hehe

1. Niatnya, Lillahi Ta'ala
Maksudnya, apa sih? Ya kalian pasti pernah dengar dengan kalimat "pilihlah perempuan dengan 4 hal, yaitu karena agamanya, cantiknya, keturunannya, dan hartanya. Memang, ke empatnya bagus bagus aja. Tapi bisakah kalian meluruskan niat dan mengikhlaskan niat menikah karena Allah Ta'ala?.
Niatkan menikah untuk menyempurnakan ibadah, menjaga kehormatan, mencari ladang pahala, serta menjaga diri dari perbuatan dosa. Karena dengan keikhlasan, insya allah pernikahan menjadi sakinah, mawaddah, dan warahmah.

2. Persiapan Wawasan Tentang Pernikahan
Hal yang di persiapkan sebelum menikah
Menikah itu bukan perkara yang penting sah dan hidup terus bersamamu. Justru pas menikah nantr ada-ada saja kerikil kecil yang mewarnai kehidupan barumu nanti. Tau sendiri kan sifatnya syetan yang ga suka orang berbahagia yang berpahala. Untuk mengantisipasi hal itu, kalian kudu menambah wawasan tentang pernikahan itu sendiri. Kalian bisa membaca-baca buku tentang pernikahan, bertanya kepada keluarga, atau bisa browsing-browsing di dunia maya untuk mengetahui wawasan tentang pernikahan nanti. Toh, bukan cuma matematika yang ilmunya harus kalian pelajari. Pernikahan juga.

3. Persiapkan Kepribadian dan Perilaku
Oke. Sering sekali kita mendengar bahwa jika kalian ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka kita juga harus baik. Atau, jodoh adalah cerminan dari kepribadianmu sendiri. Jadi harus bagaimana donk? Ya tentu kalian harus terus memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena dengan memperbaiki diri, insya allah akan diberikan jodoh yang bertaqwa kepada Allah. Aamiin.

4. Persiapkan Mental
Nah ini sih yang menjadi poin penting. Mungkin pas kalian belum menikah, kehidupan kalian sebatas aku-kamu saja. Hmm gimana ya maksudnya? Maksudnya kalian sering memikirkan keperluan diri kalian sendiri dan nafsu semata. Nah, saat menikah nanti, kalian kudu meredam ego, semata-mata agar pernikahan tidak merasa didominasi oleh suami saja atau istri saja. Kalian nantinya juga akan mengerti bahwa, menikah bukan hanya urusan syahwat semata, tapi lebih bagaimana kalian nanti saling menjaga diri kalian dan menjadi pasangan yang diridhoi-Nya.

5. Persiapan Fisik
Tidak dapat dipungkiri, kalau nikah pasti pengen lebih "eheum" kan terhadap pasangan? Nah saat inilah kalian kudu mempunyai fisik yang prima. Nah kalian juga perlu untuk cek kesehatan kalian  ya. Hal ini untuk mencek apakah kalian tidak mengidap penyakit menular dan lain sebagainya. Jangan lupa, rajin-rajin olahraga dan makan yang sehat-sehat biar fisik kalian juga makin prima.

6. Persiapkan Materi
Udah pasti kalian juga harus mempersiapkan materi, karena akan banyak yang diurus di sana-sini. Jadi pasikan kalian sebelum menikah sudah mempunyai tabungan terlebih dahulu.Menikah itu tidak perlu dengan materi wow nan mewah. Yang penting kan sederhana tapi cukup gitu. Kan kalian mau menikahi si dia, bukan menikahi hartanya #eh.

7. Persiapkan konsepsional.
Balik lagi ke poin 2 ya. Makanya penting untuk menambah wawasan tentang pernikahan ya sobat.
Menikah itu tujuan nya apa? Coba kalian jawab dalam hati.
Kalau kalian berfikir bahwa jawaban nya hanya untuk menuntaskan hawa nafsu semata, kalian perlu memahami konsep dan tujuan menikah itu seperti apa.
Tujuan pernikahan dalam islam yaitu: (1) untuk memenuhi kebutuhan naluri manusia. (2) untuk membentengi akhlak yang luhur, dan (3) untuk menegakkan rumah tangga yang islami.

8. Menyeleksi Calon Pasangan
Oke, karena nantinya rumah kita akan menjadi madrasah (sekolah) untuk anak-anak, jadi alangkah baiknya kita menyeleksi calon pasangan kalian dulu. Seperti sekolah pasti menyeleksi calon guru terlebih dahulu agar nantinya dapat menghasilkan siswa yang berkualitas (ya walaupun pada kenyataan nya cuma sekolah swasta yang menyeleksi calon guru). Pilihlah calon yang baik, baik menurut versi kalian aja seperti apa. Agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

0 Response to "Hal yang dipersiapkan sebelum menikah (secara islam)"

Post a Comment

Salam perkenalan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel